Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas VIII PPKn halaman 93 Uji Kompetensi 4

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 8 halaman 93 Uji Kompetensi Bab 4

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMP kelas VIII Halaman 93 Uji Kompetensi Bab 4  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN kelas 8 SMP/MTs Bab 4 semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas VIII halaman 93 Uji Kompetensi Bab 4



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VIII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Refernsi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas VIII halaman 93 Uji Kompetensi Bab 4

Uji Kompetensi 4

Suatu bangsa tidak akan berubah mana kala bangsa tersebut tidak mau mengubah dirinya sendiri. Bangsa Indonesia tidak mungkin menjadi bangsa yang bebas merdeka seperti yang dirasakan saat ini apabila tidak ada usaha untuk bangkit dan melepaskan diri dari penjajahan. Kesadaran bangsa Indonesia untuk bangkit tumbuh seiring lahirnya generasi muda terdidik dan peduli terhadap kemerdekaan Indonesia. Penjajah Belanda dapat menguasai bangsa Indonesia dalam waktu yang lama karena bangsa Indonesia mudah dipecah belah dan
perjuangan yang dilakukan bangsa Indonesia masih bersifat kedaerahan. Boedi Oetomo sebagai organisasi nasional pertama meletakan semangat kebangkitan nasional bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. 

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!

1. Berikan pendapatmu mengapa bangsa Eropa termasuk Belanda melakukan penjajahan ke negara-negara di Asia?

Jawaban 
Pendapat saya, bangsa Eropa termasuk Belanda melakukan penjajahan ke negara-negara di Asia adalah untuk mencari kekayaan, menyebarkan agama, dan keinginan untuk mencari kejayaan. Selain itu menunjukkan kepada bangsa Asia, bahwa bangsa Eropa lebih unggul daripada bangsa lainnya.

2. Bagaimana masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan Indonesia?

Jawaban 
Masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan bangsa dengan memberikan pendidikan dan semangat kepada bangsa Indonesia untuk melawan penjajahan. perlawanan yang dilakukan masyarakat terdidik dilakukan melalui Organisasi. 

3. Mengapa organisasi Bedi Oetomo dapat dikatakan peletak semangat kebangkitan Nasional?

Jawaban 
Organisasi Boedi Oetomo dapat dikatakan peletak kebangkitan nasional karena dengan terbentuknya Boedi Oetomo, kesadaran pentingnya perjuangan untuk kepentingan nasional dalam membebaskan diri dari penjajahan.

Selain itu, organisasi Boedi Oetomo mempelopori organisasi-organisasi kebangsaan lainnya yang mementingkan perjuangan nasional berdasarkan pendidikan daripada perjuangan yang bersifat kedaerahan dalam mencapai kemerdekaan.

4. Apakah pada masa kini masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat seperti pada tahun 1908?

Jawaban 
Ya, tentu saja. Semangat 1908 adalah semangat menyatukan bangsa Indonesia untuk melawan penjajahan. Pada saat ini, semangat menyatukan bangsa Indonesia harus tetap dijaga karena faktor penghambat integrasi nasional tidak hanya penjajah, tetapi banyak faktor lainnya yang menyebabkan bangsa Indonesia dapat terpecah belah.

5. Ceritakan berdasarkan yang kalian ketahui bagaimana seorang pelajar mampu mengubah nasib suatu bangsa!

Jawaban 
Seorang pelajar mampu mengubah nasib suatu bangsa jika pelajar tersebut memiliki kecintaan yang luar biasa untuk memajukan bangsanya dengan prestasi yang dimilikinya. Langkah yang harus dilalui nya melalui belajar dengan giat untuk mencapai cita-cita. Ia akan selalu berusaha membuat bangsanya lebih baik lagi di mata dunia dengan ilmu pengetahuan yang ia miliki dan menerapkannya sehingga bermanfaat bagi bangsa dan negaranya.

Demikian Pembaca kunci Jawaban PPKN SMP kelas 8 halaman 93 Uji Kompetensi Bab 4 buku siswa kelas 8 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas VIII PPKn halaman 93 Uji Kompetensi 4"