Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PPKN kelas 10 halaman 200

Kunci jawaban PPKN SMA Kelas 10 halaman 200 Uji Kompetensi bab 6 

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMA kelas X Halaman  200 Uji Kompetensi bab 6  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN kelas 10 SMA Bab 6 Ancaman Terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PPKN kelas 10 halaman 200 Uji kompetensi bab 6



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas X SMA/SMK dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PPKN Kelas 10 halaman 200 Uji Kompetensi bab 6 Semester 2

Uji Kompetensi Bab 6

1). Pada hakikatnya kebhinekaan bangsa indonesia merupakan rahmat Allah SWT sekaligus merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia. Jelaskan maksud pernyataan tersebut

Jawaban : 
Maksud dari pernyataan diatas adalah bahwa kebhinekaan adalah sesuatu berkah yang diberikan Allah, Tuhan yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia yang harus dikelola dengan baik, karena jika terkelola dgn baik dapat menyimpan potensi yang menguntungkan kesatuan bangsa dan pada akhirnya kemajuan karena rakyat sudah terbiasa hidup dalam suasana keanekaragaman dan bila sudah terbiasa bekerja sama dengan baik di lingkungan yang multikultural dapat memudahkan kerjasama dengan negara lain. Sementara bila tidak dikelola dengan baik, akan memecah belah negara karena adanya fanatisme kesukuan / golongan yang sempit. 

Keberagaman kebudayaan,suku dan ras di Indonesia sangat beragam. keberagaman tersebut membuat Indonesia kaya akan kebudayaan. yang dimaksud tantangan bagi bangsa Indonesia itu, jika ada sekelompok suku yang tidak menjunjung kebhinekaan dan tidak menghargai suku lain akan mengakibatkan perpecahan bagi bangsa indonesia.

2). Jelaskan dan berikan contoh terkait dengan ancaman dibidang militer!

Jawaban : 

Ancaman militer merupakan ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata yang terorganisasi. Ancaman ini dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara , wilayah dan keselamatan bangsa.

contohnya gerakan radikal, seperti DI/TII , PRRI

3). Jelaskan dan berikan contoh bentuk agresi yang bersekala besar yang pernah dialami bangsa indonesia

Jawaban : 

Agresi militer tentunya mengancam keutuhan kedaulatan negara dan wilayahnya karena telah menyerang bangsa lain biasanya diikuti dengan tujuan tertentu untuk menguasai / memberi pengaruh politik tertentu yang menguntungkan pihak agresor. Contoh yang pernah terjadi di Indonesia adalah agresi militer Belanda yang terjadi setelah kemerdekaan. Agresi militer belanda 1 terjadi pada tanggal 21 juni 1947 – 5 agustus 1947 dan agresi militer belanda 2 dimulai tanggal 19 desember 1948

4). Jelaskan hubungan ancaman non militer dengan pengaruh globalisasi

Jawaban :

Ancaman non militer atau ancaman non militer tidak menggunakan senjata maka memanfaatkan globalisasi yang sedang berkembang pesat saat ini. karena globalisasi ancaman non militer dapat dengan mudah masuk ke nagara kita , seperti melalui internet.

Globalisasi yang kental dengan kebudayaan / gaya hidup barat yang tdk selalu sesuai dengan budaya Indonesia serta penggunaan gawai canggih yang umumnya ‘mengisolasi’ pengguna secara tidak langsung dan membuat mereka menjadi lebih individualis. Contoh lainnya cyber crime dan narkoba

5). Pada hakikatnya ancaman dalam kebhinekaan yang berdimensi politik dan bersumber dari dalam negeri dapat berupa pengarahan massa dan separtisme. jelaskan maksud pernyataan tersebut!

Jawaban : 

Ancaman keberagaman dari dalam negeri seperti pengerahan massa dan separatisme umumnya berasal dari ketidakadilan sosial / ekonomi atau rendahnya rasa toleransi dengan sesama yang bisa menimbulkan prasangka buruk dan kecemburuan sosial. Hal ini yang belum sepenuhnya teratasi hingga saat ini bisa mengancam kebhinekaan karena menimbulkan benih fanatisme sempit yang tidak bisa menerima perbedaan dalam masyarakat. Inilah yang bisa memunculkan separatisme karena pandangan tersebut. 

Demikian Pembaca Kunci Jawaban PPKN SMA kelas 10 halaman 200 Uji Kompetensi bab 6 buku siswa kelas 10 SMA/SMK kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PPKN kelas 10 halaman 200"