Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban Pkn Kelas 8 Halaman 5

Kunci jawaban Pkn Kelas 8 Halaman 5 Aktivitas 1.1 Bab 3

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PKN Kelas 8 Halaman 5 Bab 1 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PKN Kelas 8 SMP/MTs Bab 1 Memahami kedudukan dan fungsi pancasila semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri.

Kunci jawaban Pkn Kelas 8 Halaman 5  Aktivitas 1.1



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VIII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Refernsi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban Pkn Kelas 8 Halaman 5 Aktivitas 1.1 Semester 1

1. Buatlah resume tentang arti kedudukan dan fungsi Pancasila!

Jawaban : 

Secara umum, fungsi dan peranan Pancasila menurut Tap MPR No. III/MPR/2000 tentang Sumber Hukum Nasional dan Tata Urutan Perundangan dinyatakan bahwa Pancasila berfungsi sebagai dasar negara.

Hal ini mengandung maksud bahwa Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan negara, yang meliputi bidang idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. fungsi dan peranan Pancasila sebelumnya telah kita kenal sebagai berikut.   

1) Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia.

2) Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia.

3) Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum.

4) Pancasila sebagai perjanjian luhur.

5) Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia

6) Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

7) Pancasila sebagai moral pembangunan

2. Jawablah pertanyaan berikut ini!

a. Apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia?

Jawaban:

Pancasila sebagai dasar negara dibentuk setelah menyerap berbagai pandangan yang berkembang secara demokratis dari para anggota BPUPKI dan PPKI sebagai pendiri negara Indonesia merdeka.

Apabila dasar negara Pancasila dihubungkan dengan cita-cita negara dan tujuan negara, jadilah Pancasila ideologi negara.

Sejak disahkan secara konstitusional pada 18 Agustus 1945, Pancasila dapat dikatakan sebagai dasar negara, pandangan hidup, ideologi negara dan ligatur (pemersatu) dalam perikehidupan kebangsaan dan kenegaraan Indonesia..

b. Apa fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia?

Jawaban :

Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan negara, yang meliputi bidang idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan

Fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia adalah juga sebagai falsafah hidup yang mengarahkan kita dalam menjalani hidup sehari-hari.


c. Siapakah the Founding Fathers yang merumuskan Pancasila?

Jawaban :

Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Soepomo, Mr M. Yamin.


d. Seperti apakah fungsi Pancasila bagi kehidupan bernegara?

Jawaban :

Bagi kehidupan negara, Pancasila berfungsi sebagai landasan bagi pemerintah dalam menjalankan administrasi pemerintahan, serta sebagai sumber hukum bagi hukum lainnya, dan hukum tertinggi.

Demikian Pembaca Kunci Jawaban PKN kelas VIII Halaman 5  Bab 1 buku siswa Kelas 8 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Pkn Kelas 8 Halaman 5 "