Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 89, 90, 91

Kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 89, 90, 91 Bab II

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPA SMP kelas VII halaman 89, 90, 91  Bab 2 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPA Kelas 7 SMP/MTs Bab 2 Klasifikasi Mahluk Hidup semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbagai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 89, 90, 91 Bab II Semester 1



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian, soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 89, 90, Uji Kompetensi Bab 2 Semester 1

Uji Kompetensi 2

1. Mengapa ikan, sapi, katak, ayam, dan ular diletakkan pada filum yang sama, tetapi tingkatan spesies tidak sama? Coba jelaskan.

Jawaban :

Karena ikan, sapi, katak, ayam, dan ular memiliki ciri umum yang sama mereka merupakan hewan bertulang belakang sehingga dapat digolongkan ke dalam filum yang sama. Meskipun ciri umum mereka sama tetapi mereka memiliki ciri spesifik yang berbeda sehingga tidak dapat digolongkan kedalam spesies yang sama.

2. Pada sungai yang belum mengalami pencemaran sering ditemukan siput air dan cacing Planaria. Termasuk kelompok apakah kedua hewan tersebut?

Jawaban :

Siput Air termasuk dalam filum Mollusca (hewan bertubuh lunak) sedangkan Planaria termasuk dalam filum Platyhelminthes (Cacing pipih).

3. Perhatikan gambar berikut. Berdasarkan ciri-ciri apakah hewan-hewan tersebut dimasukkan ke dalam kelas serangga? Coba jelaskan.

Jawaban :

Ciri umum serangga adalah :
 
- tubuhnya beruas-ruas dan terbagi menjadi tiga bagian, yaitu kepala-dada-perut
- serangga memiliki tiga pasang kaki yang pangkalnya menyatu
- memiliki sepasang antena serta mata yang majemuk.

Dari kelima gambar tersebut yang termasuk ke dalam kelas serangga adalah Belalang, Kupu-Kupu, dan Capung.

4. Perhatikan gambar berikut.

Cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut. Kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut.

Jawaban :

Persamaan :
- Bertulang belakang (Vertebrata)
- Habitat di Air
- Memiliki alat gerak yang berupa sirip

Perbedaan :
-  Hiu dan Pari adalah hewan berdarah dingin, sedangkan Paus dan lumba-lumba adakah hewan berdarah panas
- Paus dan lumba-lumba berkembangbiak dengan cara melahirkan atau beranak (vivipar), sedangkan Ikan Hiu dan Ikan Pari berkembangbiak dengan cara bertelur dan beranak (ovovivipar)
- Hiu dan Pari bernafas dengan insang, sedangkan Paus dan lumba-lumba bernafas dengan paru-paru

Pengelompokkan:
Ikan Hiu dan Ikan Pari ⇒ Kelompok Pisces
Paus dan lumba-lumba ⇒ Kelompok Mamalia

5. Ida menemukan tumbuhan yang memiliki ciri-ciri tulang daunnya sejajar, berbentuk seperti pohon kelapa, batangnya tidak bercabang, terdapat bangun seperti kerucut. Tumbuhan apakah yang ditemukan Ida? Berikan contoh tumbuhan lainnya yang sekelompok dengan tumbuhan yang ditemukan Ida.

Jawaban :

Berdasarkan dari ciri-ciri diatas maka dapat disimpulkan tumbuhan yang ditemukan Ida adalah tumbuhan Palem.
Contoh tumbuhan lainnya yang sekelompok dengan yang ditemukan Ida yaitu :
- Salak
- Kurma
- Rotan
- Kelapa Sawit

Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 91 Uji Kompetensi Bab 2 Semester 1

1. Mengapa sepeda motor dan mobil mempunyai ciri dapat bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup? Jelaskan jawaban kamu terkait dengan ciri-ciri makhluk hidup.

Jawaban: 

Karena sepeda motor dan mobil tidak memenuhi semua ciri-ciri makhluk hidup seperti bernapas, berkembang biak, maupun tumbuh dan berkembang.

Namun sepeda motor dan kendaraan beroda empat mempunyai ciri dapat bergerak dan mengeluarkan zat sisa sehingga tidak bisa disebut sebagai makhluk hidup.

Mereka yang disebut makhluk hidup itu harus memiliki semua ciri makhluk hidup mulai dari bernapas, bergerak, berkembang biak, membutuhkan makan dan minum, tumbuh dan berkembang, peka terhadap rangsang, dan beradaptasi.

2. a.Sebutkan persamaan bentuk dan perbedaan pola makanan antara ayam dan burung elang.

Jawaban:

Persamaan bentuk pola makanan antara ayam dan burung elang yaitu

Memiliki bentuk yang sama yaitu bentuk paruh, sayap, ekor, dan berkaki dua
Sama-sama menggunakan paruhnya untuk mengambil makanan, kemudan masuk ke kerongkongan, tembolok, lambung, usus halus, usus besar dan sisa makanan dikeluarkan lewat anus.
Tembolok digunakan untuk menyimpan makanan sebelum masuk ke lambung
Memiliki ampel yang berisi kerikil atau batuan untuk memecahkan makanan

Perbedaan pola makanan antara ayam dan burung elang yaitu pada jenis makanannya, ayam memakan biji bijian, sedangkan burung elang memakan daging.

b.Carilah hewan-hewan lain yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan ayam dan elang.


Kunci Jawaban: Hewan-hewan lain yang mempunyai ciri-ciri yang sama dengan ayam yaitu bebek, angsa, gagak, burung dara, burung puyuh, dan kalkun.

3. Jika kamu perhatikan, rumah rayap dari hari ke hari terus bertambah besar. Dari peristiwa ini, apakah rumah rayap tersebut disebut hidup? Jelaskan alasannya.

Jawaban: 

Rumah rayap tidak hidup, karena meskipun semakin bertambah besar, namun rumah rayap tidak memiliki ciri-ciri makluk hidup yang lain seperti bernapas maupun bergerak. Rayap hanya membangun rumah dari material-material sehingga bertambah besar.

4. Pada suatu hari, kamu menemukan benda yang mempunyai ciri dapat bergerak, tidak dapat bereproduksi, dan bertambah ukurannya. Dari benda yang kamu temukan, termasuk benda tak hidup atau makhluk hidup? Jelaskan alasannya.

Jawaban: 

Benda tersebut bukan merupakan makhluk hidup, karena benda yang disebut makluk hidup memiliki ciri bergerak sekaligus dapat bereproduksi atau berkembang biak.

Demikian Pembaca Kunci Jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 89, 90, 91  Bab 2 buku siswa kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.


Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 89, 90, 91"