Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 5 tema 1 subtema 1

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 1 subtema 1 organ gerak hewan sesuai kurikulum 2013

Rangkuman materi kelas 5 tema 1 subtema 1 organ gerak hewan. Rangkuman materi kelas 5 tema 1 Organ gerak hewan dan manusia. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 1 kurikulum 2013 dengan judul “organ gerak hewan dan manusia ”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 1 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman kelas 5 tema 1 Organ gerak hewan



Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 1 subtema 1 Organ gerak manusia dan hewan. Dan selanjutnya kami juga akan memposting rangkuman materi kelas 5 tema 1 subtema 2 Manusia dan lingkungan, Rangkuman materi kelas 5 tema 1  subtema 3 Lingkungan dan manfaatnya

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 1 subtema 1 organ gerak hewan  muatan pelajaran PPKN

Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Sila-Sila Pancasila
Nilai-nilai Pancasila perlu sekali kita kembangkan dalam kehidupan sosial budaya. Hal ini dimaksudkan agar tercipta suasana yang tenang, sejahtera, damai, dan aman. 
1. Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa
Beriman kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianutnya. Nilai yang terkandung dalam sila ini juga mengharuskan kita untuk saling menghormati dan bekerja sama
antarpemeluk agama yang berbeda-beda. Kita tidak boleh memaksakan  suatu agama dan keperyaaan kepada orang lain, kita harus saling menghormati kebebasan dalam menjalankan ibadah.

2. Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Setiap warga negara hendaklah  mengakui persamaan derajat,  persamaan kewajiban antara
sesama manusia sebagai asas kebersamaan bangsa Indonesia, dan persamaan hak. 

Penerapan nilai ini dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengembangkan rasa
saling mencintai sesama manusia, sikap tenggang rasa, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, 
gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, serta berani menegakkan kebenaran dan keadilan.

3. Persatuan Indonesia
Makna dan nilai yang terkandung dalam sila ini adalah menjaga  persatuan dan  kesatuan negara Republik Indonesia. Dengan menerapkan sikap cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa dan negara, serta memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

4. Nilai Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam  Permusyawaratan/Perwakilan
Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama.  warga negara Indonesia harus selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan suatu persoalan bersama.

Penerapan dalam sikap sehari-hari adalah dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan, tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, serta mengutamakan budaya musyawarah dalam menyelesaikan masalah dengan diliputi oleh semangat kekeluargaan.

5. Nilai-nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Kita harus menghindarkan diri dari sifat pemborosan, selalu bergaya  hidup mewah, dan perbuatan-perbuatan yang merugikan kepentingan umum. 

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 1 subtema 1 organ gerak hewan  muatan pelajaran Bahasa Indonesia

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.


Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 1 subtema 1 organ gerak hewan  muatan pelajaran IPA

Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi  tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan  tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. 

Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnhya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.


Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 1 subtema 1 organ gerak hewan  muatan pelajaran IPS

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Letak Indonesia berada di kawasan Asia Tenggara dan negara ini termasuk negara paling luas di benua Asia. letak astronomisnya (titik koordinatnya) yaitu terletak di antara 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT. Berdasarkan letak astronomis Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis.

Selain dilihat dari letak astronomis, suatu wilayah juga dilihat berdasarkan posisi atau letak sebenarnya di permukaan bumi atau letak geografis. Berdasarkan letak geografisnya Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra. Benua yang dimaksud adalah Asia dan Australia. Selain terletak di antara dua benua, Indonesia juga terletak di antara dua samudra yaitu samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Karena letak geografisnya itu, Indonesia dipengaruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Wilayah Indonesia juga berbatasan dengan sejumlah wilayah. Wilayah tersebut berupa wilayah suatu negara maupun wilayah samudra.

Batas wilayah Indonesia adalah sebagai berikut:
-Sebelah utara : Malaysia, Singapura, Filipina dan Laut Cina Selatan
-Sebelah Selatan : Timor Leste, Australia, Samudra Hindia
-Sebelah Barat : Samudra Hindia
-Sebelah Timur : Papua Nugini dan Samudra Pasifik

Indonesia adalah salah satu negara terluas di dunia dengan total luas negara 5.193.250 km². Luas ini mencakup daratan dan lautan.

Sementara luas daratan Indonesia adalah 1.919.440 km² terdiri dari 17.508 pulau. Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil dengan luas lautan sekitar 3.273.810 km². Lautan Indonesia memiliki batas 12 mil laut serta zona ekonomi eksklusif  200 mil.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 1 subtema 1 organ gerak hewan  muatan pelajaran SBDP

Corak gambar cerita atau ilustrasi adalah sebagai berikut.

1.Realis
Realis merupakan gambar yang dibuat seperti keadaan aslinya, baik bentuk, ukuran, dan tata letaknya. Contohnya seperti lukisan berjudul Kapal Dilanda

2.Karikatur
Karikatur merupakan gambar yang melebih-lebihkan atau mengubah dari objek aslinya. Gambar karikatur menyajikan objek dengan karakter yang lucu dan aneh. Biasanya gambar karikatur mengandung kritikan dan sindiran.

3. Kartun
Kartun merupakan gambar yang berfungsi untuk menghibur dan berisikan humor. Gambar kartun dapat berupa tokoh binatang atau manusia.

4. Dekoratif 
Dekoratif adalah gambar yang disajikan dengan mengubah bentuk objek  aslinya namun tanpa menghilangkan ciri-ciri khasnya.


Semoga rangkuman materi tematik kelas 5 tema 1 subtema 1 Organ gerak hewan dapat bermanfaat bagi bapak/ibu guru serta adik-adik. Dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada kolom yang tersedia demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 5 tema 1 subtema 1"