Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 6 tema 4 Subtema 1

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 1 Globalisasi disekitarku sesuai kurikulum 2013 

Rangkuman materi kelas 6 tema 4 subtema 1 Globalisasi di sekitarku. Rangkuman materi kelas 6 tema 4 Globalisasi. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 4 kurikulum 2013 dengan judul “Globalisasi”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian ataupun semester. Dan bagi bapak ibu guru Rangkuman materi tema 4 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Materi kelas 6 tema 4 subtema 1



Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 6 tema 4 subtema 1 Globalisasi di sekiatarku. Dan selanjutnya kami juga akan memposting rangkuman materi kelas 6 tema 4 subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya, Rangkuman materi kelas 6 tema 4 subtema 3 Globalisasi dan cinta tanah air.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 1 Globaliasi di sekitarku Muatan pelajaran PPKN

3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.

Setiap orang dilahirkan dengan perbedaan dari Tuhan, termasuk dalam hal ekonominya. Keterampilan, pendidikan, dan sikap akan memengaruhi kondisi perekonomian seseorang.
Sikap apa yang harus kita kembangkan melihat keberagaman ini adalah 

Kita harus saling menghargai semua orang dengan keberagaman ekonomi yang berbeda. Ketika keluarga kita cukup berada, janganlah sombong, bantulah yang membutuhkan. Jika keluarga kita masih kekurangan, jangan malu dan iri dengan mereka yang mampu.  Teruslah berusaha dan tingkatkan kemampuan diri.

Kita diciptakan Tuhan Yang Maha Esa dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dan dengan bakat serta potensi yang berbeda-beda. Perbedaan kemampuan dan perbedaan ekonomi tersebut hendaknya tidak menjadi sumber perpecahan. Perbedaan tersebut juga tidak perlu mempengaruhi rasa percaya diri.  Terus berusaha, kenali potensi diri, kembangkan bakat yang dimiliki untuk menutupi kekurangan diri, serta selalu tampil percaya diri.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 1 Globaliasi di sekitarku Muatan pelajaran IPA

3.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik.

Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik.Menghasilkan Energi Listrik
Listrik dihasilkan di pusat pembangkit menggunakan beragam sumber energi. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dari waduk/sungai (1) masuk melalui pintu (2) yang diatur oleh katup pengaman (3). Air kemudian masuk ke tangki pengaman tekanan (4). Air di dalam pipa pesat (5) mengalirkan dan mengarahkan air ke turbin (7) melalui katup pengatur tekanan (6) untuk mendapatkan tekanan energi yang besar. Energi potensial air kemudian
menggerakan turbin. Energi gerak tersebut kemudian diubah menjadi energi  listrik oleh generator (8). Energi listrik dari generator kemudian diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformer (9). Energi listrik kemudian dibagikan ke konsumen  oleh saluran transmisi (10).

Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator.  Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi penggerak turbin, selain dari aliran air, juga bisa didapat dari angin (PLTA), panas bumi (PLTU), dan sumber energi lainnya.

Setelah energi listrik dihasilkan di pusat pembangkit, energi listrik tersebut kemudian dinaikkan tegangannya oleh  transformator penaik tegangan hingga 500 kv, baru  kemudian disalurkan ke berbagai tempat menggunakan sistem transmisi yang dinamakan Saluran UdaraTegangan Ekstra Tinggi (SUTET), yang menyalurkan energi listrik dari pusat pusat pembangkit. Setelah melalui SUTET energi listrik kemudian masuk ke gardu induk. Di gardu induk energi listrik diturunkan tegangannya oleh transformator penurun tegangan menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu-gardu  distribusi dan diturunkan kembali tegangannya dalam gardu distribusi menjadi tegangan rendah  220 volt, tegangan sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Akhirnya, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 1 Globaliasi di sekitarku Muatan pelajaran IPS

3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

Negara Indonesia adalah negara yang pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan kerja sama, Indonesia menjadi salah satu pendiri ASEAN, Indonesia pernah memimpin ASEAN, dan Indonesia ikut juga serta menciptakan perdamaian di Asia Tenggara.

Bentuk kerja sama yang terjalin diantara negara-negara ASEAN merupakan kerja sama regional yang melibatkan Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara. Saat ini, organisasi ASEAN menjadi wadah kerja sama di berbagai bidang seperti politik, ekonomi, keamanan, sosial, dan budaya.

Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia

Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. Seiring dengan per  kembangannya, kini kain batik telah dipakai oleh berbagai kalangan, bahkan  telah mendunia. Pada tanggal  2 Oktober 2009, UNESCO memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. 

Dalam sejarahnya, pulau Jawa merupakan titik awal perkembangan seni batik di Indonesia. Ragam motif batik pun dibedakan berdasarkan area pembuatannya. Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. Kerumitan dalam proses pembuatan, kekayaan ragam dan makna yang terkandung dalam Batik Indonesia menjadi daya tarik bagi warga dunia.

Salah satu strategi yang dilakukan oleh pengrajin batik untuk menembus pasar dunia adalah membuat kreasi motif dan warna yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan.  Kelestarian batik sebagai seni tradisional harus terus dikembangkan dan dipelihara untuk meningkatkan daya jual dan kesejahteraan pengrajinnya.


Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 1 Globaliasi di sekitarku Muatan pelajaran SBDP

3.1 Memahami reklame

Reklame adalah alat untuk menawarkan, mempromosikan, memperkenalkan barang-barang hasil produksi atau jasa kepada masyarakat dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik.
Reklame digunakan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan, dan menawarkan produk. Reklame dibuat menarik sehingga pembaca ingin mengikuti anjuran atau membeli barang yang ditawarkan. Ada berbagai jenis reklame di antaranya poster, iklan, plakat, spanduk, selebaran, baliho, buklet, dan lain-lain. 

Reklame ada yang bersifat komersial dan nonkomersial. Komersial digunakan oleh pedagang untuk menawarkan barang atau produknya. Sedangkan nonkomersial digunakan untuk mengajak masyarakat untuk melakukan suatu hal, misalkan hidup bersih, hemat energi, dan lain-lain. 

Reklame haruslah menarik. Hal-hal yang harus diperhatikkan dalam membuatnya adalah sebagai berikut.
1. Slogan jelas dan mudah dimengerti.
2. Bahasa baik dan menarik dengan ukuran huruf yang sesuai.
3. Ilustrasi menarik dan mudah diingat.
4. Tata letak gambar dan tulisan baik.


Semoga Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 1 Globalisasi di sekitarku dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 6 tema 4 Subtema 1"