Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 107, 108, 109, 110, 111, 112, 113, 114, dan 115

Kunci jawaban Buku Tematik Sisw Kelas 5 tema 6 halaman 107, 108, 109, 110, 111, 112, 113, 114,  dan 115

Kunci jawaban tema 6 kelas 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 1 suhu dan kalor pembelajaran 4 tepatnya berada pada halaman 107, 108, 109, 110, 111, 112, 113, 114,  dan 115

Materi, soal, dan kunci jawaban kelas 5 tema 6 subtema 2 pembelajaran 4


Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 halaman 107, 108, 109, 110, 111, 112, 113, 114,  dan 115 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 5 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Rangkuman kelas 5 tema 6 subtema 2 pelajaran IPS

Kehidupan Nelayan Indonesia

Para nelayan dan pedagang ikan bertemu di sebuah tempat pelelangan ikan di salah satu tempat di Banda Aceh, Provinsi Nangroe Aceh Darusalam. Tempat pelelangan ikan merupakan tempat bertemunya para pembeli ikan dan para nelayan yang telah menangkap ikan. Para pembeli di pelelangan ikan, biasanya adalah para pedagang. Mereka akan menjual kembali hasil tangkapan para nelayan ini, kepada para konsumennya.  

Tempat pelelangan ikan ramai setiap hari pada musim tangkap ikan.  Akan tetapi, jika gelombang laut sedang besar dan cuaca buruk, tempat ini menjadi sepi. Para nelayan tidak dapat melaut, sehingga mereka tidak punya hasil tangkapan yang bisa dijual. Begitulah kehidupan para nelayan.

Para nelayan juga harus memelihara laut tempat mereka mencari ikan. Mereka tidak menggunakan zat berbahaya seperti racun dan bom ikan yang akan memusnahkan isi laut. Mereka menggunakan peralatan sederhana, seperti jala ikan biasa dan menggunakan perahu nelayan tradisional. Ketika perahu mereka telah penuh dengan muatan ikan, mereka akan kembali ke pantai untuk menjual tangkapan mereka. Mereka harus memastikan laut mereka tidak tercemar oleh zat-zat berbahaya yang dapat mengancam kehidupan biota laut dan kehidupan mereka sendiri.  

Kehidupan para nelayan pun diwarnai dengan serangkaian kegiatan yang telah diturunkan dari nenek moyang mereka. Beberapa kegiatan seperti Perayaan Petik Laut dilakukan untuk memberikan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Acara ini pun dimaksudkan agar merekaterlindung dari bahaya dan laut menghasilkan banyak ikan untuk ditangkap.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halamana 107 subtema 2

Ayo Menulis

Buatlah daftar hal-hal penting yang kamu temui pada setiap paragraf di dalam bacaan. Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya.

Gunakanlah kalimat lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.

Hal-Hal Penting dari Bacaan Kehidupan Nelayan Indonesia :


Paragraf 1 :

Tempat pelelangan ikan merupakan tempat bertemunya para pembeli ikan dan para nelayan yang telah menangkap ikan. 
Para pembeli di pelelangan ikan, biasanya adalah para pedagang.
Pedagang tersebut akan menjual kembali hasil tangkapan para nelayan kepada para konsumennya.

Paragraf 2 :

Tempat pelelangan ikan ramai setiap hari pada musim tangkap ikan. 
Tempat pelelangan ikan menjadi sepi jika gelombang laut sedang besar dan cuaca buruk.
Jika gelombang laut sedang besar dan cuaca buruk para nelayan tidak dapat melaut, sehingga mereka tidak punya hasil tangkapan yang bisa dijual.

Paragraf 3 :

Para nelayan harus memelihara laut tempat mereka mencari ikan.
Para nelayan tidak menggunakan zat berbahaya seperti racun dan bom ikan yang akan memusnahkan isi laut.
Para nelayan menggunakan peralatan sederhana, seperti jala ikan biasa dan menggunakan perahu nelayan tradisional.
Para nelayan harus memastikan laut mereka tidak tercemar oleh zat-zat berbahaya yang dapat mengancam kehidupan biota laut dan kehidupan mereka sendiri.

Paragraf 4 :

Kehidupan para nelayan pun diwarnai dengan serangkaian kegiatan yang telah diturunkan dari nenek moyang mereka.
Kegiatan seperti Perayaan Petik Laut dilakukan untuk memberikan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Acara Perayaan Petik Laut dimaksudkan agar nelayan terlindung dari bahaya dan laut menghasilkan banyak ikan untuk ditangkap.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 108
Garisbawahi pokok pikiran di setiap paragraf dari bacaan di atas. Lalu buatlah pertanyaan dengan menggunakan kata tanya yang sesuai. Kamu dapat menggunakan kata tanya: apa, siapa, mengapa, kapan, bagaimana, dan di mana.

Tuliskanlah pertanyaan dan jawabannya pada tempat yang tersedia berikut ini.

Pertanyaan : Di mana para nelayan akan menjual ikan hasil tangkapannya?
Jawaban : Nelayan akan menjual hasil tangkapannya di tempat pelelangan ikan.

Pertanyaan : Apa yang menyebabkan nelayan tidak bisa melaut?
Jawaban : Nelayan tidak dapat melaut jika gelombang laut sedang besar dan cuaca buruk.

Pertanyaan : Bagaimana cara nelayan memelihara laut?
Jawaban : Cara nelayan memelihara laut, yaitu tidak menggunakan zat berbahaya seperti racun dan bom ikan yang akan memusnakan isi laut.

Pertanyaan : Apa tujuan pelaksanaan perayaan petik laut?
Jawaban : Pelaksanaan acara petik laut dilakukan untuk memberikan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa agar mereka terlindung dari bahaya dan laut menghasilkan banyak ikan untuk ditangkap.

Kunci Jawaban kelas 5 tema 6  Halaman 109 subtema 2


Tuliskanlah pemahamanmu tentang isi bacaan dalam tulisan satu paragraf berikut.

Kehidupan Nelayan Indonesia

Nelayan akan menjual ikan hasil tangkapannya di tempat pelelangan ikan. Tempat pelelangan ikan ramai setiap hari saat musim tangkap ikan. Selain menangkap ikan, nelayan juga harus memelihara laut. Nelayan juga harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari bahaya dan laut menghasilkan banyak ikan untuk di tangkap.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 110, 111 subtema 2

Perhatikan kembali gambar dan bacaan tentang kehidupan nelayan dan kegiatan pelelangan ikan di atas. Amatilah, siapa saja yang terlibat dalam kegiatan pelelangan ikan tersebut?

Apakah mereka mempunyai peran yang sama dalam kegiatan tersebut? Bagaimana interaksi yang terjadi di antara mereka?

Bersama dengan teman sebangkumu, cobalah untuk menentukan peran setiap orang yang terlibat di dalam kegiatan pelelangan ikan tersebut. Tuliskanlah hasil identifikasi di dalam tabel di bawah ini.

Hasil pengamatan gambar dan bacaan 

1. Nelayan berperan menangkap ikan di laut.

2. Pedagang berperan membeli ikan dari nelayan

3. Juru lelang berperan menawarkan harga dari penjual (nelayan) ke pembeli ( pedagang )

4. Pemerintah setempat berperan menentukan tempat pelelangan ikan setempat

Kesimpulan apa yang dapat kamu ambil dari hasil pengamatanmu?

Kegiatan pelelangan ikan merupakan salah satu contoh kegiatan yang di dalam masyarakat melibatkan interaksi atau hubungan antara individu, kelompok dan kehidupan sosialnya.
Bandingkanlah hasil pekerjaanmu dengan hasil pekerjaan temanmu yang lain. Lakukanlah diskusi jika ada pertanyaan di dalam kelompokmu.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 112 pemebelajaran 4

Ayo Berlatih

Kamu tentu tahu bahwa setiap warga negara, apa pun kegiatannya, memiliki hak dan kewajiban tertentu. Setiap kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk interaksi dengan lingkungannya, akan memberikan pengaruh secara ekonomi dan sosial budaya dalam masyarakat tersebut.

Perhatikan kembali kehidupan nelayan dan kegiatan pelelangan ikan pada bacaan sebelumnya. Banyak orang yang terlibat dalam kegiatan itu. Setiap yang terlibat, memiliki peran yang berbeda agar kegiatan pelelangan itu berjalan sesuai tujuannya. Orang-orang yang mempunyai peran berbeda tersebut, juga memiliki hak dan kewajiban yang berbeda satu dengan yang lain.

Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukan pengamatan dan diskusi terhadap kegiatan pelelangan ikan tersebut.

Tentukanlah peran setiap orang yang terlibat di dalamnya, juga hak dan kewajibannya. Gunakan peta pikiran berikut untuk menuliskan ide dan pendapatmu.

Materi dan kunci jawaban kelas 5 tema 6 subtema 2


Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 113, dan 114.


Ayo Berdiskusi

Kegiatan pelelangan ikan, merupakan salah satu contoh terjadinya interaksi masyarakat terhadap lingkungannya untuk membangun perekonomian dan kehidupan sosial budaya mereka. Kamu juga dapat mengamati bahwa setiap kegiatan dalam masyarakat, melibatkan pemenuhan hak dan kewajiban setiap orang di dalamnya. Banyak kegiatan masyarakat yang dapat kamu amati di sekitarmu. Oleh karena itu, lakukanlah kegiatan berikut ini dalam kelompok. Setiap kelompok mendapatkan tugas mengamati kegiatan masyarakat di tempat yang berbeda. Jika kamu tidak dapat mengamati langsung kegiatan tersebut, kamu dapat mengamati melalui gambar. 

Ikutilah langkah kegiatan sebagai berikut.
 
1. Bekerjalah dalam kelompok yang terdiri atas paling sedikit 3-4 orang.

Setiap kelompok akan mengamati tempat-tempat berikut ini:
 
Tempat 1 : Pasar
Tempat 2 : Balai Desa
Tempat 3 : Puskesmas
Tempat 4 : Kantor Pos

2. Setiap kelompok harus membuat buku tentang hak dan kewajiban dalam masyarakat sesuai tempat yang diamati.

Buku tersebut berisi :

Halaman 1 : Sampul yang berisi tempelan gambar sesuai topik kelompok. Gambar dapat diperoleh dari majalah, koran, media lainnya atau bisa digambar sendiri.

Halaman 2 : Amati orang-orang yang terlibat dalam kegiatan di tempat-tempat tersebut, misalnya di pasar ada pedagang, penjual, pengangkut sampah. Catat peran orang-orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut dalam pembangunan ekonomi di tempat tersebut.

Pasar

Individu 

1 Pedagang
2 Pembeli
3 Kuli/Buruh angkut
4 Petugas Retribusi pasar
5 Petugas kebersihan pasar
6 Petugas Keamanan pasar / Satpam
7 Petugas parkir pasar

Peran

1 Menyediakan kebutuhan para pembeli
2 Mencari barang yang dibutuhkan
3 Mengangkut barang pembeli atau pejual
4 Mengambil retribusi/pembayaran kios dari penjual untuk pendatapan pengelola pasar / pemerintah
5 Menjaga kebersihan pasar
6 Pasar Menjaga keamanan pasar
7 Mengatur kendaraan yang ada dilingkungan pasar

Pasar

Individu 

1 Pedagang
2 Pembeli
3 Kuli/Buruh angkut disepakati/yang dibeli
4 Petugas Retribusi pasar
5 Petugas kebersihan pasar
6 Petugas Keamanan pasar / Satpam Pasar
7 Petugas parkir pasar

Hak

1 Berjualan dan Mendapat tempat untuk berjualan
2 Membeli kebutuhan sesuai yang diinginkan
3 Mendapat upah atas jasa angkut yang diberikan
4 Mendapat upah/gaji dari pengelola pasar/pemerintah atas pekerja yang dilakukan
5 Mendapat upah/gaji dari pengelola pasar/pemerintah atas pekerja yang dilakukan
6 Mendapat upah/gaji dari pengelola pasar/pemerintah atas pekerja yang dilakukan
7 Mendapat upah atas pekerja yang dilakukan
 
Kewajiban

1 Membayar retribusi/biaya sewa tempat /kios
2 Membayar atas barang yang disepakati/yang diberli
3 Mengantar barang sesuai tujuan dengan baik
4 Menyetor hasil retribusi/pungutan sewa kepada pengelola pasar/pemerintah
5 Menjaga kebersihan lingkungan pasar
6 Menjaga keamanan pasar
7 Mengatur/merapikan posisi kendaraan di lingkungan pasar

Jawaban : 

Halaman 2 :

Identifikasi Individu-individu dalam pasar

Pedagang
Peran : Menyediakan kebutuhan para pembeli

Pembeli
Peran : Mencari barang yang dibutuhkan

Buruh/Kuli Angkut
Peran : Mengangkut barang pembeli dan penjual

Petugas Retribusi Pasar
Peran : Membantu menambah pendapatan daerah

Petugas Kebersihan Pasar
Peran : Menjaga kebersihan pasar

Petugas Keamanan / Satpam
Peran : Menjaga Keamanan Pasar

Petugas Parkir Pasar

Peran : Mengatur penempatan kendaraan penjual dan pembeli

Halaman 2 :

Identifikasi Individu-individu dalam Balai Desa

Kepala Desa
Peran : Mengkoordinasi kegiatan pemerintah di desa

Perangkat Desa
Peran : Membantu pelaksanaan tugas Kepala Desa

Petugas Kebersihan
Peran : Menjaga Kebersihan Lingkungan Balai Desa

Penjaga Balai Desa
Peran : Menjaga keamanan Balai Desa

Halaman 2 :

Identifikasi Individu-individu dalam Puskesmas

Dokter
Peran : Memberikan layanan kesehatan kepada pasien puskesmas

Perawat
Peran : Membantu dokter merawat pasien

Petugas Kebersihan
Peran : Menjaga kebersihan rumah sakit/puskesmas

Tenaga Administrasi
Peran : Mengelola administrasi puskesmas

Halaman 2 :

Identifikasi Individu-Individu dalam Kantor Pos


 
Kepala Kantor Pos

Peran : Memimpin pelayanan/ kegiatan di Kantor Pos, seperti kebutuhan surat menyurat dan kebutuhan lainnya

Petugas Pengantar Surat

Peran : Mengantarkan surat sampai ke alamat tujuan

Karyawan/ tenaga administrasi

Peran : Melakukan kegiatan administrasi di Kantor Pos

Petugas Keamanan / Satpam
Peran : Menjaga keamanan dan Ketertiban Kantor Pos

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 114


Jawaban :

Komunitas Pasar

Pedagang
Hak : Berjualan dan mendapat tempat untuk berjualan
Kewajiban : Membayar retribusi/biaya sewa tempat/kios

Pembeli
Hak : Membeli kebutuhan sesuai yang diinginkan
Kewajiban : Membayar atas barang yang disepakati/yang dibeli

Kuli/Buruh Angkut
Hak : Mendapat upah atas jasa angkut yang diberikan
Kewajiban : Mengantarkan barang sesuai tujuan dengan baik

Petugas Retribusi Pasar
Hak : Mendapat upah/gaji dari pengelola pasar/pemerintah atas pekerjaan yang telah dilakukan
Kewajiban : Menyetorkan hasil retribusi/pungutan sewa dari pedagang kepada pengelola Pasar/pemerintah

Petugas Kebersihan Pasar
Hak : Mendapat upah/gaji dari pengelola pasar/pemerintah atas pekerjaan yang telah dilakukan
Kewajiban : Menjaga kebersihan lingkungan pasar

Petugas Keamanan / Satpam
Hak : Mendapat upah/gaji dari pengelola pasar/pemerintah atas pekerjaan yang telah dilakukan
Kewajiban : Menjaga keamanan pasar

Petugas Parkir Pasar
Hak : Mendapat upah atas pekerjaan yang dilakukan
Kewajiban : Mengatur/merapikan posisi kendaraan di lingkungan pasar

Komunitas Balai Desa

Kepala desa
Hak : Mendapat gaji/tanah bengkok (tanah desa) untuk dikelola, Mengajukan rancangan dan Menetap peraturan desa
Kewajiban : Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa

Perangkat Desa
Hak : Mendapat gaji/tanah bengkok atas pekerjaan yang dilakukan
Kewajiban : Membantu tugas kepala desa sesuai bidangnya

Petugas Kebersihan
Hak : Memperoleh upah/gaji atas pekerjaan yang telah dilakukan
Kewajiban : Menjaga kebersihan ruangan dan lingkungan Balai Desa

Penjaga Keamanan
Hak : Memperoleh upah atas pekerjaan yang dilakukan
Kewajiban : Menjaga keamanan lingkungan Balai Desa

Komunitas Puskesmas

Dokter
Hak : Memperoleh Gaji/Honor/imbalan atas pekerjaannya
Kewajiban : Memberikan pelayanan medis sesuai standar profesi

Perawat
Hak : Mendapat gaji/honor/imbalan dan penghargaan yang layak atas jasa profesi yang telah Diberikan

Kewajiban : Membantu dokter dan memberikan pelayanan keperawatan sesuai standar Profesi

Tenaga Administrasi
Hak : Mendapat gaji/honor/imbalan atas pekerjaan yang telah dilakukan
Kewajiban : Melakukan kegiatan administrasi yang berhubungan dengan Puskesmas

Petugas Kebersihan
Hak : Memperoleh gaji/honor/imbalan atas pekerjaan yang dilakukan
Kewajiban : Menjaga kebersihan lingkungan Puskesmas

Komunitas Kantor Pos

Kepala Kantor Pos
Hak : Mendapat gaji dari pekerjaan yang telah dilakukan
Kewajiban : Memimpin dan mengorganisir semua pekerjaan di Kantor Pos

Karyawan/Tenaga Administrasi
Hak : Mendapat gaji atas pekerjaan yang telah dilakukan
Kewajiban : Melakukan kegiatan administrasi yang berhubungan dengan aktivitas Kantor Pos

Pengantar Surat
Hak : Mendapat gaji atas pekerjaan yang telah dilakukan
Kewajiban : Mengantarkan surat sampai tujuan dengan baik

Petugas Keamanan/Satpam
Hak : Mendapat gaji atas pekerjaan yang telah dilakukan
Kewajiban : Menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Kantor Pos


Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 115 subtema 2

Halaman 4 :

Buatlah sebuah peta pikiran yang mencakup semua hal penting yang dibahas daam buku

Materi, Soal dan kunci jawaban kelas 5 tema 6 subtema 2





Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 halaman 107, 108, 109, 110, 111, 112, 113, 114,  dan 115 pembelajaran 4 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.


Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 107, 108, 109, 110, 111, 112, 113, 114, dan 115"