Rangkuman kelas 5 tema 8 Subtema 3

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan sesuai kurikulum 2013

Rangkuman materi kelas  5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan. Rangkuman materi kelas 5 tema 8 Lingkungan sahabat kita. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuklebih mudah memahami materi tematik tema 8 kurikulum 2013 dengan judul “Lingkungan sahabat kita”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 8 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 


Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 8 subtema 3


Pada kesempatan yang lalu kami telah memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 1 Manusia dan lingkungan, rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 2 Perubahan lingkungan. Dan pada keempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 3 Usaha pelestarian lingkungan.


Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan  muatan pelajaran PPKN

Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang  menjadi petani, penjahit, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya.

Kegiatan  ekonomi yang   dilakukan setiap  orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain  dapat dilihat dari  kegiatan  produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang  terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi. Tenaga  kerja akan memperoleh balas jasa dari  produsen berupa upah atau gaji dari  produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh  distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.

Cara menghargai kegiatan usaha ekonomi dapat dilakukan sebagai berikut.

1.  Menumbuhkan persaingan usaha yang  sehat dalam kegiatan perekonomian.
2.  Menghormati   usaha   ekonomi   orang   lain     dengan   tidak   iri    atas keberhasilannya.
3.  Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang  dilakukan orang lain.
4.  Meneladani keberhasilan orang lain  dengan  meniru sikap positif orang tersebu

Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan  muatan pelajaran IPA

Persyaratan  air   bersih  meliputi tiga  komponen, yaitu   persyaratan secara fisik,  secara  kimia, dan  kandungan  mikroba yang   terdapat  di dalamnya.

1. Persyaratan secara fisik 

a. Tidak keruh
b. Tidak berwarna apa pun 
c. Tidak berasa apa pun
d.   Tidak berbau apa pun
e.   Suhu antara 10o-25o  C (sejuk)
f.    Tidak meninggalkan endapan

2. Syarat kimiawi

a. Tidak mengandung bahan kimiawi yang  mengandung racun 
b. Tidak mengandung zat-zat kimiawi yang  berlebihan
c.  Cukup  yodium
d.  pH (derajat keasaman) air antara 6,5 – 9,2

3. Syarat mikrobiologi

Tidak  mengandung  kuman-kuman  penyakit seperti disentri, tipus, dan kolera

Masyarakat memerlukan  air  dalam jumlah yang   sangat  besar. Air yang  akan digunakan diambil dari  sungai-sungai terdekat atau sumber- sumber air  lain  seperti sumur. Air dari  sungai dan sumber-sumber air dialirkan dan disimpan dalam tangki penampung  yang   sangat besar. Tangki  penampungan berisi air ditambahkan sejumlah kecil gas chlorine untuk membunuh kuman berbahaya. Selanjutnya, air  dipompa melalui pipa bawah tanah menuju ke  rumah-rumah penduduk. Air inilah yang digunakan untuk keperluan sehari-hari masyarakat.

Sumber air lainnya didapat dari  penggalian tanah. Lubang penggalian ini  dinamakan sumur. Masyarakat membuat sumur sebagai sumber air untuk keperluan sehari-hari. Dahulu, orang menggunakan timba untuk mengambil air  dari  sumur.

Persediaan  air   bersih semakin  berkurang karena  cadangan  air   tanah berkurang. Cadangan air  tanah berkurang karena air  hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke sungai dan terus ke laut. Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang  dapat menahan air  di dalam tanah. Banyak pohon di  hutan ditebangi.

Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering pada musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari- hari. Hasil  panen pun  jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan.

Ada  beberapa tindakan yang   dapat kita   lakukan untuk ikut  membantu mengurangi krisis  air bersih sebagai berikut.

1.   Menghemat penggunaan air
2.   Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
3.   Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air  di  dalam tanah.

Walaupun hingga saat ini air selalu tersedia di alam, tetatpi kita harus menggunakan air secara bijaksana. Menghemat penggunaan air sangat bermanfaat demi kelangsungan semua mahluk hidup.

Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan  muatan pelajaran IPS

Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat


Dalam kehidupan sehari-hari, kita  tidak lepas dari  kegiatan ekonomi.  Kegiatan  ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi ini  saling berkaitan satu sama lain.  Satu kegiatan ekonomi terhambat, akan mengganggu kegiatan ekonomi lainnya.

1. Produksi

Produksi adalah kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih   bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Orang yang  melakukan kegiatan produksi disebut  produsen.  

Kegiatan produksi berpengaruh terhadap kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi adalah barang atau jasa yang  dapat memberikan manfaat atau keuntungan. Sumber daya ekonomi dapat berasal dari  sumber daya alam atau sumber daya manusia. Sumber daya ekonomi dapat  diolah menjadi modal dasar  pembangunan.  Bagi pemilik sumber daya ekonomi, adanya proses produksi memungkinkannya memperoleh balas jasa. Balas jasa ini  berupa sewa, bunga modal, atau gaji. Dengan balas jasa ini, pemilik sumber daya ekonomi dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Bagi  produsen, adanya proses produksi menyebabkan produsen memperoleh keuntungan.  Selanjutnya, keuntungan  tersebut  digunakan untuk menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup. Ini dilakukan dalam upaya mencapai kemakmuran hidup.

2. Distribusi

 Distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari  produsen ke  konsumen.  Orang yang   melakukan kegiatan  ini  disebut distributor. Kelancaran distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalan yang  memadai. Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen dengan cepat dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.

3. Konsumsi

Konsumsi  adalah kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai  guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Orang yang  melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan pengorbanan ter- tentu. Pengorbanan dapat berupa uang atau waktu.

Setiap pelaku kegiatan ekonomi memiliki peran yang saling menguntungkan. Menurut kodratnya, manusia berperan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai  makhluk sosial,  manusia  akan  berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain.  Sebagai makhluk ekonomi, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun makhluk ekonomi, manusia hendaknya memiliki etika moral. Dengan etika moral, manusia dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang  dilakukan oleh  orang lain.

Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan  muatan pelajaran SBDP

Gambar cerita adalah gambar yang berisi tentang suatu peristiwa. 

Langkah-Langkah Membuat Gambar  Cerita

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang  akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.

2. Menentukan Tema

Pemilihan tema akan menentukan gambar yang  akan dibuat. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri dan orang lain.

3. Pembuatan Sketsa

Setelah menentukan tema  langkah selanjutnya yaitu   membuat sketsa. Sketsa sebaiknya dibuat lebih   dari satu agar kita  dapat  memilih yang terbaik.

4. Penyelesaian Gambar

Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang menurutmu paling baik.  Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang  tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang  dirasa perlu agar gambar tampak lebih  hidup.

Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi.  Kamu  dapat mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering. Pewarnaan dengan teknik basah menggunakan  cat   air,   cat   minyak, atau  tinta.  Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.


Demikianlah rangkuman materi tematik kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestaraian lingkungan sesuai kurikulum 2013. Semoga soal ini dapat membantu bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa  memberikan saran dan komentar untuk kemajuan website kami. 



Belum ada Komentar untuk "Rangkuman kelas 5 tema 8 Subtema 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel