Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 60

Kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 60 Bab 2

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPA SMP kelas VII halaman 60  Bab II merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPA Kelas 7 SMP/MTs Bab 2 Zat dan perubahannya semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbagai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 60 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian, soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 60 Kurikulum Merdeka

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Salinlah bagan berikut ini dalam buku catatan kalian, kemudian lengkapi dengan gambar partikel-partikel dalam setiap wujud zat di dalam kotak dan tuliskan juga nama setiap perubahan wujud zat pada setiap arah panah.

Jawaban:

Partikel es (padat): gambar partikel berupa lingkaran-lingkaran kecil di dalam kotak dengan jarak yang rapat dan beraturan.

Partikel air (cair): gambar partikel berupa lingkaran-lingkaran kecil di dalam kotak dengan jarak yang agak renggang dan tidak beraturan.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 80, Jenis Kegiatan dan Pesawat Sederhana yang digunakan Sebagai Alat Bantu

Partikel uap (gas): gambar partikel berupa lingkaran-lingkaran kecil di dalam kotak dengan jarak yang lebih renggang dari partikel cair.

Perubahan wujud dari padat menjadi cair adalah mencair, cair ke padat adalah membeku, padat ke gas adalah menyublim, cair ke gas adalah menguap, dan gas ke cair adalah mengembun.


2. Berikut ini adalah data titik leleh beberapa bahan. Jawablah pertanyaan (a) – (d) berdasarkan data tersebut.

Tabel 2.3 Titik Leleh Beberapa Bahan (lihat di buku)


(a) Bahan manakah yang membutuhkan panas yang paling tinggi agar meleleh?

Jawaban: besi yang memiliki titik leleh 1525 derajat C.

(b) Bahan-bahan mana sajakah yang akan mencair pada suhu di bawah titik leleh air?

Jawaban: titik leleh air adalah 0 derajat C. Jadi yang akan mencair pada suhu di bawah titik leleh air adalah minyak zaitun (-20 derajat C) dan air raksa (-39 derajat C)

(c) Suhu rata-rata di daerah Arktik, Kutub Utara adalah –30 derajat Bahan manakah yang tetap berwujud cair apabila ada di daerah Arktik tersebut?

Jawaban: bahan yang tetap berwujud cair adalah air raksa

(d) Suhu rata-rata di planet Venus adalah 432 derajat Bahan-bahan manakah yang wujudnya akan tetap sama dengan wujud pada suhu ruang di bumi? (suhu ruang adalah 25 derajat C)

Jawaban: emas, garam, perak, besi, alumunium, dan kaca.


Demikian Pembaca Kunci Jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 60  Bab 2 buku siswa kelas VII SMP/MTs Kurikulum Merdeka.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.


Posting Komentar untuk " Kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 60 "