Rangkuman Kelas 5 tema 6 Subtema 2

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 Subtema 2 Perpindahan Kalor disekitar kita  


Rangkuman-kelas-5-tema-6-Subtema-2-

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 2 Perpindahan kalor disekitar kita. Rangkuman materi ini kelas 5 tema 6 panas dan perpindahannya kami. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuklebih mudah memahami materi tematik tema 6 kurikulum 2013 dengan judul “Panas dan perpindahannya”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 6 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 1  Suhu dan kalor. Dan selanjutnya kami juga akan memposting rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 2  Perpindahan kalor disekitar kita, Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 3 pengaruh kalor dalam kehidupan.

 Rangkuman kelas 5 tema 6 Subtema 2 mutan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Panas dapat berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Panas dapat berpindah secara Konduksi, Konveksi, dan radiasi. Konduksi adalah cara perpindahan panas melalui zat perantara sperti benda padat. Contoh Konduksi adalah panci logam yang panas karena diletakkan diatas kompor yang berapi. Konveksi adalah perpindahan panas yang disertai dengan bagian zat perantara nya. Misalnya, Air dalam panci yang dipanaskan hingga mendidih. Sedangkan radiasi adalah cara perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantara. Peristiwa radiasi yang terjadi sehari-hari adalah sinar matahari yang sampai kebumi dan menghangatkan udara serta mahluk hidup di bumi. 

Perpindahan kalor secara konduksi umumnya terjadi pada zat padat. Diibaratkan memindahkan buku secara estafet yang dilakukan siswa d dengan teman-temannya. contoh lainnya adalah saat membuat teh dan memegang salah satu ujung sendok yang dimasukkan kedalam air panas, peristiwa lainnya pada saat kita memasak. Strika listrik merupakan salah satu alat yang menggunakan prinsip kerja secara konduksi.

Perpindahan kalor secara konveksi ialah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan zat perantaranya. Umumnya peristiwa konveksi terjadi pada zat cair dan gas. Perpindahan secara konveksi terjadi pada saat merebus air. Terjadinya angin darat dan angin laut merupakan peristiwa konveksi. Angin darat terjadi karena udara didarat pada malam hari lebih cepat dingin dari udara dilaut, sehingga udara di laut akan naik dan udara di darat akan menggantikan posisi yang ada dilaut. Angin laut terjadi karena pada siang hari daratan lebih cepat panas dibandingkan dilaut, sehingga udara di darat akan naik dan udara dari laut akan mengalir ke darat menggantikan tempat udara yang naik tadi. 

Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinamakan radiasi. contoh dari radiasi adalah pada saat kita berada di dekat api unggun kita akan merasakan panas saat berada di dekat api unggun.  Warna hitam adalah penyerap kalor yang baik. 


Rangkuman materi kelas 5 tema 6 Subtema 2 Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Kehidupan nelayan pemburu paus. Desa lamalera yang berada di Nusa Tenggara timur merupakan salah satu desa nelayan tradisional yang menjadikan laut sebagai ladang kehidupan mereka. Masyarakat nelayan desa lamalera memiliki tradisi berburu paus yang telah diturunkan bertahun-tahun oleh nenek moyang mereka. untuk berburu paus, para nelayan melakukan pemantauan dari bibir pantai dan dari atas bukit. Jika mereka melihat paus, mereka akan berteriak "baleo" yang berarti paus. Daging dan minyak paus yang berhasil di tangkap kemudian akan dibagi keseluruh  mayarakat desa. 

Kegiatan pelelangan ikan merupakan sebuah kegiatan pertemuan antara para nelayan penangkap ikan sebagai penjual ikan  dengan para pembeli, yang biasanya adalah pedagang ikan. Kegiatan pelelangan ikan ini hanya dilakukan beberapa jam saja. Juru lelang yang akan memulai proses jula beli. Tempat pelelangan ikan biasanya terdapat didaerh pelabuhan. 

Rankuman materi kelas 5 tema 6 Subtema 2 Muatan pelajaran PPKN

Beberapa contoh Kewajiban warga  negara Indonesia

1. Membayar pajak

2. Menjunjung tinggi dasar negara, hukum, dan pemerintahan 

3. Berperan serta dalam usaha pembelaan negara

4. Menghormati hak asasi orang lain 

5. Turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa dan negara

 6. Mengikuti pendidikan dasar.


Beberapa contoh hak sebagai warga negara Indonesia berdasarkan Undang-undang 

1. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan didalam pemerintahan ( Pasal 27 ayat 1 )

2. Berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak ( Pasal 27 ayat 2 )

3.  Setiap warga negara berhak untuk berserikat dan berkumpul dan mengeluarkan pendapat

4. Bebas memilih agama dan kepercayaan ( pasal 29 ayat 2 )

5. Setiap warga negar berhak atas usahan pembelaan negara

6. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajran

7. setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah NKRI


Rangkuman  materi Kelas 5 tema 6 Subtema 2 Muatan pelajaran Bahasa Indonesia

Teks Eksplanasi adalah teks yang menjelaskan sebab akibat suatu peristiwa. Teks ekspalanasi berisi fakta tentang peristiwa yang terjadi. Tujuannya adalah memaparkan proses dan sebabterjadinya suatu peristiwa.

Kata kunci adalah kata-kata yang dianggap penting dalam suatu bacaan.

Media cetak merupakan salah satu media penyampai informasi bagi pembaca. Contoh media cetak adalah koran, Buku, majalah. Selain melalui media cetak kita juga dapat memperoleh informasi dari iklan. Banyak sekali macam macam iklan diantaranya Iklan layanan masyarakat. Papan iklan layanan masyarakat merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media cetak.

Rangkuman  materi kelas 5 Tema 6 Subtema 2. 

Pola lantai dalam seni tari merupakan garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari. Dalam tarian terdapat dua pola garis dasar pada  lantai yaitu garis lurus dan garis lengkung. Pola lantai garis lurus terdiri atas pola lantai Horizontal, Vertikal, dan Diagonal. Pengembangan pola lantai garis lurus dapat berupa ig-zag, Segitiga, Segi empat dan Segi lima. 

Semoga rangkuman ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Kelas 5 tema 6 Subtema 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel