Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban pkn smp kelas 9 halaman 184

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 9 halaman 184 Uji kompetensi 6

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMP kelas IX Halaman 184 Uji kompetensi 6  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN kelas 9 SMP/MTs Bab 6 Bela Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 9 halaman 184 Uji kompetensi 6



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas IX SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 9 halaman 184 Uji kompetensi 6 Semester 2

Uji Kompetensi Bab 6

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar!

1. Apa yang dimaksud dengan bela negara?

Jawaban : Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya

2. Jelaskan perbedaan makna Pasal 27 ayat (3) dan Pasal 31 ayat (1) UUD  Negara Republik Indonesia Tahun 1945!

Jawaban : 
Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Dasar 1945. "Bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara,"

Makna pada pasal 27 ayat (3) yaitu setiap warga negara mempunyai hak untuk melakukan bela negara sesuai dengan tingkatannya misal seorang pelajar belajar dengan tekun dan meraih prestasi di tingkat Internasional, hal itu termasuk bela negara.

Sedangkan makna pasal 31 ayat (1) yaitu setiap warga negara mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan dapat mengembangkan diri untuk kemajuan dunia pendidikan.

3. Bagaimana perbedaan peran TNI dan Polri menurut TAP MPR Nomor VII/MPR/2000?

Jawaban :

Peran Tentara Nasional Indonesia (TNI)

1. Tentara Nasional Indonesia merupakan alat negara yang berperan sebagai alat pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Tentara Nasional Indonesia, sebagai Alat Pertahanan Negara, bertugas pokok menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

3. Tentara Nasional Indonesia melaksanakan tugas negara dalam penyelenggaraan wajib militer bagi warga negara yang diatur dengan undang-undang.

Peran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)

1. Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

2. Dalam menjalankan perannya, Kepolisian Negara Republik Indonesia wajib memiliki keahlian dan keterampilan secara profesional.

4. Mengapa pertahanan negara termasuk bidang pemerintahan yang tidak diotonomikan kepada pemerintahan daerah?

Jawaban : Karena, pertahanan negara merupakan urusan dari pemerintah pusat. Jika setiap daerah diberikan otonomi untuk mengatur sistem pertahanan, maka banyak sekali terdapat organisasi pertahanan yang dikhawatirkan akan menyebabkan kurangnya koordinasi. Kurangnya koordinasi ini berbahaya jika terdapat keadaan genting mengenai gangguan pertahanan negara. Oleh karena itulah, pertahanan negara tidak diotonomikan ke pemerintah daerah.
 
5. Mengapa Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengabdian sesuai dengan  Profesi merupakan salah satu bentuk bela negara menurut UU Nomor 3 Tahun 2002?

Jawaban : 
1. Pendidikan kewarganegaraan
Pentingnya menanamkan perasaan nasionalisme dan cinta tanah air bahkan sejak masih berada di bangku sekolah.

2. Pengabdian sesuai profesi
Bagi warga negara yang belum terlibat langsung dalam proses bela negara, tetap bisa membela negara sesuai dengan profesi. Contohnya : Menjunjung tinggi perbedaan yang ada di lingkungan kerja

6. Berikan masing-masing 3 contoh perwujudan bela negara dalam bidang politik dan ekonomi!

Jawaban :
Contoh perwujudan bela negara dalam bidang politik :

1. Ikut memilih dalam pemilihan umum
2. Menjadi anggota aktif dalam partai politik, kelompok penekan, maupun kepentingan tertentu
3. Duduk dalam lembaga politik seperti MPR, Preside, DPR, Menteri, dan sebagainya
4. Mengadakan komunikasi atau berdialog dengan wakil-wakil rakyat
5. Berkampanye, menghadiri kelompok diskusi dan lain-lain
6. Mempengaruhi para pembuat keputusan sehingga produk-produk yang dihasilkan atau dikeluarkan sesuai dengan aspirasi atau kepentingan masyarakat
7. Tidak melakukan tindakan korupsi

Contoh perwujudan bela negara dalam bidang ekonomi :

1. Menjadi anggota koperasi
2. Tidak melakukan kecurangan dalam perekonomian
3. Membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda)
4. Menggunakn produk-produk dalam negeri

7. Jelaskan bahwa dengan membangun prestasi diri merupakan upaya pembelaan negara!

Jawaban : Membangun prestasi diri juga adalah termasuk dari salah satu bentuk upaya diri buat untuk membela negara. Hal ini dikarenakan dengan membangun prestasi diri, kita bisa mengangkat nama negara kita sendiri saat kita telah berhasil membangun prestasi diri. Misalnya kita mampu berprestasi di bidang olahraga. Negara Indonesia bisa terlihat akan mendapatkan apresiasi ketika kita membangun prestasi diri terutama jika kompetisi dari membangun prestasi diri akan dikenal secara internasional. Hal-hal itulah yang menjadi upaya untuk membela negara walaupun tidak ikut dalam berperang,

8. Jelaskan potensi dan kelebihan yang kalian miliki! Apa tekad dan komitmenmu untuk membela negara?

Jawaban ini menyesuaikan siswa masing-masing


Demikian Pembaca kunci Jawaban PPKN SMP kelas 9 halaman 184 Uji kompetensi 6 buku siswa kelas 9 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban pkn smp kelas 9 halaman 184"