Rangkuman kelas 5 tema 9 Subtema 2

Rangkuman Materi tematik kelas 5 tema 9 subtema 2 benda dalam kegiatan ekonomi sesuai kurikulum 2013

Rangkuman materi kelas 5 tema  9 subtema 2 Benda dalam kegiatan ekonomi. Rangkuman materi kelas 5 tema  9 Benda-benda disekitar kita. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuklebih mudah memahami materi tematik tema 8 kurikulum 2013 dengan judul “Benda-benda disekitar kita”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 9 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 


Rangkuman kelas 5 tema 9 subtema 2


Pada kesempatan yang lalu kami telah memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 9 subtema 1 Benda tunggal dan Campuran. Dan selanjutnya pada kesempatan ini kami akan memposting rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 2 Benda dalam kegiatan ekonomi. Nantikan juga Rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 3 Manusia dan benda dilingkungannya.


Rangkuman materi Kelas 5 tema 9 subtema 2 benda dalam kegiatan ekonomi muatan pelajaran PPKN

Persatuan dan kesatuan mengandung arti  bersatunya beragam corak  menjadi satu kebulatan yang  utuh dan serasi.

Beberapa contoh kegiatan yang mencerminkan makna penting persatuan dan kesatuan 
1. Festival budaya nusantara 
2. Toleransi dan hidup berdampingan dalam perbedaan
3. Semangat kekeluargaan dan tolong menolong

Menjaga kerukunan dalam masyarakat sangat penting. Hidup rukun artinya saling menghormati, saling membantu dan saling menyayangi. Hidup rukun hendaknya dilakukan baik dilingkungan rumah, sekolah, maupun lingkungan masyarakat. 

Contoh sikap menjaga kerukunan dalam keluarga  :

1. Berkumpul bersama menonton televisi di ruang keluarga. 
2. Membiasakan beribadah bersama.  
3. Membersihkan rumah bersama-sama

Contoh sikap menjaga kerukunan di Sekolah  :

1. Melakukan piket kelas
2. Tidak membedakan teman
3. Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah
4. Senam bersama

Contoh sikap menjaga kerukunan di Masyarakat  :

1. Membantu tetangga yang terkena musibah
2. Ikut kerja bakti lingkungan
3. Ikut serta siskamling

Rangkuman materi Kelas 5 tema 9 subtema 2 benda dalam kegiatan ekonomi muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

1. Materi adalah  setiap  objek   atau  segala sesuatu yang   menempati ruang  dan  mempunyai massa.  Banyak jenis materi  di  lingkungan sekitarmu. Misalnya air,  batu, pasir,  tanah, kayu,  besi,  emas, plastik, dan oksigen atau udara. Materi yang  banyak jenisnya tersebut dapat dikelompokkan menjadi  benda  padat,  cair,   dan  gas. Berdasarkan komponen penyusunannya, materi dibedakan atas  zat  tunggal dan campuran.

2. Zat tunggal atau disebut zat murni adalah zat yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau materi. Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.

a. Unsur adalah zat kimia yang   tak  dapat  dibagi lagi  menjadi zat yang  lebih  sederhana. Ada dua jenis unsur, yaitu unsur logam dan nonlogam. contoh  unsur logam adalah  perak, besi,   emas, dan platina. Adapun contoh  unsur  nonlogam antara  lain   hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon.

b. Senyawa adalah zat  tunggal yang  terbentuk dari  beberapa unsur. contoh unsur senyawa adalah garam, air, dan gula.

3. Zat campuran adalah zat yang komponen penyusunnya terdiri atas dua atau lebih  zat  atau materi. Berdasarkan sifatnya, zat campuran terdiri atas zat  campuran homogen dan zat  campuran heterogen.

a.  Zat   campuran   Homogen adalah  campuran  yang    terdiri  atas dua materi atau zat  yang  dapat menyatu secara merata. contoh campuran homogen antara lain sirop  (campuran gula, pewarna, dan air), larutan oralit (campuran air dan garam), dan udara (campuran gas-gas).

b.  Zat campuran heterogen adalah campuran yang  terdiri atas dua zat atau materi berbeda yang  tidak dapat menyatu secara sempurna. contoh campuran heterogen antara lain air kopi tumbuk, air dengan tanah, dan air dengan minyak. 

Berdasarkan ciri-ciri campuran, baik  campuran homogen maupun campuran heterogen dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut.

1. Campuran tersusun atas dua atau lebih  unsur atau senyawa.
2. Campuran dapat dipisahkan menjadi zat-zat penyusunnya
3. Perbandingan massa zat-zat penyusunnya tidak tetap.
4. Sifat  campuran sama dengan sifat zat-zat penyusunnya.

Rangkuman materi Kelas 5 tema 9 subtema 2 benda dalam kegiatan ekonomi muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Manusia mempunyai beragam kebutuhan untuk melanjutkan kehidupannya. Untuk memenuhi  beragam  kebutuhan  tersebut,  manusia  melakukan kegiatan yang  disebut kegiatan ekonomi. Perbedaan  kegiatan  ekonomi dalam  masyarakat sangat  mendukung dapat  terpenuhinya semua  kebutuhan  manusia dengan cara saling bekerja sama. Perlu  disadari bahwa dalam kehidupan sehari-hari,  tidak  seorang  pun   yang   bisa memenuhi sendiri semua kebutuhan hidupnya tanpa bekerja sama dengan orang lain.  Kegiatan ekonomi dapat diwujudkan dengan membuka berbagai jenis usaha. Apa sajakah bentuk usaha dalam kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia? Berikut berbagai usaha dalam kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia.

1. Pertanian
Usaha pertanian merupakan usaha yang  paling banyak ditemukan dalam masyarakat Indonesia. Hal  ini  sesuai dengan keadaan alam Indonesia sebagai  negara  agraris. Hasil   pertanian  Indonesia antara  lain   padi, jagung, ubi, dan palawija.

2. Perkebunan
Perkebunan merupakan  usaha pemanfaatan lahan dengan tanaman- tanaman keras. Perkebunan dapat dibedakan atas perkebunan rakyat dan perkebunan besar. Perkebunan rakyat adalah perkebunan yang  dikelola oleh  rakyat. Perkebunan besar biasanya dikelola oleh  pemerintah atau perusahaan  perkebunan. Hasil   perkebunan besar,  biasanya  ditujukan untuk ekspor sehingga dapat menghasilkan devisa bagi negara. contoh hasil perkebunan antara lain  karet, kelapa, kelapa sawit, dan tebu.

3. Peternakan
Peternakan adalah usaha memelihara binatang piaraan yang   diambil manfaatnya. Usaha peternakan dapat digolongkan menjadi tiga,   yaitu peternakan hewan besar (sapi, kerbau, dan kuda), hewan kecil (kambing, domba, kelinci,  dan babi), dan unggas (ayam, itik, entok, dan burung).

4. Perikanan
Usaha perikanan dalam hal   ini  adalah  usaha  perikanan darat, yaitu usaha memelihara ikan  di perairan darat dengan cara membuat kolam. Perikanan darat meliputi perikanan air  tawar dan perikanan air  payau. contoh hasil perikanan air  tawar misalnya ikan  gurami, nila,  bawal, dan lele. Hasil  perikanan air payau contohnya ikan  bandeng.

5. Kehutanan
Usaha  kehutanan  dapat  dilakukan dengan  melakukan pencegahan terhadap  penggundulan hutan  dengan  melakukan reboisasi atau peremajaan hutan. contoh hasil usaha kehutanan antara  lain   kayu, rotan,  damar,  dan  kemenyan. Usaha  kehutanan  juga penting  untuk menjaga  keseimbangan  alam.  Pepohonan  yang    tumbuh  di   hutan membantu peresapan  air   ke  dalam tanah. Dengan demikian, dapat menghindari  terjadinya banjir. Selain itu,  hutan menjadi tempat hidup serta berkembangnya berbagai satwa. Oleh  karena itu, hutan tidak boleh

 
6. Pertambangan
Pertambangan adalah usaha untuk mengolah atau memanfaatkan mineral  demi  kesejahteran   manusia.  Mineral ini   berada  di   dalam perut  bumi. Untuk mendapatkannya  perlu dilakukan penggalian  atau penambangan. contoh hasil barang tambang antara lain  emas, minyak bumi, dan batu bara.

7. Perindustrian
Industri adalah usaha atau kegiatan untuk mengubah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi  atau barang jadi.  Bahan mentah berasal dari   sumber daya alam. Industri dilakukan untuk meningkatkan mutu atau nilai  suatu barang. Usaha industri dapat dilakukan oleh  perorangan, kelompok, atau  suatu  perusahaan, baik   pemerintah maupun swasta. contoh hasil industri adalah benang menjadi pakaian, pengolahan ikan menjadi ikan  kaleng, dan karet menjadi ban.

8. Perdagangan
Perdagangan adalah kegiatan yang  bertujuan menyalurkan barang dan jasa dari  produsen ke  konsumen. Barang-barang yang  diperdagangkan merupakan hasil-hasil pertanian, peternakan, perikanan, hutan, dan barang-barang hasil industri. Perdagangan yang  dilakukan antarnegara disebut ekspor impor. Ekspor adalah usaha mengirim dan menjual barang keluar negeri. Impor   adalah usaha memasukkan dan membeli barang dari  luar  negeri.

9. Usaha jasa
Usaha  jasa  adalah  usaha  menyediakan jasa  bukan  produk benda untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Perhatikan gambar di atas. Pekerjaan menjadi pemandu wisata merupakan bagian dari  usaha jasa. Usaha-usaha dalam bidang jasa antara lain  usaha becak, ojek, angkutan
umum, dan bidang pariwisata.

Usaha Ekonomi yang  Dikelola Sendiri dan Kelompok

Berdasarkan pengelolanya, usaha  ekonomi dapat  dibedakan  menjadi dua. Pertama, usaha ekonomi yang  dikelola sendiri. Kedua adalah usaha ekonomi yang  dikelola kelompok. Berikut contoh usaha-usaha  ekonomi yang  dikelola sendiri dan kelompok.

1. Usaha Ekonomi yang  dikelola sendiri
Usaha  ekonomi yang   dikelola sendiri atau  perseorangan  biasanya modalnya terbatas. contoh usaha ekonomi yang  dikelola sendiri atau perorangan sebagai berikut.

a. Usaha pertanian
b. Industri kecil
c. Usaha perdagangan
d. Usaha jasa

2. Usaha ekonomi yang  dikelola kelompok
Usaha ekonomi yang  dikelola secara berkelompok adalah usaha yang dijalankan secara bersama-sama, baik  dalam hal  modal, pengelolaan, maupun dalam hal  bagi hasil. contoh usaha ekonomi yang  dikelola secara bersama-sama, antara lain  firma, cV, PT, BUMN, Perusahaan Daerah, dan Koperasi.


3. Koperasi
Koperasi  adalah usaha bersama dalam bidang ekonomi. Kerja  sama dalam koperasi berdasarkan prinsip saling membutuhkan dan kesamaan  kebutuhan  anggotanya. Di  Indonesia ada  lima   bentuk koperasi, yaitu  Koperasi Konsumsi, Koperasi Simpan Pinjam, Koperasi Produksi, Koperasi Jasa, dan Koperasi Serba Usaha.

Rangkuman materi Kelas 5 tema 9 subtema 2 benda dalam kegiatan ekonomi muatan pelajaran SBDP

Pada dasarnya, ada dua pola garis dasar pada lantai, yaitu  garis lurus  dan garis lengkung. Garis  lurus  memberikan kesan sederhana tetapi kuat. Sedangkan garis lengkung memberikan kesan lembut tetapi lemah.

1. Pola Lantai Vertikal (Lurus)
ciri pola   lantai vertikal (lurus) adalah  penari membentuk garis vertikal, yaitu  garis lurus  dari  depan ke  belakang atau sebaliknya. Pola  lantai ini banyak digunakan pada tari  klasik.  Pola  lurus  memberi kesan sederhana tetapi kuat. Berikut gambar pola  lantai vertikal

2. Pola Lantai Diagonal
Pada pola  lantai diagonal, penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri. Berikut gambar pola  lantai diagonal.

3. Pola Lantai Garis Melengkung
Pada pola  lantai garis melengkung, penari membentuk garis lingkaran, pola lantai lengkung ular,  dan pola  lantai angka delapan. Berikut contoh pola lantai garis melengkung.

Rangkuman materi Kelas 5 tema 9 subtema 2 benda dalam kegiatan ekonomi muatan pelajaran Bahasa Indonesia

Iklan elektronik antara lain iklan melalui radio, televisi, dan Internet.
Dalam menyajikan iklan elektronik harus memperhatikan beberapa unsur iklan  agar menarik perhatian masyarakat seperti berikut. 
Berikut secara umum dijelaskan mengenai unsur iklan  agar menarik.
1.  Perhatian (Attention)
Iklan yang  baik  harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.

2.  Minat (Interest)
Setelah mendapat perhatian, unsur iklan  harus ditingkatkan menjadi minat. Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.

3.  Keinginan (Desire)
Iklan  hendaknya mencakup cara untuk menggerakkan keinginan konsumen.

4.  Rasa Percaya  (Conviction)
Untuk mendapat  rasa  percaya dalam diri  konsumen, sebuah  iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan  di antaranya seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.

5.  Tindakan (Action)
Tindakan merupakan tujuan akhir dari  produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.
Beberapa ciri bahasa iklan  yang  dimaksud sebagai berikut.

1. Pilihan kata yang  digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
2. Pilihan kata yang  digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
3. Pilihan kata yang  digunakan menonjolkan informasi yang  dipentingkan.
4. Pilihan kata yang  digunakan menunjukkan sasaran.

Semoga rangkuman materi kelas 5 tema 9 subtema 2 Benda dalam kegiatan ekonomi dapat bermanfaat bagi bapak/ibu guru serta adik-adik. Dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada kolom yang tersedia untuk kemajuan website kami. 

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman kelas 5 tema 9 Subtema 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel