Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 119, 120, 122, dan 123

Kunci jawaban Buku Tematik Sisw Kelas 5 tema 6 Halaman halaman 119, 120, 122, dan 123

Kunci jawaban tema 6 kelas 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 1 suhu dan kalor pembelajaran 5 tepatnya berada pada halaman 119, 120, 122, dan 123.

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 halaman 119, 120, 122, dan 123 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 5 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 2 pelajaran IPA

Ayo Membacaa

Perpindahan Kalor secara Radiasi

Kalor dari panas matahari tidak dapat berpindah secara konduksi, karena udara yang terdapat dalam atmosfer termasuk konduktor yang paling buruk. Kalor dari matahari pun tidak dapat menghantar secara konveksi karena antara matahari dan bumi terdapat ruang hampa yang tidak menghantarkan kalor. Jadi, kalor dari matahari merambat ke bumi tanpa melalui zat perantara. 

Rangkuaman materi kelas 5 trma 6 pemebelajaran 5



Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinamakan radiasi. Contoh lainnya Ketika kamu dan teman-teman mu pergi ber kemah ke pegunungan, udara di pegunungan sangat dingin. Untuk menghangatkan badan, kamu perlu membuat api unggun. Nah, panas dari api unggun tersebut dapat sampai ke tubuhmu tanpa melalui zat perantara. Perpindahan panas seperti ini dikatakan secara radiasi.

Ketika kamu keluar rumah pada siang hari yang terik dengan menggunakan baju hitam, badanmu akan terasa panas. Hal ini disebabkan warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling baik. Benda-benda berwarna hitam  lebih banyak menyerap kalor dan memantulkan sebagian kalor jika dibandingkan dengan benda-benda yang berwarna putih dan berkilap. Sebaliknya, pada malam hari orang yang memakai baju hitam merasa lebih dingin daripada orang yang mengenakan baju putih. Tahukah kamu mengapa hal ini dapat terjadi? Hal tersebut dapat terjadi karena pakaian yang berwarna hitam menyerap kalor yang dikeluarkan tubuh.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6  halaman 119 subtema 2


Ayo Menulis

Buatlah daftar hal-hal penting yang kau temui pada setiap paragraf di dalam bacaan. Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya. Gunakanlah kalimat lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.


Hal-Hal Penting dari Bacaan Perpindahan Kalor secara Radiasi :

Paragraf 1 :
Kalor dari panas matahari tidak sanggup berpindah secara konduksi.
Kalor dari matahari merambat ke bumi tanpa melalui zat perantara.

Paragraf 2 :
Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat mediator dinamakan radiasi.
Contoh perpindahan panas secara radiasi yaitu panas dari api unggun sanggup hingga ke tubuh.

Paragraf 3 :
Benda-benda berwarna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling baik.
Pakaian yang berwarna hitam menyerap kalor yang dikeluarkan tubuh.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6  halaman 120 subtema 2

Berdasarkan pemahamanmu terhadap bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Apakah yang dimaksud dengan perpindahan panas secara radiasi?

" Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara. 

2. Apakah perbedaan utama perpindahan panas secara radiasi dengan perpindahan panas secara konveksi?

" Perbedaannya yaitu jikalau perpindahan panas secara radiasi tidak memerlukan zat perantara, sebaliknya jikalau perpindahan panas secara konveksi memerlukan zat perantara. "

3. Apakah perbedaan utama perpindahan panas secara radiasi dengan perpindahan panas secara konduksi?

 "Perbedaannya yaitu panas secara radiasi tidak memerlukan zat perantara, sedangkan konduksi memerlukan zat  mediator berupa benda logam. "

4. Jelaskan paling sedikit tiga pola perpindahan panas secara radiasi yang kau ketahui!

" Api unggun, panas api dari kompor, dan panas matahari. "

Jelaskanlah diagram yang kau buat dengan menjelaskan hubungan setiap pokok pikiran yang kau temukan di dalam bacaan tersebut di dalam kelompok kecil!

Lalu tuliskanlah pemahamanmu ihwal isi bacaan dalam goresan pena satu paragraf. Gunakan kalimat lengkap dan kata-kata baku.

 " Perpindahan kalor secara radiasi yaitu proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perentara. Pada malam hari orang yang menggunakan baju hitam merasa lebih masbodoh daripada orang yang menggunakan baju putih. Hal ini disebabkan benda-benda berwarna hitam lebih banyak menyerap kalor jikalau dibandingkan dengan benda-benda berwarna putih dan berkilap. Contoh perpindahan kalor secara radiasi yaitu panas matahari sanggup hingga ke bumi, panas dari api unggun sanggup hingga ke tubuh, dan panas tubuh berpindah ke baju berwarna hitam."

Kunci jawaban kelas 5 tema 6  halaman 122 dan 123 subtema 2

Pertanyaan :

1. Apa yang kau rasakan ketika kau mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 2 cm?

 " Tangan terasa agak panas. "

2. Apa yang kau rasakan ketika kau mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 4 cm?

" Tangan terasa agak hangat. "

3. Apa yang kau rasakan ketika kau mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 8 cm?

 " Hangatnya tidak begitu terasa. "

4. Bagaimana panas dari nyala api sanggup kau rasakan?

" Panas dari nyala api sanggup dirasakan lantaran radiasi. "

5. Apakah nama perpindahan panas yang terjadi pada percobaan di atas?

" Perpindahan Panas secara Radiasi. "

6. Sebutkan 3 pola perpindahan panas lain secara radiasi yang terjadi di sekitar kita!

 " Contoh perpindahan panas lain secara radiasi yang terjadi di sekitar kita yaitu pakaian lembap menjadi kering terkena sinar matahari, proses penetasan telur dengan menggunakan sinar lampu, dan panas matahari sanggup hingga ke bumi. "

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 123

Kesimpulan

Apa kesimpulan dari percobaan yang kau lakukan ?

 " Panas dari api lilin berpindah ke tangan tanpa melalui zat perentara. Hal ini menandakan bahwa percobaan tersebut memperlihatkan perpindahan kalor secara radiasi. "

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 halaman 119, 120, 122, dan 123 pembelajaran 5 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 119, 120, 122, dan 123"