Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PPKN kelas 10 halaman 225

Kunci jawaban PPKN SMA Kelas 10 halaman 225 Refleksi Bab 7 

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMA kelas X Halaman 225 Refleksi Bab 7 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN kelas 10 SMA Bab 7  Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PPKN kelas 10 halaman 225 Semester 2



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas X SMA/SMK dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PPKN  Kelas 10 halaman 225 Refleksi Bab 7 Semester 2

Setelah kalian mempelajari materi Wawasan Nusantara dalam Negara Kesatuan  Republik Indonesi (NKRI), tentunya kalian semakin paham akan pentingnya Wawasan Nusantara bagi kehidupan. Oleh karena itu, kesadaran tersebut harus senantiasa dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. Coba kalian renungkan perjalanan para pejuang pahlawan sebelum kemerdekaan, seperti Pangeran Diponegoro, Sultan Hasanuddin, Sultan Ageng Tirtayasa, Cut Nyak Dien, Teuku Umar, Ibu Dewi Sartika, Ibu RA. Kartini, dan masih banyak lagi. Kemudian, 

Jawablah pertanyaan- pertanyaan di bawah ini.

1. Bagaimanakah keadaan negara Indonesia pada saat zaman kerajaan?

Jawaban :
Keadaan Indonesia pada zaman kerajaan masih bersifat kedaerahan dan ingin saling menguasai wilayah sebanyak-sebanyaknya untuk dijadikan daerah kekuasaan kerajaan tersebut. Kondisi perekenomiannya pun masih terfokus pada sektor perdagangan, pertanian, dan peternakan.

2. Mengapa semua raja atau tokoh masyarakat menolak dan melawan untuk dijajah, padahal belum ada alat komunikasi untuk bersama-sama melawan penjajah?

Jawaban : 

Karena para raja atau tokoh masyarakat merasa dirugikan oleh penjajah meskipun pada saat itu belum ada alat komunikasi tetapi pada zaman penjajahan sudah banyak gerakan atau organisasi persatuan yang terbentuk untuk melawan penjajah.

3. Nilai-nilai apa saja yang terdapat dalam perjuangan para pahlawan tersebut  yang dapat kalian contoh dan lakukan dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban : 
1. Semangat Nasionalisme dan Patriotisme yang tinggi.
2. Persatuan dan Kesatuan.
3. Kebersamaan dan Tanggung jawab.
4. Cinta Tanah Air.
5. Rela berkorban tanpa pamrih.

4. Apa saja yang telah kalian perbuat sebagai wujud kesadaran kalian sebagai warga negara Indonesia?

Jawaban :
1. Patuh terhadap pancasila dan UUD 1945
2. Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3. Mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia

5. Apa manfaat dan hal-hal yang patut dicontoh tentang kesadaran berbangsa dan bernegara dari para pahlawan nasional?

Jawaban : 
- Berani.
- Rela berkorban
- Tidak takut mati,saat membela yang benar.
- Pantang menyerah.
- Tak pandang lelah.
- Selalu setia kepada negara.
- Tolong menolong

Demikian Pembaca Kunci Jawaban PPKN SMA kelas 10 halaman 1225 Refleksi Bab 7 buku siswa kelas 10 SMA/SMK kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PPKN kelas 10 halaman 225"