Rangkuman Kelas 4 tema 7 subtema 3

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 7 subtema 3 Indahnya persatuan dan kesatuan negeriku sesuai kurikulum 2013

Rangkuman materi kelas 4 tema 7 subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan di negeriku. Rangkuman materi kelas 4 tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuklebih mudah memahami materi tematik tema 7 kurikulum 2013 dengan judul “Indahnya Keragaman Negeriku”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 7 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman materi kelas 4 tema 7



Pada kesempatan sebelumnya kami telah memposting Rangkuman materi kelas 4 tema 7 subtema 1 Keragaman suku bangsa dan Agama di Negeriku, rangkuman materi kelas  4 tema  7 subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku. Dan pada kesempatan ini kami akan memposting rangkuman materi kelas 4 tema 7 subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 7 subtema 3 Indahnya persatuan dan kesatuan negeriku muatan pelajaran PPKN 

Negara Republik Indonesia memiliki keragaman adat, budaya, dan agama. Salah satu sikap kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan ialah sikap toleransi dan saling menghormati. Salah satu perwujudannya kita tidak boleh menghina teman yang berbeda agama. Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah. 

Sikap lain yang harus dilakukan yaitu menghargai kebudayaan dberbagai daerah di Indonesia. Negara kita kaya akan berbagai kebudayaaan daerah. Kita boleh membanggakan kebudayaan daerah sendiri. Namun, kita juga harus menghargai dan ikut melestarikan kebudayaan daerah lain.

Jadi, untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI, bagaimana sikap kita? Kita harus saling menghargai, menghormati, dan menyayangorang lain meskipun berbeda agama, suku, dan budaya. Sikap itulah yang harus selalu kita tanamkan pada diri kita.

Toleransi berasal dari bahasa Latin, tolerare yang artinya dengan sabar membiarkan sesuatu. Toleransi dapat diartikan sebagai perilaku terbuka yang menghargai segala perbedaan yang ada dengan sesama manusia. Bersikap toleransi berarti bersikap sabar, menahan diri, serta menghargai dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki perbedaan pendapat. Bentuk sikap toleransi terhadap keragaman suku, budaya, agama, ras, dan gender.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 7 subtema 3 Indahnya persatuan dan kesatuan negeriku muatan pelajaran IPA

Sebuah magnet mempunyai dua ujung berlawanan. Ujung magnet biasa disebut kutub. Dua kutub magnet yang berlawanan itu disebut kutub utara (U) dan kutub selatan (S).

Jika dua buah magnet didekatkan pada kutub yang sama, kedua magnet akan tolak menolak. Sebaliknya, jika dua buah magnet didekatkan pada kutub yang berbeda, kedua magnet tersebut akan tarik menarik.

Interaksi dua buah magnet (misalnya dengan didekatkan) akan menimbulkan gaya. Gaya itu disebut gaya magnet. Jadi, gaya magnet adalah gayayang dihasilkan ketika dua magnet atau lebih saling
berinteraksi.

Gaya magnet dapat dimanfaatkan, misalnya dalam pembuatan kompas. Kompas adalah alat penunjuk arah utara dan selatan. Pada kompas terpasang sebuah magnet berbentuk jarum. Jika diletakkan mendatar, jarum kompasakan selalu menunjuk arah utara dan selatan.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 7 subtema 3 Indahnya persatuan dan kesatuan negeriku muatan pelajaran IPS

Aktivitas ekonomi terdiri atas tiga bagian, yaitu: produksi, distribusi, dan konsumsi. Aktivitas ekonomi penduduk Indonesia disesuaikan denganwilayah Indonesia. Sebagai negara kepulauan, wilayah Indonesia meliputi wilayah daratan dan perairan. 

Beberapa jenis aktivitas ekonomi dan bidang ekonomi

1. Aktivitas Ekonomi di Bidang Pertanian
Banyak penduduk Indonesia melakukan aktivitas pertanian. Dengan mencermati kondisi geografis Indonesia, aktivitas pertanian dibedakan menjadi pertanian lahan basah dan pertanian lahan kering. Pertanian lahan basah  membutuhkan banyak air, misalnya sawah irigasi dan sawah lebak. Pertanian lahan kering membutuhkan sedikit air, misalnya tegalan dan perkebunan.

2. Aktivitas Ekonomi di Bidang Peternakan
Di Indonesia banyak aktivitas peternakan dikelola masyarakat atau badan usaha. Aktivitas tersebut berupa peternakan unggas, peternakan hewan kecil, dan peternakan hewan besar. Beragamnya aktivitas ini menyediakan hasil ternak melimpah. Selanjutnya, hasil ternak dapat dikonsumsi oleh masyarakat.
 Jenis hewan yang dibudidayakan sebagai berikut.
a. Peternakan unggas, meliputi ayam, itik, burung, dan angsa.
b. Peternakan hewan kecil, meliputi kelinci, kambing, dan domba.
c. Peternakan hewan besar, meliputi sapi, kerbau, dan kuda.
Hasil peternakan tersebut meliputi telur, daging, kulit, susu, dan bulu. Tidak  hanya untuk dikonsumsi masyarakat, hasil ternak juga dapat diolah menjadi  berbagai kerajinan. Kerajinan dari hasil peternakan misalnya tas, sepatu, sandal, jaket, sarung tangan, dan kok (bola bulutangkis).

3. Aktivitas ekonomi di Bidang Peternakan
Aktivitas perikanan dikelompokkan menjadi perikanan tangkap dan perikanan budi daya. Aktivitas perikanan tangkap dilakukan oleh nelayan dengan cara menangkap ikan di laut. Dahulu nelayan mengandalkan angin untuk menggerakkan perahu. Nelayan memanfaatkan angin darat untuk pergi melaut dan angin laut untuk kembali ke daratan. Kini nelayan sudah
menggunakan mesin penggerak kapal (motor) untuk menggerakkan perahu.
Aktivitas perikanan budi daya dilakukan di darat atau di perairan payau. Budi daya ikan di darat dilakukan di kolam, sungai, sawah (mina padi), waduk (bendungan), atau danau. Contohnya budi daya ikan lele, mas, nila, dan mujair. Budi daya ikan di perairan payau dilakukan di tambak di pesisir pantai.

4. Aktivitas Ekonomi di Bidang kehutanan
Kawasan hutan Indonesia mengandung keragaman sumber daya hayati. Belum lagi potensi
hasil hutan yang terdiri atas hasil hutan kayu dan hasil hutan nonkayu   (misalnya: kina, karet, damar, dan sagu). Potensi ini menjadikan Indonesia sebagai negara pengekspor kayu. Bagi Indonesia, hasil ekspor kayu menjadi salah satu sumber pendapatan negara. 

Tidak hanya memberikan manfaat ekonomis, hutan juga memiliki fungsi lain. Adapun fungsi hutan yaitu sebagai penyimpan cadangan air tanah, penyeimbang iklim, serta tempat habitat flora dan fauna. Bahkan, kawasan hutan juga dimanfaatkan untuk objek wisata.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 7 subtema 3 Indahnya persatuan dan kesatuan negeriku muatan pelajaran SBDP

Karya montase, kolase, aplikasi, dan mozaik merupakan karya seni rupa. Keempat jenis karya tersebut dibuat dengan teknik tempel. Bahanbahan yang ditempelkan beragam. 

Montase dibuat dengan menempelkan gambar-gambar yang sudah jadi. Gambar-gambar itu dapat diambil dari majalah bekas, surat kabar, atau media lainnya. Gambar-gambar itu kemudian disusun ulang membentuk gambar adegan baru sesuai yang kita inginkan.

Karya kolase dibuat menggunakan paduan aneka bahan (misalnya kertas, kain, kayu).  Aneka bahan itu ditempelkan pada permukaan gambar.

Mozaik dibuat dengan menempelkan potongan-potongan bahan. Dibandingkan kolase, potongan-potongan bahan yang ditempelkan lebih kecil. Bahan yang digunakan sejenis, misalnya kertas saja, kaca saja, atau keramik saja. Namun, supaya lebih menarik, digunakan macam-macam warna.

Karya aplikasi dibuat dengan menempelkan suatu bentuk dari bahan tertentu. Karya aplikasi banyak diterapkan pada kerajinan kain.

Semoga rangkuman materi kelas 4 tema 7 subtema 3 Indahnya persatuan dan kesatuan di negeriku dapat bermain bagi Bapak/Ibu guru dan juga adik-adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar untuk kemajuan website kami. 




1 Komentar untuk "Rangkuman Kelas 4 tema 7 subtema 3"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel