Rangkuman kelas 4 tema 8 subtema 3

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 8 subtema 3 Bangga tehadap daerah tempat tinggalku sesuai kurikulum 2013

Rangkuman materi kelas 4 tema 8 subtema 3 Bangga terhadap daerah tempat tinggalku. Rangkuman materi kelas 4 tema 8 Daerah tempat tinggalku. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuklebih mudah memahami materi tematik tema 8 kurikulum 2013 dengan judul “Daerah tempat tinggalku”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 8 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman materi kelas 4 tema 8 subtema 3


Pada kesempatan lalu kami telah memposting Rangkuman materi kelas 4 tema 8 subtema 1 Lingkungan tempat tinggalku, Rangkuman materi kelas 4 tema 8 subtema 2 Keunikan daerah tempat tinggalku. Dan pada kesempatan ini kami akan memposting. Rangkuman materi kelas 4 tema 8 subtema 3 Bangga terhadap daerah tempat tinggalku.

Rangkuman  materi kelas 4 tema 8 subtema 3 Bangga terhadap daerah tempat tinggalku Muatan pelajaran PPKN

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat plural atau majemuk. Artinya, masyarakat Indonesia terdiri atas beragam karakteristik yang berbeda antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain. 
 Karakteristik adalah karakter dan gaya hidup seseorang serta nilainilai yang berkembang secara teratur sehingga tingkah laku menjadi lebih konsisten dan mudah diperhatikan. Karakteristik juga berarti ciri atau karakter secara alamiah yang melekat pada diri seseorang. Jadi, karakteristik individu adalah ciri atau karakter yang melekat pada diri individu. Karakteristik individu dalam masyarakat Indonesia beragam jenisnya di antaranya fisik, jenis kegemaran, pekerjaan, ras, suku, pengetahuan, serta agama atau kepercayaan.

keragaman karakteristik masyarakat Indonesia merupakan kekayaan khazanah budaya bangsa yang dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan Indonesia. 
Kita sebagai warga negara Indonesia hendaknya saling menghormati perbedaan karakteristik antar masyarakat. Banyak manfaat atas keragaman karakteristik masyarakat Indonesia.
Beberapa manfaat yang dimaksud sebagai berikut.
1. Dapat belajar saling menghargai karakter setiap individu.
2. Belajar bersosialisasi.
3. Belajar toleransi.
4. Saling melengkapi sesama individu.
5. Hidup rukun dalam masyarakat.

Rangkuman  materi kelas 4 tema 8 subtema 3 Bangga terhadap daerah tempat tinggalku Muatan pelajaran IPA

Untuk melakukan gaya kamu perlu  tenaga. Dalam kehidupan sehari-hari banyak peristiwa yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara gaya dan gerak. 

Berikut beberapa contoh hubungan gaya dan gerak.
1. Gaya memengaruhi benda diam menjadi bergerak.
Gerak membuka dan menutup pintu. peristiwa pintu terbuka dan pintu menutup. Dengan adanya gaya berupa dorongan dan tarikan pintu bergerak membuka
dan menutup.

2. Gaya memengaruhi benda bergerak menjadi diam.
Peristiwa bus dari melaju kemudian berhenti. Pada peristiwa itu pak sopir melakukan gaya dengan menginjak rem bus.Dengan gaya yang dilakukan pak sopir bus menjadi lambat, lalu berhenti. 

3. Gaya memengaruhi perubahan bentuk benda.
Membentuk berbagai bentuk dari plastin. Peristiwa perubahan bentuk plastisin. Pada peristiwa itu anak bermain plastisin dengan melakukan gaya membentuk berbagai bentuk dari plastisin. Dengan gaya yang dilakukan, plastisin menjadi berubah bentuk. 

4. Gaya memengaruhi perubahan arah gerak benda.
Peristiwa perubahan arah gerak bola karena  gaya yang diberikan pada bola. Pada peristiwa itu bola dilambungkan ke atas sehingga bola bergerak ke atas. Kemudian, bola dipukul ke depan sehingga
bola bergerak ke arah depan.

Rangkuman  materi kelas 4 tema 8 subtema 3 Bangga terhadap daerah tempat tinggalku Muatan pelajaran IPS

Pekerjaan merupakan salah satu bentuk kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pekerjaan merupakan salah satu bentuk kegiatan ekonomi.
Pada dasarnya, pekerjaan dibedakan menjadi dua sebagai berikut.

1. Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

Sebagian besar penduduk Indonesia bertani sesuai kondisi Indonesia sebagai negara agraris

Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang menghasilkan suatu barang yang bisa dipergunakan oleh seseorang. Contohnya petani (menghasilkan padi dan jagung), nelayan (menghasilkan ikan), peternak (menghasilkan daging, susu, dan woll), penjual kue, dan perajin.


2. Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah pekerjaan yang hasilnya  bukan berupa barang, tetapi hasil pekerjaannya dapat dinikmati dan dirasakan orang lain. Contohnya guru, dokter, perawat, tukang potong rambut, polisi, tentara, dan seniman. Jenis pekerjaan jasa ini dibutuhkan masyarakat luas, terutama di bidang pendidikan, pelayanan kesehatan, layanan transportasi, ketertiban dan keamanan, serta pariwisata. Oleh karena itu, pekerjaan yang menghasilkan jasa disebut sebagai pekerjaan yang berkaitan dengan sosial budaya.


Manfaat adanya keragaman karakteristik individu dalam masyarakat terutama dalam kegiatan ekonomi. Contohnya sebagai berikut :
1. Menumbuhkan sikap nasionalisme
2. Menciptakan identita bangsa di Mata Internasional
3. Alat Pemersatu bangsa
4. Sebagai ikon pariwisata
5. Menambah pendapatan nasional
6. Memupuk sikap toleransi

Rangkuman  materi kelas 4 tema 8 subtema 3 Bangga terhadap daerah tempat tinggalku Muatan pelajaran SBDP

Gambar adalah karya seni rupa dua dimensi. Karya seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Objek gambar adalah benda-benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume. Unsur  volume inilah yang menjadi pembeda antara benda dua dimensi dan benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi misalnya benda hias dan benda  yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas  bunga, meja, kursi, lemari, dan lampu hias.

Berdasarkan pengertian karya seni  tiga dimensi di atas, dapat kamu  pahami adanya ciri-ciri tiga dimensi sebagai berikut.
1. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
2. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
3. Memiliki volume.

Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tiga jenis benda yang dimaksud sebagai berikut.

1. Benda Kubistis
Benda kubistis adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan  kubus atau balok. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, bak sampah, dan kulkas.  

2. Benda Silindris
Benda silindris adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai silinder  (elips). Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci.

3. Benda Bebas 
Benda Bebas adalah benda-benda yang bentuknya tidak beraturan. Contohnya buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda alam lain.


Rangkuman  materi kelas 4 tema 8 subtema 3 Bangga terhadap daerah tempat tinggalku Muatan pelajaran Bahasa Indonesia

Tokoh adalah orang yang menggambarkan suatu peristiwa dalam sebuah cerita yang diperankan. Para tokoh dalam cerita memiliki peranan masingmasing yang berbeda satu tokoh dengan tokoh
lainnya. Mari kita mengingat kembali mengenai tokoh dalam cerita fiksi.

 Tokoh dibedakan menjadi dua yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan (pembantu). Pada pembelajaran-pembelajaran sebelumnya kamu sudah mengenal berbagai tokoh dalam cerita. Mari, kita mengingat kembali.

1.  Tokoh utama

Tokoh utama adalah tokoh yang memiliki peranan penting dalam suatu  cerita. Tokoh utama paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.Bahkan dalam novel-novel tertentu, tokoh utama senantiasa hadir dalam setiap kejadian dan dapat ditemui dalam
tiap halaman novel yang bersangkutan.

2.  Tokoh Tambahan (pembantu)

Tokoh tambahan (pembantu) adalah tokoh yang memiliki peranan tidak penting dalam cerita. Kehadiran tokoh pembantu sekadar menunjang tokoh utama.

Tokoh juga dapat dibedakan berdasarkan peran tokoh dalam sebuah cerita yaitu tokoh protagonis dan antagonis. 

1.  Tokoh Protagonis

Tokoh protagonis adalah tokoh yang memiliki watak baik sehingga  disenangi dan dikagumi pembaca.
Protagonis adalah pelaku yang memiliki watak yang baik sehingga disenangi pembaca. 

2.  Tokoh Antagonis

Tokoh antagonis adalah tokoh yang tidak disenangi pembaca karena  perannya tidak sesuai yang didambakan pembaca. Tokoh antagonis ini menjadi penyebab timbulnya konflik dan ketegangan yang dialami oleh tokoh protagonis. Antagonis adalah pelaku yang tidak disenangi pembaca
yang tidak sesuai dengan isi cerita yang didambakan oleh pembaca.

Semoga Rangkuman materi kelas 4 tema 8 subtema 3 Bangga terhadap daerah tempat tinggalku sesuai kurikulum 2013 dapat bermanfaat bagi bapak Ibu guru serta adik-adik. Dan jangan lupa memberikan saran dan komentar untuk kemajuan website kami.


Belum ada Komentar untuk "Rangkuman kelas 4 tema 8 subtema 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel