Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Kelas 4 tema 4 subtema 2

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 4 subtema 2 Pekerjaan di sekitarku sesuai kurikulum 2013 

Rangkuman materi kelas 4 tema 4 subtema 2 Pekerjaan di Sekitarku. Rangkuman materi kelas 4 tema 4 Berbagai pekerjaan. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 4 kurikulum 2013 dengan judul “Berbagai pekerjaan ”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian ataupun semester. Dan bagi bapak ibu guru Rangkuman materi tema 4 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman materi kelas 4 tema 4 subtema 2




Pada kesempatan lalu kami telah memposting Rangkuman materi kelas 4 tema 4 subtema 1 Jenis-jenis pekerjaan. Dan Pada kesempatan ini kami akan memposting rangkuman materi kelas 4 tema 4 subtema 2 Pekerjaan di sekitarku.Nantikan juga Rangkuman materi kelas 4 tema 3 subtema 3 Pekerjaan Orang tua ku

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 4 subtema 2 Pekerjaan di sekitarku Muatan pelajaran PPKN

Sila kedua: Kemanusiaan yang adil dan beradab

Disimbolkan dengan rantai

Mata rantai berbentuk segiempat melambangkan lakilaki. Mata rantai berbentuk lingkaran
Melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti rantai.

Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab bermakna:
1. setiap manusia setara dan sejajar,
2. beradab dalam rasa, pikiran, dan tindakan,
3. anti penjajahan, dan
4. mengutamakan kebenaran dan keadilan.
Seorang yang bekerja harus memiliki sikap melayani, disiplin, rendah hati, dan bekerja sepenuh hati. Ketika kita bekerja haruslah bermanfaat bagiorang lain. Kita harus rendah hati dan menghargai orang lain.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 4 subtema 2 Pekerjaan di sekitarku Muatan pelajaran IPA

Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ayah tinggal di kampung nelayan. Ayah pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa sampan dan jaring untuk pergi berlayar.
Saat berlayar, Ayah harus menghadapi ombak dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, Ayah tidak dapat pergi melaut terlalu jauh. Tangkapan ikan Ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada cuaca. Sampan Ayah tidak bermesin. Ayah tidak perlu membeli bahan bakar.

Aku mendengar sekarang ada nelayan yang modern. Kapalnya lebih besar dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak mudah terguncang ombak. Kapal ini menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar. Banyak pemilik kapal tidak memedulikan penggunaan bahan bakar. Ada yang boros sehingga mencemari lingkungan perairan. Mereka bisa berlayar ke laut lepas sehingga tangkapan ikannya banyak. Alat penangkap ikan mereka berupa jaring dan juga radar yang bisa mendeteksi kumpulan ikan, bahkan ada yang menggunakan bom.

Pukat harimau adalah jaring sangat besar yang dapat menjaring semua makhluk hidup laut.
Bom ikan adalah bahan peledak untuk menangkap ikan. Cara ini dapat menyebabkan hancurnya terumbu karang dan habitat ikan. Penggunaan bom ikan dapat mengganggu keseimbangan Alam.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 4 subtema 2 Pekerjaan di sekitarku Muatan pelajaran IPS

Kegiatan jual beli ada yang berupa barang dan ada pula yang berupa jasa. Kegiatan jual beli yang dilakukan oleh pemilik barang dan pembeli barang  dikenal dengan istilah kegiatan ekonomi.

Pekerjaan yang Menghasilkan Barang
Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang menghasilkan  sesuatu barang yang bisa digunakan oleh orang lain misalnya pembuat makanan, petani, nelayan, peternak, dan perajin.

Pekerjaan yang Menghasilkan jasa
Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah suatu pekerjaan yang  pelayanannya bisa dinikmati oleh orang lain. Pekerjaan ini tidak menghasilkan barang, misalnya guru, petugas kebersihan, dokter, tukang cukur rambut, polisi, dan sopir.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 4 subtema 2 Pekerjaan di sekitarku Muatan pelajaran SBDP

Gambar 3 dimensi

Gambar 3 dimensi atau juga bisa disebur dengan gambar 3D merupakan seni rupa yang mempunyai unsur panjang, volume, serta ruang. Gambar 3 dimensi (3D) ini terlihat seperti nyata atau realistis. Contoh karya seni rupa gambar 3 dimensi :
Patung, Arca, Topeng, Vas bunga, Guci, Dan lain sebagainya.




Semoga Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 4 subtema 2 Pekerjaan di sekitarku dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Kelas 4 tema 4 subtema 2 "