Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 70, 73,

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 tema 8 halaman 70, dan 73

Kunci jawaban tema 8 kelas 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 2 perubahan lingkungan  pembelajaran 3 tepatnya berada pada tema 8 halaman 70, dan 73.

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 70, 73



Materi dan Kunci Jawaban Tematik tema 8 halaman 70, dan 73. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 5 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Rangkuman materi kelas 5 tema 8  subtema 2 pelajaran IPS

Ayo Membaca

Jenis Usaha Ekonomi yang  Dikelola Sendiri

Usaha yang   dikelola sendiri disebut usaha  perorangan. Usaha ekonomi ini  memiliki modal terbatas dan biasanya dikelola secara sederhana.  Contoh usaha   ekonomi  perorangan
sebagai berikut.

1.   Usaha Pertanian

Sebagian besar usaha pertanian  dikelola secara perorangan. Usaha ini memiliki modal  terbatas. Lahan yang digarap petani biasanya terbatas,  lahan persawahan dan tegalan. Namun, ada  juga  usaha pertanian yang  dilakukan secara besar-besaran. 

2.   Usaha Perdagangan

Usaha perdagangan  secara perorangan biasanya berskala kecil  dan sedang.  Contoh usaha  perdagangan  antara  lain,   pedagang  asongan, pedagang keliling,  pedagang kaki  lima,  pedagang di  pasar,  warung, dan toko  kelontong. 

3.   Usaha Jasa

Perhatikan usaha jasa perorangan di daerah sekitarmu! Coba  sebutkan usaha jasa tersebut! Secara umum, banyak usaha jasa yang  dikelola secara perorangan, contohnya usaha salon, fotokopi, bengkel, potong rambut, dan penjualan pulsa. 

4.   Industri Kecil

Sektor industri yang  dikelola perorangan merupakan industri rumahan. Contoh industri rumahan  antara  lain   usaha  kerajinan tangan  berupa pembuatan keramik, souvenir, tembikar, anyaman, dan mebel. 

Kunci jawaban halaman 70 tema 8 kelas 5 subtema 2 pembelajaran 3


Ayo Mengamati

Amatilah lingkungan  sekitarmu.  Identifikasilah jenis-jenis  usaha  ekonomi yang  dikelola secara perorangan berdasarkan setiap jenisnya. Buatlah laporan dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

Kunci jawaban tema 8 halaman 70 kelas 5


Rangkuman materi kelas 5 tema 8  subtema 2 pelajaran IPS

Ayo Membaca

Desa Unik di Bali

Bali merupakan tujuan wisata yang  sangat terkenal, baik  di dalam negeri maupun luar  negeri. Banyak hal yang  membuat Bali menarik untuk dikunjungi wisatawan. Salah satu daya tarik  Bali adalah adanya beberapa desa unik. Desa apa sajakah itu?  Apa keunikannya? Bacalah penjelasan berikut.

Desa Tenganan

Desa Tenganan terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem  di  sebelah  timur Pulau Bali. Desa Tenganan merupakan salah satu desa tertua di Bali. Masyarakat desa ini masih menjunjung tinggi nilai   adat dan budaya. Desa Tenganan merupakan salah  satu  Desa  Bali   Aga   (desa asli   suku Bali).  Desa ini  terkenal dengan kesederhanaannya.

Desa Trunyan
 
Desa    Trunyan      terletak     di inggir  Danau  Batur,   Kintamani, abupaten   Bangli,     Bali     Utara. Keunikan  desa ini  adalah tradisi emakamannya. Pada masyarakat indu     Bali,       jenazah     orang eninggal akan dibakar atau yang isebut ngaben.  Namun,  di Desa Trunyan  jenazah orang meninggal anya diletakkan di  atas  tanah  di alam gua,  bahkan di atas pohon. Tradisi   ini   mereka sebut dengan
istilah mepasah. 

Desa Penglipuran 

Desa  Penglipuran  terletak  di Kabupaten  Bangli,    lebih    kurang 45  km  dari   Kota  Denpasar. Desa ini memiliki struktur  bangunan yang  teratur dan rapi.  Masyarakat Desa Penglipuran tidak pernah melepaskan   adat    dan   budaya yang       berlaku     turun-temurun. Oleh  karena itu,  masyarakat Desa Penglipuran banyak melakukan acara  adat,  seperti  pemasangan dan    penurunan    odalan    serta perayaan Galungan, dan hari besar lainnya.

Kunci jawaban halaman 70 tema 8 kelas 5 subtema 2 pembelajaran 3


Ayo Berdiskusi

Buatlah kelompok diskusi bersama 4-5 orang temanmu. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1.   Apa saja keunikan desa-desa pada bacaan “Desa Unik di Bali”?

Jawaban : 
Keunikan desa-desa pada bacaan "Desa Unik di Bali" :
1. Desa Tenganan unik karena merupakan salah satu desa tertua di Bali, dan merupakan salah satu desa asli suku Bali.

2. Desa Trunyan unik karena tradisi pemakamannya, yaitu orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah, bahkan di atas pohon.

3. Desa Penglipuran unik karena memiliki struktur bangunan yang teratur dan rapi, serta adat pemasangan dan penurunan odalan.

2.   Adakah keunikan dari  daerah tempat tinggalmu? Apa sajakah itu?

Jawaban siswa menyesuaikan dari daerah mana asal siswa tersebut

3.   Bagaimana sikapmu atas perbedaan budaya dan adat istiadat daerahmu dengan daerah lain?

Jawaban : Bersikap toleransi dan saling menghormati atas keragaman sosial budaya di masyarakat.

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik  halaman 70, dan 73 kelas 5 tema 8 pembelajaran 3 buku siswa kurikulum 2013.


Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.
 

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 70, 73, "