Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 6 tema 5 subtema 3

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 3 Ayo, belajar brwirausaha sesuai kurikulum 2013 

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 3 Ayo, belajar brwirausaha. Rangkuman materi kelas 6 tema  5 Wirausaha. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 5 kurikulum 2013 dengan judul “Wirausaha”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian ataupun semester. Dan bagi bapak ibu guru Rangkuman materi tema 5 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Materi kelas 6 tema 5



Pada kesempatan lalu kami telah memposting Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 1 Kerja keras berbuah kesuksesan, rangkuman materi kelas 6 tema  5 subtema 2 Usaha di sekitarku. Pada kesempatan ini kami akan memposting rangkuman materi kelas 6 tema  5 subtema 3 Ayo, belajar berwirausaha.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 3 Ayo, belajar brwirausaha Muatan pelajaran PPKN

3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya dan ekonomi masyarakat

Gelang Benang, Kreatif Mengisi Waktu Luang

Man, seorang anak laki-laki Suku Sasak dari Desa Sade, Lombok. Usianya hampir 12 tahun. Ia baru saja menyelesaikan ujian akhir tingkat SD di sekolahnya. Usai sekolah, Man dan beberapa teman seusianya secara kreatif mengisi waktu luang dengan berjualan aneka warna gelang benang buatan sendiri. mereka menawarkan berbagai aneka gelang benang buatan mereka ke wisatawan pengunjung pantai. Dengan kreatif mereka membuat berbagai ragam jalinan untuk ditawarkan. Kadangkala, mereka sisipkan manikmanik kayu untuk mempercantik gelang. 
Man tidak kehilangan waktu bermainnya karena berjualan. Ia berjualan sambil bermain air dan bercengkerama di pinggir pantai dengan temantemannya. Menjelang matahari terbenam,
Man dan teman-temannya pulang untuk mengerjakan tugas sekolah dan beristirahat. Ketika
Tugas sekolah sudah selesai, Man membuat beberapa gelang untuk mengisi kembali persediaan untuk berjualan esok hari. Man bangga ketika gelang hasil buatannya dipuji oleh wisatawan.Kreativitas Man dalam memanfaatkan waktu luang memberinya pembelajaran hidup yang tak ternilai.

Kreativitas dan ketekunan adalah modal dalam melakukan wirausaha.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 3 Ayo, belajar brwirausaha Muatan pelajaran Bahasa Indonesia

3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.)

Petunjuk Pengisian Formulir Pengiriman Barang

Data Penerima
1. Isilah data penerima dengan huruf besar
2. Isilah nama awal penerima dengan jelas dan benar
3. Isilah nama akhir penerima dengan jelas dan benar
4. Isilah alamat lengkap penerima: nama jalan, nomor rumah, RT dan RW,  Kelurahan, dan kecamatan.
5. Isilah kota/kabupaten dimana penerima berdomisili.
6. Isilah provinsi di mana penerima berdomisili.
7. Isilah kode pos wilayah di mana penerima berdomisili.
8. Isilah nomor telepon penerima.

Data Pengirim
1. Isilah nama pengirim dengan huruf besar.
2. Isilah nama awal pengirim dengan jelas dan benar
3. Isilah nama akhir pengirim dengan jelas dan benar
4. Isilah alamat lengkap pengirim: nama jalan, nomor rumah, RT dan RW,  kelurahan, dan kecamatan.
5. Isilah kota/kabupaten di mana pengirim berdomisili.
6. Isilah provinsi di mana pengirim berdomisili.
7. Isilah kode pos wilayah di mana pengirim berdomisili.
8. Isilah nomor telepon pengirim.

Data Lainnya
1. Tulis tempat dan tanggal pengiriman pada kolom bagian kiri bawah.
2.Tulis tanda tangan dan nama jelas pada kolom bagian kiri bawah.
3. Kolom yang berada di bagian kanan bawah untuk tanda tangan petugas.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 3 Ayo, belajar brwirausaha Muatan pelajaran IPA

3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari.

Medan magnet adalah daerah atau wilayah yang dipengaruhi oleh gaya magnet. Medan magnet tidak dapat kita lihat, tetapi dapat digambarkan. Besar medan magnet tergantung pada
kekuatan magnet.

Cara membuat magnet buatan

1. Dengan cara menggosok
Untuk membuat magnet yang pertama, bisa dengan cara menggosok sebuah benda magnetis dengan magnet. Gosokan kutub sebuah magnet pada besi atau baja. Semakin banyak gosokan yang dilakukan, semakin kuat sifat kemagnetan besi atau baja tersebut. Akan tetapi, sifat kemagnetan ini juga berlangsung sementara.

2. Dengan cara induksi (didekatkan tanpa menyentuh)
Membuat magnet dengan cara induksi ini cukup mudah yaitu dengan mendekatkan atau menempelkan suatu benda dengan magnet sehingga benda tersebut berubah menjadi magnet. Benda magnetis yang didekatkan dengan magnet akan berubah sifatnya menjadi magnet namun sifatnya hanya sementara dan kemagnetannya bisa hilang.

3. Dengan menggunakan arus listrik
Membuat magnet juga bisa dengan cara mengalirkan arus listrik ke benda magnetis, arus listrik ini akan menimbulkan medan magnet. Magnet yang terbentuk karena dialiri arus listrik disebut elektromagnet. Sifat kemagnetan benda yang dialiri arus listrik berlangsung sementara. Ketika arus listrik terputus, sifat kemagnetan benda akan hilang.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 3 Ayo, belajar brwirausaha Muatan pelajaran IPA

3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

Apakah MEA itu?

MEA singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. Para pemimpin Asean sepakat memberlakukan pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015 agar daya saing Asean meningkat dan untuk menarik investasi asing. Pembentukan MEA nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat.

Bagaimana MEA mempengaruhi kita?
MEA tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi  juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, dan lainnya. Dengan diterapkannya MEA, peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai jabatan serta  profesi di Indonesia akan semakin terbuka.
Begitu pula sebaliknya, tenaga kerja Indonesia juga mempunyai peluang  yang lebih besar untuk bekerja di negara-negara anggota ASEAN lainnya. Hal ini menandakan bahwa kualitas produk dan sumber daya manusia Indonesia harus terus ditingkatkan agar mampu ikut berpartisipasi bersama tenaga kerja asing.

Apa keuntungan MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?
Riset terbaru dari Organisasi Perburuhan Dunia atau ILO menyebutkan pembukaan pasar tenaga kerja mendatangkan manfaat yang besar. Selain dapat menciptakan jutaan lapangan kerja baru, Hal ini juga dapat  meningkatkan kesejahteraan 600 juta orang yang hidup di Asia Tenggara. ILO memperkirakan bahwa permintaan tenaga kerja profesional akan naik  41% atau sekitar 14 juta di tahun 2015.
Sementara, permintaan akan tenaga kerja kelas menengah akan naik 22%  atau 38 juta, sementara tenaga kerja level rendah meningkat 24% atau 12 juta.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 3 Ayo, belajar brwirausaha Muatan pelajaran SBDP

3.1 Memahami reklame

Buklet adalah buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran. Dalam wirausaha, buklet dapat berfungsi sebagai salah satu media  promosi.
Pemilik usaha dapat memuat informasi, deskripsi, gambar, dan foto-foto  tentang suatu produk.
Buklet biasa terdiri atas cover, daftar isi, dan isi atau inti dari produk yang  dipromosikan.


Semoga Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 3 Ayo, belajar berwirausaha dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 6 tema 5 subtema 3"