Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 134 dan 135.

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 tema 8 halaman 134, 135

Kunci jawaban tema 8 kelas 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan  pembelajaran 6 tepatnya berada pada tema 8 halaman 134, 135.

Kunci jawaban, materi, tema 8 kelas 5 subtema 3


Materi dan Kunci Jawaban Tematik tema 8 halaman 134, 135. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 5 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Materi kelas 5 tema 8 subtema 3 tentang Gambar Cerita

Ayo Membaca

Tahap Mewarnai Gambar  dalam Membuat Gambar  Cerita

Setelah menentukan tema  dan  membuat sketsa sesuai tema, tahap berikutnya ialah mewarnai gambar. Ada dua macam teknik pewarnaan, yaitu pewarnaan basah dan pewarnaan  kering. Teknik pewarnaan  basah  ialah pewarnaan menggunakan media yang  memerlukan pengencer, misalnya tinta, cat air, atau cat minyak. Sebaliknya, teknik pewarnaan kering ialah pewarnaan menggunakan media yang   tidak memerlukan bahan  pengencer,  misalnya pensil warna, krayon, atau oil pastel.

Kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 134 subtema 3 pembelajaran 6

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1. Peristiwa apa yang terjadi pada teks "Uniknya keragaman Indonesia dalam Festival Kuwung 2016"?

Jawaban : 
Peristiwa peringatan hari jadi kota Banyuwangi (Harjaba) ke 245 yang dimeriahkan dengan acara pesta rakyat yang berisi acara pentas seni dan budaya.

2. Keragaman apa yang ditampilkan pada teks tersebut?

Jawaban : 
Tentang keragaman berbagai seni budaya etnis dan suku yang ada di Banyuwangi berupa tarian, tradisi dan adat istiadat, pakaian adat.

3. Sikap apa yang dapat kalian tiru dari teks?

Jawaban :
Dengan mempelajari berbagai adat istiadat dan kesenian daerah untuk membantu melestarikan budaya Indonesia, serta sikap saling menghormati dan menghargai antar suku/etnis yang ada sehingga timbul sikap kerukunan dalam usaha meningkatkan persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Bacalah hasil diskusi di depan kelompok lain dan Bapak / Ibu Guru.

Uniknya Keragaman Budaya Indonesia Dalam Festival Kuwung 2016

Jawaban :
Acara Festival Kuwung 2016 yang diadakan di Banyuwangi dalam rangka Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) merupakan acara seni dan budaya yang juga menjadi acara pesta rakyat Banyuwangi. Berbagai kesenian daerah ditampilkan, juga terdapat pawai mobil dengan aneka lampu hias serta diiringi musik tradisional.

Festival Kuwung menampilkan berbagai etnis yang ada di Banyuwangi, antara lain Suku Using yang merupakan suku asli Banyuwangi, suku Jawa Matraman, Suku Mandar, Suku Madura, Etnis Tionghoa, Etnis Arab, Etnis Bali. Masing-masing suku/etnis menampilkan salah satu kesenian khas daerah masing-masing. Selain itu juga terdapat penampilan perwakilan dari beberapa kota di luar Banyuwangi, seperti kota Bogor, Kediri, Sleman, Probolinggo hingga Sumbawa Barat.

Kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 134 subtema 3 pembelajaran 6

Ayo Mencoba

Identifikasikan keragaman dari seni dan budaya yang terdapat pada bacaan teks "Uniknya Keragaman Indonesia dalam Festival Kuwung 2016". Tuliskanlah hasil dari identifikasimu di dalam tabel berikut ini.

1. Suku : Using
Kesenian yang ditampilkan : Cerita "Sarine Kembang Bakung".

2. Suku : Madura
Kesenian yang ditampilkan : Pakaian khas daerah.

3. Suku : Jawa
Kesenian yang ditampilkan : Fragmen yang berjudul "Cungkup Tapanrejo".

4. Suku : Mandar
Kesenian yang ditampilkan : Tradisi Saulak.

5. Suku : Tionghoa
Kesenian yang ditampilkan : Fragmen bertema "Liong Harmoni Tionghoa".

6. Suku : Bali
Kesenian yang ditampilkan : Tradisi Melasti Bali Banyuwangen.

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik  halaman 134, 135 kelas 5 tema 8 pembelajaran 6 buku siswa kurikulum 2013.


Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 134 dan 135."