Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 7 Subtema 1

 Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 7 Subtema 1 Peristiwa kebangsaan masa penjajahan

 Rangkuman materi kelas 5 tema 7 subtema 1 Peristiwa Kebangsaan masa penjajahan. Rangkuman materi ini kelas 5 tema 7 Peristiwa dalam kehidupan. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 7 kurikulum 2013 dengan judul “Peristiwa dalam Kehidupan”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 7 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman materi Tematik kelas 5 tema 7 Subtema 1
Tambahkan teks


Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 7 Subtema 1 Muatan pelajaran IPA

Benda-benda yang ada disekitar  digolongkan menjadi tiga, yaitu benda padat, cair dan gas. Benda padat dapat diubah ke bentuk lain dengan beberapa perlakuan sperti diberi panas, diberi tekanan tinggi, atau diberi perlakuan Fisik seperti menggunting, menekan, melipat atau menyobek. 

Wujud benda cair. Benda-benda cair dapat ditemui dengan mudah di sekitarmu.  Air merupakan zat penting dalam kehidupan makhluk hidup yang berwujud cair.  Benda cair yang ada di rumahmu biasanya berada dalam sebuah wadah seperi bak kamar mandi, baskom, gelas, atau ketel air.  Perhatikanlah bahwa ketika benda cair itu dipindahkan, ia akan berubah mengikuti wadahnya.  Jika wadahnya berlubang, benda cair itu akan segera mengalir ke luar dari wadahnya.  Jika kamu melihat sungai atau air terjun, air yang ada di dalam badan sungai akan mengalir dari tepat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Benda cair juga dapat merambat melalui serat-serat halus dari bahan seperti bahan kain. Benda cair mengisi rongga kecil atau pori-pori bahan tersebut.  

Wujud benda gas. Manusia dapat memasukkan dan mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya pada saat bernapas.  Manusia menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida.  Dengan cara meniup, kamu dapat membuat sebuah balon mengembang. Dengan meniup, kamu juga dapat menggerakkan selembar kertas di tanganmu. Kamu dapat mencium bau napasmu sendiri.  Kamu pun dapat mencium bau-bau lainnya yang berupa gas.  Dengan memahami sifat gas, manusia menciptakan parfum atau minyak wangi untuk menyebarkan bau dari gas yang dikeluarkan dari wadah parfum tersebut.  


Perubahan wujud  suatu benda yang terjadi antara lain adalah peristiwa membeku, mencair, menguap, mengembun, atau menyublim. 

Membeku merupakan perubahan wujud benda cair menjadi benda padat. Perubahan ini terjadi karena suhu di lingkungan menjadi dingin. Benda cair akan membeku jika suhunya di bawah 0°C. Perubahan air menjadi es merupakan salah satu peristiwa yang sering dijumpai sehari-hari. 

Mencair merupakan perubahan wujud benda padat menjadi benda cair akibat suhu yang panas.  Beberapa peristiwa di sekitarmu mudah kamu temui untuk menunjukkan peristiwa ini. Salah satunya ialah es mencair. 

Menguap merupakan perubahan wujud benda cair menjadi benda gas. Peristiwa ini mudah dijumpai ketika ada kegiatan masak-memasak.  Pada saat air dipanaskan di atas api kompor, dalam beberapa saat, air akan mendidih. Peristiwa mendidih adalah contoh terjadinya penguapan atau perubahan dari benda cair ke gas dan pada saat yang sama, terjadi pengurangan volume air.

Mengembun dalah peristiwa perubahan wujud gas menajdi cair. Peristiwa ini merupakan kebalikan dari peristiwa menguap.Pada waktu gas mengembun, gas melepaskan kalor karena terjadi penurunan suhu
di sekitarnya. Peristiwa sehari-hari yang mudah kamu jumpai antara lain peristiwa pengembunan yang terjadi di pagi hari.  Meskipun pada malam sebelumnya tidak terjadi hujan, tetapi pada pagi hari, terdapat tetesan air pada tanaman yang berada di luar.  Kamu juga dapat menjumpai beberapa tempat terasa lembap oleh air. Peristiwa mengembun ini terjadi karena uap air dalam udara menyentuh permukaan seperti permukaan daun atau permukaan yang lainnya.

Menyublim merupakan peristiwa berubahnya wujud zat padat menjadi gas. Mengkristal adalah perubahan wujud gas menjadi padat. Peristiwa “lenyapnya” kapur barus yang diletakkan di dalam lemari sering dijadikan contoh peristiwa menyublim. Contoh peristiwa ini terjadi pada saat uap
iodium yang  mengkristal menjadi padatan pada saat didinginkan pada suhu tertentu.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 7 Subtema 1 Muatan pelajaran PPkn

Keragaman Sosial Budaya di Indonesia

Budaya merupakan segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi manusia. 

Adapun wujud budaya, yaitu:

 • gagasan atau ide, misalnya kepercayaan;

 •  tindakan, misalnya upacara adat dan seni pertunjukan; serta

 •  benda, misalnya pakaian adat dan senjata tradisional.

Selain sebagai identitas, kebudayaan juga sebagai kepribadian suatu

bangsa. Negara kita mengembangkan kebudayaan daerah dalam rmemperkaya kebudayan nasional. Hubungan antara keduanya serat karena kebudayaan nasional bersumber dari kebudayaan daerKebudayaan nasional lahir sebagai hasil usaha akal budi atau pikirseluruh bangsa Indonesia yang terdiri atas beragam ras dan suku.

Faktor Penyebab Keragaman Bangsa Indonesia

Indonesia merupakan negara kesatuan yang masyarakatnya majemuk. 

Bangsa Indonesia terdiri atas beberapa suku bangsa yang menyebar darSabang (ujung Sumatra Utara) sampai Merauke (ujung Papua).   

Syukur adalah ucapan yang tepat atas keberagaman sosial budaya bangsa kita. 

Melestarikan adalah tindakan yang tepat ketika menyaksikan kebudayaankebudayaan dari berbagai Suku bangsa di Indonesia. Adapun Kerukunan merupakan cita-cita yang harus diwujudkan ketika melihat berbagai perbedaan  suku bangsa yang ada di Indonesia.

Dalam sikap saling menghargai keberagaman sosial budaya, kita dilarang membeda-bedakan. Kita dilarang menganggap bahwa suku bangsa kita sendiri lebih tinggi dibandingkan dengan suku bangsa lain. Kita juga dilarang merendahkan budaya dari suku bangsa lain. Pada dasarnya, kebudayaan daerah menyumbang bagi kekayaan budaya nasional. Akan lebih membanggakan lagi jika kita tidak hanya mengenal budaya dari suku bangsa lain, tetapi juga mengerti maknanya dan turut melestarikannya.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 7 Subtema 1 Muatan pelajaran IPS

Bangsa kita mengalami penjajahan cukup lama.  Selama masa penjajahan, bangsa kita mengalami penderitaan akibat adanya penindasan. Pada masa pemerintahan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, datanglah orang-orang Eropa yang mengadakan pelayaran samudra. Kedatangan orang orang Eropa di Nusantara mula-mula disambut baik oleh bangsa Indonesia. Namun,  ketika orang-orang Eropa itu berusaha menguasai Nusantara, mereka mendapatreaksi kerasberupa perlawanan perlawanan di berbagai daerah.


Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat 

Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.


Faktor-faktor pendorong penjelajahan samudra antara lain sebagai berikut. 

a. Adanya keinginan mencari   kekayaan (gold) 

Kekayaan yang mereka cari terutama adalah rempah-rempah. Sekitar abad XV di Eropa, harga rempah-rempah sangat mahal. Harga rempah-rempah semahal emas (gold). Mereka sangat

membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak. 

b.  Adanya keinginan menyebarkan  agama (gospel) 

Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan, bangsa Eropa juga membawa

misi khusus. Misi khusus tersebut adalah menyebarkan agama kepada penduduk daerah yang dikuasainya. Tugas mereka ini dianggap sebagai tugas suci yang harus dilaksanakan ke seluruh dunia dan dipelopori oleh  bangsa Portugis. 

c.   Adanya keinginan mencari    kejayaan (glory) 

Di Eropa, ada suatu anggapan bahwa apabila suatu negara mempunyai banyak tanah jajahan, negara

Tersebut termasuk negara yang jaya (glory). Dengan adanya anggapan ini, negaranegara Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyakbanyak nya.

d.  Perkembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi  

Ilmu pengetahuan dan  teknologi berkembang pesat.

Contohnya seperti berikut.

1) Dikembangkannya teknik pembuatan kapal yang dapat digunakan untuk mengarungi samudra luas.

2) Ditemukannya mesiu untuk persenjataan. Senjata dapat digunakan untuk melindungi pelayaran

Dari ancaman bajak laut dan sebagainya.

3) Ditemukannya kompas. 

Kompas digunakan sebagai penunjuk arah sehingga para penjelajah tidak lagi bergantung pada kebiasaan alam. Untuk menentukan arah, biasanya mereka berpedoman pada bintang sehingga jika angkasa tertutup awan, mereka tidak dapat meneruskan pelayarannya. Dengan kompas, mereka bebas berlayar ke arah mana pun tanpa gangguan, baik siang maupun malam.

Sistem tanam paksa adalah menanam tanaman tertentu untuk diserahkan ke kolonial beanda. Sistem ini terjadi pada masa kepemimpinan johanes van den bosch. Sistem tanam pakasa mendapatkan banyak penentangan dari beerbagai pihak diantaranya adalah Douwes dekker atau multatuli.

Berdasarkan ciri-ciri fisiknya, masyarakat Indonesia dapat dibedakan
menjadi 4 (empat) kelompok ras sebagai berikut. 
1) Kelompok ras Papua Melanezoid, terdapat di Papua, Pulau Aru, Pulau Kai. 
2) Kelompok ras Negroid, antara lain orang Semang di Semenanjung
Malaka, orang Mikopsi di Kepulauan Andaman.
3) Kelompok ras Weddoid, antara lain orang Sakai di Siak Riau, orang Kubu di Sumatra Selatan dan Jambi, orang Tomuna di Pulau Muna, orang Enggano di Pulau Enggano, dan orang Mentawai di Kepulauan Mentawai. 
4) Kelompok ras Melayu Mongoloid, yang dibedakan menjadi 2 (dua) golongan. 
a) Ras Proto Melayu (Melayu Tua) antara lain Suku Batak, Suku Toraja, Suku Dayak.
b) Di samping kelompok ras di atas, masyarakat Indonesia juga terdiri atas kelompok warga keturunan China (ras Mongoloid), warga keturunan Arab, Pakistan, India, ras Kaukasoid, dan sebagainya yang hidup berdampingan membaur menjadi warga negara Indonesia. Masyarakat Indonesia tidak mengenal superioritas suatu ras dan tidak menganut paham rasialisme.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 7 Subtema 1 Muatan pelajaran SBDP

Lagu wajib adalah lagu yang wajib dipelajari oleh siswa dalam rangka menanamkan rasa cinta tanah air, menghargai jasa pahlawan, dan membakar semangat perjuangan agar selalu menyala.
Ciri-ciri lagu wajib antara lain sebagai berikut.
1. Lirik lagu wajib bertujuan untuk menanamkan sikap cinta tanah air,  kepahlawanan, nasionalisme, serta rela berkorban demi bangsa dan negara.
2.  Biasanya, lagu wajib menggunakan irama yang penuh semangat dan atau berupa himne.
3. Lagu-lagu wajib diajarkan, dipelajari, dan dihayati sesuai dengan maksud dan tujuan yang terkandung di dalamnya

Semoga ringkasan ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 7 Subtema 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel