Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 6 tema 7 subtema 3

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 7 subtema 3 Ayo, Memimpin sesuai kurikulum 2013

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 7 subtema 3 Ayo, Memimpin. Rangkuman materi kelas 6 tema 7 Kepemimpinan. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 7 kurikulum 2013 dengan judul “Kepemimpinan”.

Rangkuman-tema-7-kelas-6-subtema-3


 
Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian ataupun semester. Dan bagi bapak ibu guru Rangkuman materi tema 7 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal.
 
Pada kesempatan lalu kami telah memposting Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 7 subtema 1 Pemimpin di sekitarku, rangkuman materi kelas 6 tema 7 subtema 2 Pemimpin Idolaku. Pada hari ini Rangkuman materi kelas 6 tema 7 subtema 3 Ayo, Memimpin.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 7 subtema 3 Ayo, Memimpin, Muatan pelajaran PPKN


Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban merupakan salah satu
nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial
bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Berikut nilai-nilai yang terkandung dalam
sila kelima Pancasila.
1. Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong.
2. Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
3. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
4. Menghormati hak orang lain.
5. Memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.
6. Suka bekerja keras.
7.  Menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan  kesejahteraan bersama.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 7 subtema 3 Ayo, Memimpin, Muatan pelajaran IPA

Perubahan pada Masa Pubertas

Tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia umumnya terbagi menjadi: balita, kanak-kanak, remaja, dewasa, dan usia lanjut. Masa remaja merupakan peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Pada awal masa remaja, kita mengalami masa pubertas. Pada masa ini terjadi perubahan pada tubuh, baik yang terlihat maupun tidak.

Di dalam tubuh, hormon reproduksi mulai dihasilkan. Pada perempuan, hormon ini akan mengakibatkan sel telur matang. Pada laki-laki, hormon reproduksi akan mengakibatkan tubuh memproduksi sel sperma. Jika sel telur dan sel sperma bertemu, dapat terjadi pembuahan dan tumbuh menjadi bayi.

Pada umumnya, pada masa ini kesehatan reproduksi remaja akan memperlihatkan ciri-ciri pubertas. Pada perempuan, dia akan mengalamimenstruasi setiap jangka waktu tertentu (umumnya setiap 28 hari sekali). Pada laki-laki, dia akan mengeluarkan sperma. 

Ciri-ciri lain ditandai dengan perubahan tubuh yang terlihat. Pada perempuan, misalnya payudara akan tumbuh sebagai persiapan untuk memberikan ASI (air susu ibu) bagi bayinya kelak. Pada laki-laki, otot-otot tubuhnya berkembang lebih besar dan kuat, sehingga diharapkan laki-laki lebih kuat secara fisik untuk melindungi keluarganya.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 7 subtema 3 Ayo, Memimpin, Muatan pelajaran IPS

Beberapa kerja sama ASEAN di bidang pendidikan, di antaranya:

1. Penawaran beasiswa pendidikan, seperti Indonesia yang memberikan pendidikan kedokteran, bahasa, dan seni untuk mahasiswa terpilih dari negara-negara ASEAN.

2. ASEAN Council of Teachers (ACT) sebagai bentuk pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN. Dengan adanya ACT pada pendidik berdiskusi dan berbagi ide-ide untuk mengembangkan kemampuan guru dan lingkungan belajar global.

3. Mengadakan olimpiade regional Asia Tenggara di bidang pendidikan untuk negara-negara anggota ASEAN.

4. ASEAN-Japan Scholarship Fund, fasilitas beasiswa untuk negara-negara anggota ASEAN belajar di berbagai universitas ASEAN dan Jepang.

5. Adanya program ASEAN-EU Cooperation and Scholarships Day, di mana memberikan beasiswa kepada negara-negara anggita ASEAN untuk menjalani pendidikan di Eropa khususnya pendidikan tinggi. Pemberian beasiswa ini tidak hanya untuk mahasiswa, melainkan juga tenaga pendidik dari ASEAN.

Semoga Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 7 subtema 1 Pemimpin di sekitarku dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 6 tema 7 subtema 3"