Rangkuman Materi Tema 4 kelas 5 IPA

Materi tematik kelas 5 tema 4


RANGKUMAN MATERI   KELAS 5 TEMA 4 muatan IPA  Resume ini mencakup seluruh materi muatan pelajaran IPA yang ada pada buku siswa kelas 5 tema 4 Sehat Itu Penting

Manfaat adanya Rangkuman Materi muatan pelajaran IPA kelas 5 tema 4 kurikulum 2013 Hasil Revisi terbaru ini dapat dijadikan sumber belajar bagi peserta didik dalam belajar sehari-hari, Maupun sebagai referensi dalam menghadapi Ujian Tengah Semester maupun Penilaian Akhir Semester.

Mengalirnya darah di dalam tubuh disebut sistem peredaran darah. 

Sistem peredaran darah dalam tubuh ada dua, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. 

Sistem  peredaran darah kecil, yaitu darah mengalir dari bilik kanan menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis. Dalam paru-paru terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung karbon dioksida (CO2) dengan darah yang banyak mengandung oksigen (O2). Darah yang banyak mengandung O2 kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Sistem peredaran darah kecil sebagai berikut.

BILIK KANANARTERI PULMONALISPARU-PARUVENA PULMONALISSERAMBI KIRI

Sistem peredaran darah besar, yaitu darah yang banyak mengandung oksigen mengalir dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh (kecuali paruparu) melalui arteribesar(aorta). Selanjutnya, terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung oksigen dengan darah yang banyak mengandung karbon dioksida di seluruh tubuh. Darah yang banyak mengandung karbon dioksida kembali ke jantung melalui vena ke serambi kanan. Sistem peredaran darah besar adalah sebagai berikut.

BILIK  KIRI – AORTA - ARTERI – SELURUH TUBUH – VENA – SERAMBI KANAN  

Fungsi atau peranan organ peredaran darah pada Manusia


Manfaat lainnya dari Rangkuman Materi Tema 4 Kelas 5  Muatan pelajaran IPA  ini adalah sebagai referensi untuk pembuatan kisi-kisi soal, pembuatan soal ujian tengah semester ataupun Penilaian Akhir Semester


Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Materi Tema 4 kelas 5 IPA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel