Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPS smp kelas 9 halaman 215

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 215 Aktivitas kelompok  Bab IV

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas IX halaman 215Aktivitas kelompok  Bab IV merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS kelas 9 SMP/MTs Bab 4 Indonesia dari masa kemerdekaan hingga masa reformasi semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

kunci Jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 215 Aktivitas kelompok



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas IX SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPS SMP kelas 9 halaman 215 Bab 4 Aktivitas kelompok 

Aktivitas Kelompok 

Diskusikanlah dengan temanmu! Mengapa bangsa Indonesia melakukan upaya mempertahankan kemerdekaan dengan cara diplomasi dan cara perjuangan fisik?

Jawaban : 

Perjuangan Fisik 

Sesuai dengan namanya, perjuangan ini mengandalkan kondisi fisik kedua belah pihak untuk dapat memenangkan perlawanan yaitu dengan menggunakan persenjataan. Perjuangan fisik yang dilakukan oleh rakyat Indonesia dilakukan mulai dari awal dijajah oleh Belanda bahkan saat mempertahankan kemerdekaan Indonesia tahun 1945 - 1949.

Perjuangan fisik dilakukan karena para tokoh bangsa Indonesia pada saat itu selalu gagal dalam mencapai kesepakatan dengan cara diplomatis, karena Belanda selalu melanggar perjanjian yang disepakati. Sehingga Indonesia hanya bisa bertahan dan membalas serangan yang dilakukan oleh Belanda dan Sekutu.

Contoh Perjuangan Fisik :

- Pertempuran Medan Area (Agustus 1945 - 1947) di Medan yang dilakukan baik secara gerilya ataupun bertempur langsung.
- Peristiwa Bandung Lautan Api (Maret 1946) dimana rakyat Bandung Selatan lebih memilih membakar rumahnya daripada merelakan rumahnya sebagai pos penjagaan Belanda.
- Pertempuran Surabaya (Oktober - November 1945) di Surabaya oleh Bung Tomo untuk melawan Sekutu.
- Insiden Hotel Yamato
- Pertempuran Ambarawa

Perjuangan Diplomasi 

Perjuangan diplomasi adalah perjuangan yang dilakukan dengan melakukan perundingan untuk mencapai kesepakatan. Banyak dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia tahun 1945 - 1949. Perjuangan ini terjadi karena para tokoh bangsa Indonesia tidak ingin ada pertumpahan darah dari warga Indonesia. Selain itu dengan diplomasi juga maka Kemerdekaan Indonesia dapat diakui oleh dunia Internasional

Contoh perjuangan Diplomasi :

Perundingan Linggarjati (15 November 1946) di Desa Linggarjati.
Perundingan Renville (17 Januari 1948) di atas kapal perang USS. Renville milik Amerika serikat.
Perjanjian Roem - Royen (1949)
Konferensi Meja Bundar (Agustus - November 1949) sebagai langkah akhir penyerahan kedaulatan Indonesia.

Demikian Pembaca kunci Jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 215 Aktivitas kelompok  Bab IV buku siswa kelas 9 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPS smp kelas 9 halaman 215 "