Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 63, 65

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 tema 8 halaman 63, 65

Kunci jawaban tema 8 kelas 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 2 perubahan lingkungan  pembelajaran 2 tepatnya berada pada tema 8 halaman 63, 65.

Kunci jawaban tema 8 halaman 63, 65 kelas 5



Materi dan Kunci Jawaban Tematik tema 8 halaman 63,65. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 5 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 2 pelajaran SBDP

Ayo Membaca

Pola Lantai Gerak Tari

Pada saat menari, penari kadang bergerak ke kiri, ke kanan, maju, mundur, atau bergerak membentuk lingkaran. Jika digambarkan, seolah-olah ada satu garis imajiner yang  dilalui penari selama menyajikan satu tarian.

Garis   imajiner juga dapat  digambarkan dengan  melihat  formasi para penari dalam memperagakan tarian. Para penari dapat membentuk formasi garis lurus,   lengkung, segitiga, atau  lingkaran. Bentuk formasi garis dapat berubah-ubah selama penari menampilkan sebuah tarian.

Garis  imajiner yang  dilalui oleh  penari saat melakukan gerak tari  disebut pola  lantai. Pola  lantai merupakan garis imajiner yang  dibuat oleh  formasi penari  kelompok. Secara umum, pola   lantai berupa garis lurus   atau garis lengkung. Bentuk pola  garis lurus  dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus  ke depan, zig-zag, segitiga, segi  empat, dan segi  lima. Bentuk pola  garis lengkung dapat dikembangkan menjadi berbagai pola  lantai, di  antaranya  lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke  depan, dan  garis lengkung ke  belakang. 

1. Penari bergerak melalui garis luruske depan
2. Penari bergerak melalui garis diagonal
3. Penari bergerak melalui garis horizontal 
4. Penari bergerak melalui garis diagonal
5. Penari bergerak melalui garis luruske depan
6. Penari bergerak melalui garis lingkaran 

Bentuk pola  lantai dari  gerak yang  dilalui penari

1. Formasi penari membentuk pola  lantai diagonal
2. Formasi penari membentuk pola  lantai segi  lima
3. Formasi penari membentuk pola  lantai garis lurus  ke depan 
4. Formasi penari membentuk pola  lantaizig-zag
5. Formasi penari membentuk pola  lantai lingkaran
6. Formasi penari membentuk pola  lantai diagonal 

Kunci jawaban halaman  63 tema 8 kelas 5 subtema 2 pembelajaran 2

Tugas

Berdasarkan teks “Pola Lantai Gerak Tari” pada halaman 61-63, kerjakan tugas berikut.

1. Tuliskan kembali pengertian pola  lantai menggunakan bahasamu sendiri.

Jawaban : Pola lantai adalah garis imajener yang dibuat oleh formasi kelompok

2. Gambarlah pola   lantai yang   terlihat dari   gambar dua tarian pada teks tersebut.

Kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 63

Rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 2 pelajaran IPA

Ayo Membaca

Siklus Air dan Bencana Kekeringan

Peristiwa siklus  air  merupakan peristiwa sehari-hari  yang   sering tidak disadari  oleh   manusia.  Siklus air   menghasilkan  air   bersih  yang   berguna untuk kehidupan manusia. Manusia memerlukan air  bersih antara lain  untuk keperluan rumah tangga, keperluan industri, dan juga pertanian.

Siklus  air  menghasilkan air  bersih. Pada saat proses penguapan, kotoran pada air  tidak ikut  menguap. Uap  air  yang   menguap adalah uap air  yang bersih. Pada saat turun hujan, air  yang  dihasilkan pun  adalah air  bersih dan siap digunakan untuk berbagai keperluan.

Air hujan yang  jatuh, sebagian akan diserap oleh  tanah, lalu  menjadi air tanah. Air tanah adalah air yang  mengalir di bawah permukaan tanah. Air ini biasanya lebih  jernih dan bersih, karena sudah tersaring oleh  lapisan tanah dan akar tumbuhan. Untuk mendapatkan air tanah, manusia membuat sumur dengan cara menggali lubang.

Air hujan yang   tidak terserap oleh   tanah, akan terus mengalir menjadi air  permukaan. Lalu, air  itu  menuju tempat yang  lebih  rendah seperti sungai, danau, dan laut. Air permukaan adalah air  hujan yang   tak   dapat diserap oleh  tanah tetapi diserap oleh  permukaan tanah, sehingga mengalir di  atas permukaan tanah  dan kemudian menguap kembali. Air ini  biasanya  lebih kotor,  karena mengandung lumpur. Air ini juga biasanya membawa berbagai macam material dari  proses erosi.

Pada musim kemarau, air  hujan yang  turun menjadi berkurang. Air hujan yang  turun biasanya langsung diserap oleh  tanah menjadi air  tanah. Jika air sungai dan  danau  surut akan menyebabkan berkurangnya penguapan  air sebagai pembentuk titik-titik air di awan. Akibat dari  semakin sedikitnya awan adalah  semakin berkurangnya curah hujan. Oleh   karena itu,  sumur-sumur penduduk pun  menjadi kering. Di saat inilah biasanya terjadi kelangkaan air bersih. Jika kelangkaan air bersih terjadi dalam waktu yang  panjang, bencana kekeringan akan terjadi. Mari kita biasakan menghemat penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci jawaban halaman  65 tema 8 kelas 5 subtema 2 pembelajaran 2


Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1.   Peristiwa apa  saja  yang   terjadi  pada  teks  “Siklus   Air  dan  Bencana
Kekeringan”?

Jawaban : Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada teks yaitu: siklus air, penguapan air, hujan, air mengalir, dan terjadinya air tanah.

2.   Bagaimana proses siklus  air menghasilkan air yang  bersih? Jelaskan!

Jawaban : Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada teks yaitu: siklus air, penguapan air, hujan, air mengalir, dan terjadinya air tanah.Pada proses siklus air, ada tahap penguapan air dari permukaan bumi, yaitu dari laut, sungai, danau, dan genangan-genangan air lainnya. Pada saat penguapan air, kotoran pada air akan tertinggal. Uap air yang naik dan membentuk awan merupakan uap air yang bersih. Saat awan menjadi mendung lalu turun menjadi hujan, air yang turun merupakan air bersih.

3.   Apa yang  dimaksud dengan air tanah?

Jawaban : Air tanah adalah air yang terserap masuk ke dalam lapisan tanah dan mengalir di bawah permukaan tanah. Air tanah lebih jernih dan bersih karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Manusia biasa memanfaatkan air tanah dengan membuat sumur.

4.   Bagaimana perbedaan air tanah dengan air permukaan?

Jawaban : Air tanah lebih jernih dan bersih daripada air permukaan karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Oleh karena itu manusia biasa memanfaatkan air tanah untuk keperluan sehari-hari dengan membuat sumur.

5.   Mengapa air  permukaan biasanya lebih   kotor  dibandingkan dengan air tanah? Jelaskan!

Jawaban : Air permukaan merupakan air hujan yang tidak terserap oleh tanah. Air permukaan lebih kotor karena mengandung lumpur dan benda-benda lain yang terbawa aliran air di permukaan tanah.

6.   Apa akibat dari  musim kemarau yang  panjang?

Jawaban : Saat musim kemarau panjang, air permukaan dan air tanah menyusut. Kekurangan air akan menyebabkan bencana kekeringan.


Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik  halaman 63, 65, 66 kelas 5 tema 8 pembelajaran 2 buku siswa kurikulum 2013.


Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 63, 65"