Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 94, 95, 97, 98, 102, dan 103

Kunci jawaban Buku Tematik Sisw Kelas 5 tema 6 Halaman halaman 94, 97, 98, 102, dan 103

Kunci jawaban tema 6 kelas 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 2 suhu dan kalor pembelajaran 3 tepatnya berada pada  halaman 94, 97, 98, 102, dan 103

Materi, soal dan kunci jawaban kelas 5 tema 6 subtema 2



Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 halaman 94, 97, 98, 102, dan 103 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 5 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 2 pelajaran IPS

Bacalah artikel  berikut  untuk  memahami salah satu  sisi  kehidupan nelayan dalam membangun kesejahteraan hidupnya.


Kehidupan Nelayan Pemburu Paus

Desa Lamalera, Kecamatan  Wulandoni, Kabupaten  Lembata, Nusa Tenggara  Timur,  merupakan salah satu desa nelayan tradisional yang menjadikan laut sebagai  ladang kehidupan mereka. Laut adalah  ibu yang  memberikan kehidupan sejak zaman nenek moyang mereka.  Dari hasil laut,  masyarakat di desa ini telah berhasil mengirimkan anak-anak mereka untuk bersekolah dan pada akhirnya bekerja.

Masyarakat nelayan di desa Lamalera, memiliki tradisi berburu paus yang  telah diturunkan bertahun-tahun oleh nenek moyang mereka. Tidak sembarang paus yang  mereka buru,  hanya paus yang  sudah tua saja yang mereka buru. Jika mereka menemukan paus muda, masyarakat nelayan di desa ini akan mengembalikannya ke laut  lepas. Mereka pun  bersepakat secara adat bahwa dalam setahun, tidak boleh lebih  dari  15 paus yang mereka buru. Dengan demikian, mereka tetap menjaga agar paus tidak punah.

Untuk berburu  paus,  para  nelayan melakukan pemantauan dari  bibir  pantai dan dari  atas bukit. Ada  beberapa orang yang senantiasa  berada  di   bukit    itu untuk memantau, sambil melakukan kegiatan  lainnya  seperti  memperbaiki jala,  menganyam atap perahu dari  daun lontar,  memasak, atau membaca  buku. Jika  mereka melihat paus, mereka akan berteriak “baleo”  yang   berarti paus. Teriakan itu,  membuat para nelayan yang  berada di  bibir  pantai segera bersiap melaut. Mereka akan mengirimkan sebuah perahu untuk mengamati jenis dan umur paus. Jika mereka melihat paus itu  layak ditangkap,  mereka  akan  akan  memanggil perahu-perahu lain   untuk mendekat.

Daging dan minyak paus yang   berhasil ditangkap kemudian akan dibagi ke  seluruh warga desa. Pembagian diutamakan bagi janda dan yatim piatu, baru kemudian kepada penangkap paus, pemilik perahu, lalu  kepada masyarakat lainnya. Daging dan ikan  paus ini dapat ditukar dengan jagung, umbi-umbian, buah-buahan, dan sayuran dari masyarakat pegunungan. Kegiatan barter ini dilakukan di Pasar Wulandoni, sekitar 3 km dari  Lamalera.


Kunci jawaban kelas 5 tema 6  halam 94, 95

Ayo Menulis

Bacaan di atas merupakan salah satu teks klarifikasi yang dimuat pada sebuah surat kabar. Surat kabar merupakan salah satu jenis media cetak yang paling banyak dipakai masyarakat.

Surat kabar atau koran merupakan salah satu media cetak yang sanggup memperlihatkan banyak sekali macam informasi.

Untuk memahami sebuah teks klarifikasi pada bacaan di atas, kau perlu mengetahui pokok pikiran di setiap paragrafnya. Temukanlah pokok-pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan melaksanakan kegiatan berikut ini.

1. Siapkan sejumlah kartu atau kartu pokok pikiran ibarat rujukan di bawah ini sesuai dengan jumlah paragraf pada bacaan di atas.

Materi, Soal dan kunci jawaban kelas 5 tema 6 subtema 2



2. Bacalah kembali bacaan tersebut dan temukan pokok pikiran di setiap paragrafnya.

3. Tuliskanlah pokok pikiran tersebut pada kartu yang telah kau siapkan.

4. Diskusikanlah pokok pikiran dengan teman-teman di dalam kelompokmu. Berikan komentar dan saran yang membangun untuk setiap pokok pikiran yang dibentuk temanmu.

5. Kelompokan pokok pikiran yang sama pada setiap paragraf.

6. Ambillah sebuah karton, kemudian tuliskan di bab paling atas judul bacaan.

7. Buatlah garis-garis penghubung sesuai jumlah paragraf yang ada.

8. Tempelkan semua pokok pikiran yang dibentuk sahabat sekelompokmu sesuai paragrafnya.

9. Buatlah sebuah paragraf untuk menciptakan kesimpulan terhadap bacaan tersebut.

" Desa Lamalera merupakan salah satu desa nelayan tradisional yang menyebabkan bahari sebagai ladang kehidupan. Masyarakat nelayan di desa Lamalera, mempunyai tradisi berburu paus yang telah diturunkan bertahun-tahun oleh nenek moyang mereka. Untuk berburu paus, para nelayan melaksanakan pemantauan dari bibir pantai dan dari atas bukit. Daging dan minyak paus yang berhasil ditangkap kemudian akan dibagi ke seluruh warga desa. "

10. Presentasikanlah hasil analisis bacaanmu di depan kelas.

Kunci Jawaban kelas 5 tema 6 Halaman 95

Ayo Berdiskusi

Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak hal yang ingin kau ketahui wacana insiden yang terjadi di sekitarmu.

Bertanya merupakan kegiatan mencari balasan wacana sesuatu yang belum diketahui. Kita sanggup bertanya kepada siapa pun, termasuk kepada sahabat sebaya.

Kegiatan bertanya juga sanggup menjadi kegiatan awal sebuah diskusi.

Ikutilah tahapan kegiatan berikut ini dengan saksama di dalam kelompok yang terdiri atas 4 – 5 orang.

1. Buatlah dua pertanyaan menurut bacaan.

a. Tradisi apa yang biasa dilakukan masyarakat nelayan di desa Lamalera?

b. Tuliskan cara berburu paus yang dilakukan masyarakat nelayan di desa Lamalera!

2. Tuliskanlah pertanyaanmu di selembar kertas kecil. Tuliskan nama dan pertanyaanmu dengan terang dan memakai kalimat tanya yang benar.

3. Gulunglah kertas pertanyaanmu kemudian masukkan ke dalam sebuah wadah.

4. Secara bergiliran anggota kelompok mengambil gulungan kertas dari dalam wadah.

5. Setelah semuanya mendapat sebuah gulungan kertas, bukalah lembar pertanyaan secara bersamaan.

6. Lalu tuliskan jawabannya di bawah pertanyaan tersebut.

7. Tempelkan kertas pertanyaan dan jawabannya di salah satu dinding kelas. Lakukan kegiatan yang sama untuk pertanyaan kedua.

8. Lihatlah kembali pertanyaan yang telah kau buat, dan balasan dari teman-temanmu. Lakukanlah diskusi dengan sahabat yang menjawab pertanyaanmu untuk mendapat keterangan yang lebih lengkap.

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 2 pelajaran IPS


Festival Mane’e, Tradisi Nelayan di Pantai Malo

Festival Mane’e, merupakan tradisi adat untuk penangkapan ikan.  Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Pantai Malo, Kokorotan, Sulawesi Utara.  Ritual ini biasa disebut dengan ritual menangkap ikan dengan doa-doa dalam bahasa adat kuno. Mereka berdoa kepada Tuhan Yang
Maha Esa agar nelayan mendapatkan tangkapan yang banyak, dan mendapatkan perlindungan agar terhindar dari bahaya.  

Penangkapan ikan dimulai dengan berkumpulnya para pe muka adat bersama per wakilan pemerintah setempat. Mereka ber musyawarah untuk menentu kan tanggal yang tepat untuk melakukan ritual mane’e. Selanjutnya, para pemuka adat ini akan memanjatkan doa-doa dalam
bahasa adat kuno. Sementara, masyarakat lainnya mengumpulkan tali dan janur (daun kelapa yang
masih muda) untuk dibuat jaring yang disebut dengan sammy.

Tibalah hari yang ditentukan untuk melaksanakan ritual mane’e. Para pemuka adat dan pemerintah setempat, membawa sammy ke Pantai Malo. Beramai-ramai mereka menariknya sepanjang mungkin
ke arah laut hingga membentuk sebuah kolam. Ketika ikan-ikan telah banyak terperangkap ke dalam sammy, masyarakat pun mulai menangkapnya. Hasil tangkapan ikan ini akan disantap bersama dalam pesta rakyat yang digelar saat itu. Ada hal yang menarik sepanjang ritual hingga pesta rakyat ini, yaitu masyarakat dilarang mengenakan pakaian berwarna merah sebagai pantangan.  

Ritual seperti ini masih dilaksanakan hingga kini.  Masyarakat meyakini ritual ini sebagai ucapan syukur dan permohonan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, kegiatan ini mengandung nilai-nilai kebersamaan antar anggota masyarakat dan kepedulian untuk memelihara laut sebagai sumber kehidupan masyarakat. Nilai-nilai kerja sama, persatuan dan kesatuan pun, sangat bisa dirasakan sepanjang persiapan hingga dilaksanakannya ritual ini.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 97, 98 subtema 2

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!

1. Apakah tujuan dilaksanakannya Festival Mane’e tersebut?

" Festival Mane’e bertujuan semoga nelayan mendapat tangkapan yang banyak dan mendapat proteksi semoga terhindar dari bahaya. "

2. Siapa saja yang berperan penting dalam upacara tersebut?

" Yang berperan penting dalam upacara tersebut yaitu pemuka budpekerti beserta masyarakat setempat. "

3. Menurutmu, apa manfaat kegiatan upacara tradisi nelayan terhadap kesejahteraan nelayan dan kehidupan masyarakat nelayan setempat?

" Sangat bermanfaat dengan kegiatan tersebut, dengan begitu masyarakat setempat sanggup memperoleh tangkapan ikan secara lebih gampang dan pastinya mendapat penghasilan lebih banyak. "

4. Adakah hal menarik yang kau dapatkan dari kegiatan upacara nelayan tersebut?

" Hal menarik yang saya dapatkan dari kegiatan tersebut yaitu masyarakat tidak boleh mengenakan pakaian berwarna merah sebagai pantangan. "

5. Adakah kegiatan serupa yang dilakukan oleh masyarakat nelayan yang berada paling akrab dari tempat tinggalmu? Jika ada, ceritakanlah!

" Jawaban soal nomor 5 bervariasi tergantung ada atau tidaknya kegiatan serupa di tempat tempat tinggal siswa. "

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 2 pelajaran PPKN

Kewajiban Warga Negara Indonesia

Setiap warga negara di Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang tidak terpisahkan  Ada hak, maka di sana juga ada kewajiban. Sebagai warga Negara Republik Indonesia, hak dan kewajiban warga negaranya diatur di dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.  

Yang termasuk dalam hak warga negara Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) antara lain adalah sebagai berikut.

1. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan (pasal 27 ayat 1).

2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak (Pasal 27 ayat 2).

3. Setiap warga negara berhak dalam usaha pembelaan negara (Pasal 30 ayat 1).

4. Setiap warga Negara berhak untuk berserikat dan berkumpul dan mengeluarkan pendapatnya 
    (Pasal 28).

5. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai (Pasal 29 ayat 2).

6. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran (Pasal 31 ayat 1).

7. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI dari serangan musuh (pasal 30 ayat 1).

Selain mengetahui hak warga negara, kita pun harus tahu tentang kewajiban kita sebagai warga negara. Ada kewajiban yang harus kita lakukan dengan penuh tanggung jawab karena menyangkut hak orang lain.  Ada juga kewajiban yang bersifat pribadi. Berikut adalah beberapa contoh kewajiban warga negara Indonesia.

1. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) (Pasal 23A).

2. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya (Pasal 27 ayat 1).

3. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dari serangan musuh (pasal 30 ayat 1).

4. Setiap warga negara wajib untuk menghormati hak asasi orang lain dan menjunjung tinggi moral, nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum.  

5. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.

6. Setiap warga negara wajib untuk mengikuti pendidikan dasar yang sepenuhnya dibiayai oleh Negara.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 102 subtema 2

Ayo Berdiskusi

Dengan memakai bacaan wacana nelayan Lamalera dan nelayan Pantai Malo, diskusikan hak-hak dan kewajiban apa saja yang dimiliki oleh para nelayan tersebut.

Bagaimana dengan warga negara yang lain, contohnya para guru? Bagaimana hak dan kewajiban mereka? Bagaimana dengan kau sebagai siswa? Apa saja hak dan kewajiban kalian?

Gunakan tabel berikut ini untuk melaksanakan analisis terhadap hak dan kewajiban warga negara sesuai cara interaksinya dengan lingkungan sekitarnya. Bandingkanlah hak dan kewajiban para nelayan, para petani, dan juga pelajar ibarat kamu.
 
Hak Nelayan Lamalrela : Berburu paus di bahari sebagai ladang kehidupan.

Hak Petani : Memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, menjual hasil pertanian.

Hak Pelajar : Memperoleh pendidikan, mendapat dukungan kemudahan belajar, pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi, memperoleh evaluasi hasil belajar, mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, dan minat.

Kewajiban Lamarela : Menjaga semoga paus tidak punah.

Kewajiban Petani : Memelihara alam semoga sanggup dimanfaatkan dengan baik.

Kewajiban Pelajar : Rajin sekolah, belajar, tiba sempurna waktu, tidak merusak kemudahan sekolah, mentaati peraturan sekolah.

Diskusikan dan presentasikanlah hasil diskusimu di depan kelas. Dengarkan dan cermatilah ketika kelompok yang lain melaksanakan presentasi. Catatlah hal-hal menarik dari semua presentasi yang dilakukan teman-teman kelasmu. Lalu tuliskanlah kesimpulanmu.

Kesimpulan : Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 103

Ayo Mencoba

Apakah kau melihat persamaan dan perbedaan antara hak dan kewajiban dari para guru, nelayan, dan kau sebagai seorang siswa?

Kamu tentu tahu bahwa setiap hak sanggup diusahakan melalui kewajiban, baik kewajiban yang menyangkut hak orang lain, maupun kewajiban pribadi.

Cobalah renungkan, kewajiban apa saja yang harus kau lakukan dan tingkatkan sebagai seorang siswa?

Tuliskanlah beberapa kewajiban yang harus kau tingkatkan ke dalam sebuah kesepakatan yang harus kau ingat untuk dilakukan.

Tuliskanlah dengan kalimat yang terang dan singkat sehingga kau gampang mengingatnya di tempat yang disediakan di bawah ini! 

Aku Berjanji untuk :
1. Rajin Sekolah
2. Datang Tepat Waktu.
3. Mengumpulkan kiprah sempurna waktu.
4. Tidak merusak kemudahan belajar.
5. Tidak mencontek

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 halaman 94, 97, 98, 102, dan 103 pembelajaran 3 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 94, 95, 97, 98, 102, dan 103"