Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 191, 192

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 8 halaman 191, 192 Uji Kompetensi Bab III

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas VIII halaman 191, 192 Uji Kompetensi Bab III merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS kelas 8 SMP/MTs Bab 3 Keunggulan Dan Keterbatasan Antarruang Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya Di Indonesia  Dan Asean semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 191, 192



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 8 SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Follow juga Instagram kami Heyulita


Kunci jawaban buku IPS smp kelas 9 halaman 191, 192 Essai

B. Esai

Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas!

1. Jelaskan hubungan peran rumah tangga konsumen dan  rumah tangga produsen dengan bagan siklus perekonomian dua sektor!

Jawaban : 2 Garis panah bagian atas menjelaskan bahwa Rumah tangga Produsen memberikan barang/jasa pada konsumen, kemudian sebagai imbalannya Rumah tangga konsumen memberikan sejumlah uang kepada Rumah tangga Produsen. 2 Garis panah bagian bawah menjelaskan Rumah tangga konsumen berperan sebagai penyedia faktor produksi, sedangkan Rumah tangga Produsen berperan sebagai pengguna faktor produksi. Rumah tangga Produsen memberikan imbalan atas faktor produksi yang diberikan oleh Rumah tangga konsumen. Imbalan ini berupa sewa, upah/gaji, bunga, dan keuntungan.

 

2. Jelaskan  tiga peran pemerintah dalam perekonomian!

Jawaban : 3 Peran pemerintah dalam perekonomian yaitu sebagai Pengatur/Regulator, Konsumen, dan Produsen.

1. Pengatur/Regulator = Pemerintah berperan sebagai pengatur perekonomian, sehingga dapat menyejahterakan masyarakat

2. Konsumen = Guna menjalankan fungsinya sebagai regulator, pemerintah otomatis membutuhkan sarana dan prasarana penunjang, yang dibeli dari rumah tangga perusahaan/produsen.

3. Produsen = Dalam menjalankan perannya sebagai produsen, pemerintah memproduksi barang atau jasa.


3. Menurut pendapat kalian, apa langkah yang sebaiknya diambil pemerintah dalam meningkatkan ekonomi maritim?

Jawaban : Mengubah paradigma pembangunan nasional, dari pembangunan berbasis daratan (land-based development) menjadi pembangunan berbasis kelautan (ocean-based development). Hal ini bertujuan guna memacu berbagai produk kebijakan publik, infrastruktur, dan sumber daya finansial yang terintegrasi menunjang pembangunan kelautan.

 Percepatan pengembangan infrastruktur dan ketersambungan maritim, membangun tol laut, pelabuhan laut dalam, logistik, industri perkapalan, diyakini mengurangi inefisiensi ekonomi nasional dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Untuk menyambut ASEAN connectivity Indonesia menyiapkan lima pelabuhan besar yaitu pelabuhan belawan sumut, pelabuhan tangjung priok Jakarta, pelabuhan tanjung perak Surabaya, makasar dan Kalimantan.

Menyiapkan kerangka regulasi negara-negara ASEAN untuk mendukung keharmonisan menjelang pemberlakuan MEA.


4. Menurut pendapat kalian, apa langkah yang sebaiknya diambil pemerintah dalam meningkatkan sektor agrikultur di Indonesia?

Jawaban : Langkah yang sebaiknya ditempuh oleh pemerintah guna meningkatkan sektor agrikultur di Indonesia seperti mengembangkan ekofarming, distribusi pupuk secara merata, perbaikan irigasi, melakukan pembangunan dan perbaikan berbagai sarana pendukung sektor pertanian, serta pembukaan lahan baru sebagai tempat yang dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia.


5. Jelaskan 5 (lima) upaya pemanfaatan laut dalam meningkatkan perekonomian!

Jawaban : a) Pembangunan berbasis kelautan (ocean-based development) guna menunjang pembangunan kelautan.

b) Memacu percepatan pengembangan infrastruktur dan ketersambungan maritim guna mengurangi inefisiensi ekonomi nasional dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

c) Melakukan pembangunan konektivitas maritim guna memberikan jaminan kesatuan ekonomi dan menekan perbedaan harga serta kesenjangan ekonomi antarwilayah.

d) Pemerintah menyiapkan pelabuhan yang besar serta memadai guna menyambut ASEAN Connectivity.

e) Menyiapkan kerangka regulasi yang sesuai dengan semua negara di ASEAN agar didapatkan keharmonisasian regulasi dalam menyambut MEA.

6. Apa yang dimaksud dengan redistribusi pendapatan?

Jawaban : Redistribusi pendapat adalah redistribusi kembali pendapatan masyarakat kelompok kaya kepada masyarakat kelompok miskin berasal dari pajak ataupun pungutan-pungutan lain.

7. Jelaskan 3 (tiga) faktor yang mendorong terjadinya  perdagangan antarnegara!

Jawaban : Tiga faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antar negara yaitu :

a)Memenuhi segala kebutuhan dalam negeri.

b)Keinginan mendapatkan pendapatan negara. yang berlebih.

c)Perbedaan penguasaan kemampunan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengelolah sumber daya ekonomi.


8. Jelaskan  manfaat perdagangan antarpulau!

Jawaban : Manfaat perdagangan antar pulau yaitu :

a) Menyediakan alternatif alat pemuas kebutuhan bagi konsumen.

Manfaat dari perdagangan antardaerah atau antarpulau antara lain menyediakan alternatif alat pemuas kebutuhan bagi konsumen. Perbedaan kandungan alam serta perbedaan produk antardaerah akan menyebabkan barang hasil produknya pun

berbeda. Dengan adanya perdagangan antardaerah atau antarpulau, konsumen dapat menikmati produk yang tidak diproduksi di tempat tinggalnya.

b) Meningkatkan produktivitas

Pemasaran produk yang makin meluas akan menyebabkan permintaan atau pemesanan terhadap produk menjadi meningkat. Hal ini akan mendorong produsen meningkatkan produksi sehingga meningkatkan produktivitas.

c) Memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat

Peningkatan jumlah barang yang diproduksi dalam jumlah besar akan menyebabkan produsen butuh tenaga kerja tambahan, sehingga akan ada lowongan kerja tambahan. Selain itu, perdagangan lintas daerah juga akan memunculkan unit-unit usaha baru, seperti jasa kirim, perluasan transportasi, dan sebagainya.


9. Jelaskan masalah dalam perdagangan antarnegara bagi Indonesia!

Jawaban : Masalah yang sering terjadi dalam perdagangan antarnegara bagi Indonesia yaitu terjadinya pelemahan nilai tukar rupiah. Dimana hal ini terjadi karena Indonesia terlalu banyak melakukan impor namun sedikit melakukan ekspor.

10. Identifikasi keunggulan dan keterbatasan Indonesia dan negara-negara ASEAN!

Jawaban :

Keunggulan Indonesia berada di wilayah Maritim yang kaya akan faunanya serta Agrikulturnya yang begitu luas dan subur. Hanya saja keterbatasan Indonesia yaitu masih kurangnya penguatan perekonomian di bidang kemaritiman dan agrikultur serta Redistribusi Pendapatan Nasional yang belum optimal.

Demikian Pembaca kunci Jawaban IPS SMP kelas VIII halaman 191, 192 Uji Kompetensi Bab III buku siswa kelas 8 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 191, 192"