Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 5 tema 3 subtema 2

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 2 Pentingnya makanan sehat bagi tubuh, kurikulum 2013

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 2 Pentingnya makanan sehat bagi tubuh. Rangkuman materi kelas 5 tema 3 Makanan sehat. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 3 kurikulum 2013 dengan judul “Makanan sehat”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 3 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman materi kelas 5 tema 3



Pada kesempatan lalu kami telah memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 3 subtema 1 Bagimana mengolah makanan. Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 3 subtema 2 Pentingnya makanan sehat bagi tubuh. Selanjutnya rangkuman materi kelas 5 tema 3  subtema 3 Pentingnya menjaga makanan sehat

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 2 Pentingnya makanan sehat bagi tubuh muatan pelajaran PPKN

Bangsa Indonesia memiliki sebuah semboyan yang luar biasa, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan. 

Bahwasanya, sekalipun di Indonesia terdapat begitu banyak suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, dan 
lain-lain, semuanya bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air. 

Perbedaan dan keanekaragamanyang ada justru menjadi sebuah kekuatan yang pada akhirnya memperkaya sifat budaya bangsa Indonesia dan lebih memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 2 Pentingnya makanan sehat bagi tubuh muatan pelajaran Bahasa Indonesia

Iklan media cetak adalah salah satu bentuk iklan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan media cetak, seperti koran, tabloid, majalah, brosur dan sejenisnya. Intinya, jika iklan itu berada di media yang melalui proses percetakan itu adalah iklan media cetak.

Iklan media elektronik adalah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contohnya iklan di televisi, iklan radio, dan iklan internet.

Ciri bahasa iklan
Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.
Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 2 Pentingnya makanan sehat bagi tubuh muatan pelajaran IPA

Gejala Sakit Maag

Sebagian besar sakit maag bersifat ringan dan dapat ditangani tanpa perlu berkonsultasi ke dokter. Gejala sakit maag seperti: Muntah, Sulit menelan, Nyeri ulu hati, Berat badan turun tanpa sebab.
Sakit maag dapat disebabkan kebiasaan makan yang terlalu banyak dan cepat, atau terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan berlemak. Radang pada pankreas dan usus tersumbat, juga dapat memicu sakit maag.

Pengobatan dan Pencegahan Sakit Maag
Sakit maag ringan akan hilang dengan sendirinya. Adapun sakit maag yang parah dapat diatasi dengan obat-obatan seperti antasida, antibiotik dan antidepresan. Sakit maag dapat dicegah dan diatasi dengan cara:

Makan secara perlahan, dalam porsi yang kecil.
Batasi konsumsi makanan pedas dan berlemak.
Kurangi minuman berkafein.
Hindari obat-obatan yang menyebabkan nyeri lambung.

Diare

Diare adalah buang air besar dengan tinja encer atau berair dengan frekuensi lebih sering dari biasanya  (normalnya).

Tanda dan gejala yang biasanya menyertai penyakit diare antara lain: buang air besar encer dan sering kram perut, nyeri perut, demam, adanya darah  dalam tinja, dan perut kembung

Cara mencegah diare
 • Minum air yang sudah matang
 • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
 • Mencuci tangan dengan menggunakan sabun
 • Tidak mengonsumsi makanan/jajanan sembarangan

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 2 Pentingnya makanan sehat bagi tubuh muatan pelajaran IPS

Semua aktivitas yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi yang  dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup  atau kesejahteraan sosial disebut pembangunan sosial. Kesejahteraan sosial tidak hanya berkenaan dengan terpenuhinya kebutuhan material, tetapi juga spiritual. Dengan demikian memungkinkan semua warga negara untuk mengembangkan dirinya.

Pembangunan sosial dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dimana kebutuhan setiap anggota masyarakat secara sosial, ekonomi, dan spiritual dapat terpenuhi. Dalam melakukan aktivitas kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, tak jarang kita akan berhadapan dengan keanekaragaman yang tinggi. Contohnya di pasar.

Dengan keberagaman, manusia dapat saling bekerja sama dan bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara ekonomi, sosial, maupun budaya. Beragam profesi pun berkembang dan mendukung pemenuhan kebutuhan hidup. 

Bahasa Indonesia  yang dipergunakan juga merupakan satu contoh hal yang menjembatani perbedaan sosial budaya yang terdapat dalam masyarakat Indonesia.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 2 Pentingnya makanan sehat bagi tubuh muatan pelajaran SBDP

Tari Kancet Papatai adalah sebuah tarian perang dari Kalimantan Timur. Gerakannya 
cukup sederhana dan didominasi oleh banyak  gerakan melompat kecil.

 • Melompat-lompat kecil sambil berputar dengan tangan yang satu seakan memegang pedang dan yang satunya lagi seakan memegang tameng.
 • Berjalan ke depan dan ke belakang dengan satu tangan menghunuskan  pedang,  kemudian kedua tangan bertemu.
 • Kedua kaki dilebarkan dan kedua tangan membuka dan menutup.
 • Kedua kaki berjingkat, melompat kecil, seraya kedua tangan secara 

Demikianlah Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 2 Pentingnya makanan sehat bagi tubuh. Semoga dapat bermanfaat bagi bapak/ibu guru serta adik-adik. Dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada kolom yang tersedia demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 5 tema 3 subtema 2"