Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 94 dan 95

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 tema 8 halaman 94, 95

Kunci jawaban tema 8 kelas 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 2 perubahan lingkungan  pembelajaran 6 tepatnya berada pada tema 8 halaman 94, 95

Kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 94 dan 95



Materi dan Kunci Jawaban Tematik tema 8 halaman 94,95. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 5 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Materi kelas 5 tema 8 Pola lantai tari subtema 2 pelajaran SBDP

Ayo Membaca

Pola Lantai Karya Tari

Dengan adanya berbagai macam bentuk tarian, bentuk pola  lantainya pun berbeda-beda. Bentuk pola lantai tarian yang  satu berbeda dengan tarian yang lain.  Selain bentuknya yang  berbeda, terdapat pola  lantai yang  mempunyai maksud dan ada juga yang  tidak memiliki makna. Pola lantai yang  mempunyai maksud lebih  banyak ada dalam tari-tarian klasik  yang  terdapat di  keraton Surakarta dan Yogyakarta. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan jika pola  lantai dalam tari  kreasi baru dan tari  rakyat juga mempunyai maksud. Perhatikan bentuk pola  lantai dalam dua tarian yang  berbeda berikut.

Kedua karya tari pada gambar tersebut merupakan tarian yang  berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Jaran Kepang berdasarkan bentuk koreografi termasuk dalam jenis tari rakyat, sedangkan Tari Bedhaya termasuk dalam jenis tari  klasik.  Bentuk pola  lantai Tari Jaran Kepang lebih  sederhana dibandingkan bentuk pola  lantai Tari Bedhaya.

Pola  lantai yang  berbentuk garis horizontal pada Tari  Jaran Kepang  tidak mempunyai maksud apa  pun. Sebaliknya, pola   lantai yang   terdapat pada Tari  Bedhaya mempunyai maksud. Ada  satu pola  lantai pada Tari  Bedhaya yang   dikenal dengan  nama  rakit   lajur. Pola lantai  rakit   lajur  bermaksud menggambarkan lima  unsur yang  ada pada diri  manusia, yaitu  cahaya, rasa, sukma, nafsu, dan perilaku.


Ayo Membaca

Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk  Menunjukkan Cinta Tanah Air

Yayasan Sukma Bangsa Bireuen di  Aceh  menggelar lomba seni tari kreasi nusantara. Lomba ini diikuti oleh sembilan grup tari dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bireuen, Aceh. Anak-anak dari  PAUD tampil  lucu   dengan  seragam  unik.   Penampilan mereka benar-benar menyedot perhatian ratusan pengunjung.

Kebanyakan peserta lomba menampilkan Tari daerah Aceh. Di antara peserta ada yang  menampilkan Tari Ranup Lam Puan, Bungong Jeumpa, dan Tarek  Pukat. Namun, ada pula  beberapa peserta menampilkan seni tari  dari  provinsi lain  di   Indonesia. Salah satu di antaranya yakni  PAUD Tun Sri Lanang.

Anak-anak dari   PAUD  Tun  Sri  Lanang menyuguhkan  tari   Cublak- Cublak  Suweng dari  Jawa. Tujuh anak laki-laki menyajikan tarian. Mereka mengenakan  kostum yang   sederhana.  Namun, gaya kocak   anak-anak dalam menampilkan tarian berhasil memukau para penonton.

“Kita ingin menampilkan sajian yang  berbeda. Kita juga ingin menunjukkan  kebinekaan  tari   di   Indonesia,” kata  Ibu   Surya   Murni, pendidik pada PAUD Tun Sri Lanang.

Menurut Ibu Surya  Murni,  anak usia PAUD seharusnya diperkenalkan dengan keragaman suku bangsa agar bisa melestarikannya kelak.  “Tanpa mengesampingkan  kearifan lokal,  sewajarnya anak-anak  ditanamkan rasa cinta tanah air  dengan aneka ragam suku dan budaya yang  ada di Indonesia,” tambah Ibu Surya  Murni.

Lomba seni tari  kreasi anak-anak PAUD merupakan pendekatan dasar agar anak cinta budaya bangsanya. Semoga ke depan banyak pihak yang menyelenggarakan acara  lomba tari   agar  mendukung upaya mewarisi budaya-budaya  Nusantara.  Acara lomba  tari   sekaligus sebagai  ajang kreativitas anak usia dini agar tampil percaya diri di hadapan banyak orang.

Kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 94 subtema 2 pembelajaran 6

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1. Peristiwa apa yang terdapat pada teks “Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air”? 

Jawaban :
Peristiwa yang terdapat pada teks antara lain digelarnya lomba seni tari kreasi nusantara di Aceh, peserta lombamenampilkan berbagai tarian daerah Aceh, ada peserta lomba menarikan tarian daerah Jawa, dan penampilan anak-anak menarik perhatian pengunjung.

2. Mengapa ada anak Aceh yang menampilkan tarian Jawa?

Jawaban : Ada anak Aceh yang menarikan tarian Jawa karena ingin menampilkan sajian yang berbeda dan menunjukkan kebinekaan tari di Indonesia.

3. Sikap apa yang dapat ditiru dari teks “Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air”? 

Jawaban :Sikap yang dapat ditiru antara lain kreatif, berani tampil dengan percaya diri, menghargai kebudayaan daerah lain, dan cinta tanah air.

4. Tarian apa yang pernah kamu peragakan? Jawaban : Tari Jaranan

5. Apakah kamu berminat belajar tari daerah lain? Mengapa? 

Jawaban :Saya berminat mempelajari tari daerah lain untuk lebih mengenal berbagai tarian dan untuk menunjukan rasa cinta tanah air dan bangsa.

6. Ceritakan pengalaman menarik saat kamu atau temanmu menarikan tarian daerah lain. 

Jawaban : Ketika kita menarikan tarian daerah lain ternyata kita dapat mengetahui berbagai macam seni yang berasal dari daerah lain.

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik  halaman 94, 95 kelas 5 tema 8 pembelajaran 6 buku siswa kurikulum 2013.


Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 94 dan 95"