Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 65

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Halaman 65 Bab 3

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII  Halaman 65  Bab II  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Bab 3 Teks Eksposisi dalam media massa semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 65  Kegiatan 3.2



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VIII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Halaman 65 Kegiatan 3.2

Kegiatan 3.2 Semester 1

A. Teks manakah yang merupakan bagian dari teks eksposisi? Diskusikan pula alasan-alasannya!

1. Setelah dituang dari tabung bambu, cairan manis (nira) tersebut disaring; ditampung dalam tempayan lalu direbus sampai mendidih. Dalam waktu lebih kurang dua jam, cairan tersebut akan mengental dan berwarna cokelat. Selanjutnya, diturunkan dan diaduk dengan posisi miring agar menjadi dingin. Lebih kurang dua puluh menit, cairan gula merah tersebut siap dicetak, sesuai dengan bentuk yang diinginkan.  

2. Ada dua macam sarana pendidikan, yaitu pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Pendidikan formal memiliki standar kurikulum yang sudah ditentukan oleh Pemerintah, seperti SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan sejenisnya. Pendidikan nonformal yang lebih dikenal dengan pendidikan luar sekolah, seperti kursus-kursus, biasanya menyusun kurikulum sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan lembaga yang bersangkutan.

3. Pada momentum Hari Pahlawan ini kami mengimbau para pejabat di jajaran pemerintahan, termasuk BUMN/BUMD, pimpinan DPR dan MPR, serta seluruh anggota dewan agar kembali ke ftrah. Ingatlah perjuangan dan cita-cita para pahlawan kusuma bangsa. Mari, kita berjuang untuk memakmurkan rakyat. Untuk itu, bekerjalah dengan keras, profesional, dan bertanggung jawab.  

4. Dua hari berturut-turut hujan deras mengguyur Ibu Kota Jakarta. Saluran air di mana-mana tidak lancar. Penduduk yang tidak bertanggung jawab membuang sampah di sungai-sungai. Sampah-sampah memenuhi sungai-sungai sehingga tersumbat. Resapan air di daerah yang telah ditentukan kini telah berubah fungsinya sebagai tempat hiburan. Gedung-gedung berdiri kukuh di sana.  

5. Salah satu penyebab terjadinya unjuk rasa karena ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan berbagai aturan. Para pengunjuk rasa tidak dapat melampiaskan rasa ketidakpuasan itu. Tekanan amarah yang tersalurkan akhirnya menjadi amuk massa. Hal-hal tersebut mengakibatkan berbagai unjuk rasa sering berujung pada anarkisme masa jika aspirasi mereka tidak tersalurkan. Mereka ingin reaksi mereka diperhatikan.

Jawaban :

1. Teks ini BUKAN TEKS EKSPOSISI. Teks ini adalah teks prosedur yang mencantumkan langkah-langkah dalam membuat gula merah dari bahan nira.

2. Teks deskripsi karena menjabarkan ciri-ciri dari dua sistem pendidikan di Indonesia yaitu pendidikan formal dan nonformal.

3. Meski teks ini termasuk dalam pidato, tetapi BUKAN TEKS EKSPOSISI. Karena tidak terdapat permasalahan yang dilengkapi dengan argumen.

4. Teks eksposisi karena menjabarkan ilmu pengetahuan tentang penyebab banjir disertai argumen tentang perilaku masyarakat Ibu Kota.

5. Teks ini termasuk TEKS EKSPOSISI. Karena permasalahan yang diangkat adalah terjadinya unjuk rasa, dengan argumen ketidakpercayaan terhadap  pelaksanaan berbagai aturan.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Halaman 66 Kegiatan 3.2

B. Buktikanlah bahwa kedua teks di bawah ini bagian dari eksposisi. Tunjukkan gagasan umum, pendapat, dan fakta (jika ada) yang ada di dalam bagian teks tersebut!

Teks 1

Sayangnya, tidak banyak putra-putri bangsa Indonesia yang bisa diteladani karena prestasinya. Lebih banyak yang mementingkan diri sendiri dan golongannya saat sudah berkuasa. Hal itu terlihat sekali dalam jajaran pemerintahan (birokrasi), legislatif, dan yudikatif. Mereka benar-benar memanfaatkan peluang yang ada untuk memperkaya diri. Sementara itu, rakyat yang membutuhkan perhatian malah diabaikan.

Jawaban : 

1. Ide pokok: Tidak banyak putra putri Indonesia yang dapat diteladani karena prestasinya.
Gagasan: Lebih banyak yang mementingkan diri sendiri dan golongannya saat sudah berkuasa. Mereka benar-benar memanfaatkan peluang yang ada untuk memperkaya diri. Sementara itu, rakyat yang membutuhkan perhatian malah diabaikan.
Fakta :  Hal itu terlihat sekali dalam jajaran pemerintahan (birokrasi), legislatif, dan yudikatif.

Teks 2

Kerja sama kepala sekolah dan guru-guru sekolahku amat baik. Kondisi ini membuat hubungan siswa dan guru juga terjalin harmonis. Guru mata pelajaran, seperti guru agama, bahasa Indonesia, dan olahraga, dapat melaksanakan pembelajaran yang bermutu. Siswa pun dapat belajar dengan aktif dan penuh prestasi.

Jawaban : 

2. Ide pokok : Kerja sama kepala sekolah dan guru-guru sekolahku amat baik.
gagasan trdapat pada awal paragraf sampai berbagai aturan. fakta terdapat pada ‘peristiwa tersebut.. sampai ‘reaksinya diperhatikan’

Demikian Pembaca Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Halaman 65 Bab 3 buku siswa Kelas 8 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 65 "