Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 4 tema 6 halaman 138, 141, 142, 143

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 tema 6 halaman 138, 141, 142, 143.

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban tema 6 kelas 4 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 4 Cita-citaku subtema 3 Giat berusaha meraih cita-cita pembelajaran 4 tepatnya berada pada tema 6 halaman 138, 141, 142, 143.

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 tema 6 halaman 138, 141, 142, 143.



Materi dan Kunci Jawaban Tematik tema 6 halaman 138, 141, 142, 143.  Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 4 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Ayo Membaca

Mimpi Seorang Laskar Pelangi

Andrea Hirata adalah seorang penulis novel Indonesia. Novelnya yang terkenal berjudul ”Laskar Pelangi ”.Karyanya tiba-tiba menjadi pembicaraan di m ana-m ana, terlebih di dunia sastra. Karya Andrea Hirata dianggap sangat mewakili kehidupan anak-anak di Indonesia, apalagi novel ini diangkat dari kisah nyata sang penulis.

Sewaktu kecil Andrea menimba ilmu di sebuah sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan.Bahkan, bangunan itu hampir roboh. Kondisi sekolah yang bernama SD Muhamadiyah tersebut memang cukup memprihatinkan. Sebagai anak dari pegawai rendahan PN (Perusahaan Negara) Timah di Belitong, ia terpaksa bersekolah di sekolah yang bentuknya lebih mirip sebagai kandang hewan ternak.

Kendati harus menimba ilmu di bangunan yang tak nyaman, Andrea tetap memiliki motivasi yang besar untuk belajar. Di sekolah itu pula, ia bertemu dengan sahabat-sahabatnya yang dijuluki dengan sebutan Laskar Pelangi. Di SD Muhammadiyah, Andrea bertemu dengan seorang guru bernama NA (Nyi Ayu) Muslimah. Kegigihan Bu Muslimah untuk mengajar siswa yang hanya berjumlah tak lebih dari 11 orang itu ternyata sangat berarti bagi kehidupannya. Berkat Bu Muslimah, Andrea mendapatkan dorongan yang membuatnya mampu menempuh jarak 30 km dari rumah ke sekolah untuk menimba ilmu. Bu Muslimah juga yang memacunya untuk mengejar cita-citanya bersekolah di negeri seberang, Perancis. Sebuah mimpi dan cita-cita yang sangat mustahil kala itu.

 

Kunci Jawaban Tema 6 kelas 4 Halaman 138 subtema 3 pembelajaran 4

Ayo Menulis

Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!

Keterangan Jawaban diagram

1. Cita-cita Andrea Hirata adalah bersekolah di negeri seberang, Perancis.

2. Halangan yang dihadapi Andrea Hirata adalah 
- Ia menimba ilmu di sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan dan bahkan bangunannya hampir roboh.
- Ia anak seorang pegawai rendahan PN (perusahaan Negara) sehingga ia harus sekolah yang bentuknya lebih mirip kandang hewan.
- Jarak dari rumah hingga sekolahnya sangat jauh, yaitu 30 km.

3. Sikap yang dimiliki Andrea Hirata adalah
1. Tidak mudah menyerah
2. Gigih 
3. Rajin belajar

4. Usaha yang dilakukan Andrea Hirata adalah tetap berangkat ke sekolah meski jaraknya sangat jauh dan bangunan tempatnya belajar hampir roboh.

5. Kesimpulan saya terhadap usaha Andrea Hirata untuk meraih cita-citanya adalah Andrea Hirata tetap berusaha meraih cita-citanya untuk sekolah di negeri seberang, Perancis, meski sekolahnya sangat jauh dan bangunannya hampir roboh dan mirip dengan kandang ternak.

Kunci Jawaban tema 6 kelas 4 Halaman 141 subtema 3 pembelajaran 4

Ayo Berlatih

Barang tambang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan industri. Ada banyak manfaat dari bahan tambang. Carilah informasi tentang manfaat sumber daya alam tambang dengan melengkapi tabel berikut!

Jawaban tema 6 kelas 4 halaman 141


 
Berdasarkan tabel dan peta sumber daya bahan tambang tersebut, jawablah beberapa pertanyaan berikut!

1. Barang tambang apa saja yang terdapat di provinsimu?
Jawaban : Barang-tambang yang terdapat di prosinsi saya adalah Barang tambang Minyak mentah dan barang tambang batu bara

2. Barang tambang apa saja yang tidak dimiliki oleh daerah provinsimu?
Barang tamabang yang tidak dimiliki di provinisi saya adalah Barang tambang mas

3. Digunakan untuk apa sajakah barang tambang yang ada di daerahmu?
Jawaban :Barang tambang yang ada di daerah saya digunaka untuk Pembuatan minyak bensi, solar yang dikelolah secara tradisional

Kunci Jawaban Tema 6 kelas 4 Halaman 142, 143

Ayo Berlatih

Lengkapilah tabel berikut ini dengan menggunakan berbagai sumber informasi.
Jelaskan tujuan perayaan keagamaan dan bagaimana masyarakat di daerahmu merayakannya. Lakukan kegiatan ini secara berpasangan. Gunakan kalender tahun ini untuk mengetahui hari raya keagamaan.

Jawaban tematik kelas 4 tema 6 halaman 142-143


 
Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan kelompok yang lain. Diskusikan beberapa perbedaan yang ditemui. Carilah informasi yang tepat untuk memperbaikinya.
Pilihlah satu perayaan keagamaan yang paling kamu ketahui yang dilakukan masyarakat di daerah kamu tinggal. Tuliskan penjelasanmu dalam sebuah paragraf, dan tuliskan di bawah ini!

Nama Perayaan:
Hari Raya Idul Fitri

Tujuan perayaan:
Untuk Merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa.

Sejarah singkat tentang perayaan:
Sebelum ajaran Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw di Makkah, masyarakat Jahiliyah Arab sudah memiliki dua hari raya, yakni Nairuz dan Mahrajan. Kaum Arab Jahiliyah menggelar kedua hari raya itu dengan menggelar pesta-pora. Selain menari-nari, baik tarian perang maupun ketangkasan, mereka juga merayakan hari raya dengan bernyanyi dan menyantap hidangan lezat serta minuman memabukkan. Nairuz dan Mahrajan merupakan tradisi hari raya yang berasal dari zaman Persia Kuno,’’ tulis Ensiklopedi Islam. Setelah turunnya kewajiban menunaikan ibadah puasa Ramadhan pada 2 Hijriyah, sesuai dengan hadis yang diriwayatkan Abu Dawud dan An-Nasa’i, Rasulullah SAW.

Cara masyarakat merayakan:
Mandi
Memakai pakaian baru
Mengenakan Wewangian Yang Paling Baik
Takbir
Berkunjung
Ucapan Selamat
Melebihkan Makan dan Minum

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik halaman 138, 141, 142, 143 kelas 4 tema 6  pembelajaran 3 buku siswa kurikulum 2013.


Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 4 tema 6 halaman 138, 141, 142, 143"