Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 4 tema 1 subtema 1

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 1 Keberagaman budaya bangsaku sesuai kurikulum 2013 

Rangkuman materi kelas 4 tema 1 subtema 1 Keberagaman budaya bangsaku. Rangkuman materi kelas 4 tema 1 Indahnya Kebersamaan. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 1 kurikulum 2013 dengan judul “Indahnya Kebersamaan”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 1 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman materi kelas 4 tema 1



Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 4 tema 1 subtema 1 Keberagaman budaya bangsaku. Dan selanjutnya kami juga akan memposting rangkuman materi kelas 4 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan keberagaman, Rangkuman materi kelas 4 tema 1 subtema 3 Bersyukur atas keberagaman.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 1 Keberagaman budaya bangsaku muatan pelajaran PPKN

Keberagaman budaya Indonesia sangat Indah. Di antaranya tarian, rumah adat, makanan, dan lain-lain. Keberagaman tersebut memperkaya budaya Indonesia.  Indonesia memiliki
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya. Keberagaman di Indonesia  terikat oleh rasa persatuan dan kesatuan. 

Persatuan dan kesatuan dapat diartikan kumpulan bagian-bagian yang dipersatukan. Hal itu merupakan bukti pentingnya kekompakan dalam mewujudkan persatuan. Dengan demikian, persatuan tidak mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompok, tetapi lebih mengutamakan kepentingan umum.

Indonesia terdiri atas keragaman suku, budaya, agama, dan sosial. Keragaman tersebut merupakan identitas bangsa Indonesia. Sebagai warga negara yang baik kita harus menjaga persatuan dan kesatuan dalam perbedaan dan keberagaman tersebut.

Baca Juga Latihan Soal-soal



Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 1 Keberagaman budaya bangsaku muatan pelajaran Bahasa Indonesia

Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf  memiliki gagasan pokok yang didukung oleh gagasan pendukung. 

Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, dapat berupa kalimat inti atau berupa pokok paragraf. 

Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 1 Keberagaman budaya bangsaku muatan pelajaran IPA

Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.


Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas. Akan tetapi, bunyi tidak dapat
merambat pada ruang hampa.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 1 Keberagaman budaya bangsaku muatan pelajaran IPS

Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun  tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya.
Pawai budaya merupakan contoh kegiatan yang mendukung keberagaman budaya di Indonesia 

Warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, maupun agama.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 1 Keberagaman budaya bangsaku muatan pelajaran SBDP

Tari Bungong Jeumpa merupakan tari yang berasal dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Adapun keunikan dari tari Bungong Jeumpa, yaitu gerak tari banyak menggunakan tangan dan kaki, gerak tari hanya diiringi dengan suara manusia yang berupa nyanyian.

Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan
yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.



Semoga rangkuman materi kelas 4 tema 1 Subtema 1 Keberagaman budaya bangsaku dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami. 

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 4 tema 1 subtema 1 "