Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 168-169

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 8 halaman 168- 169 Aktivitas kelompok/Individu Bab III

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas VIII halaman 168-169 Aktivitas kelompok  Bab III merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS kelas 8 SMP/MTs Bab 3 Keunggulan Dan Keterbatasan Antarruang Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya Di Indonesia  Dan Asean semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 168-169 semester 2



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 8 SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Follow juga Instagram kami Heyulita


Kunci jawaban buku IPS smp kelas 9 halaman 168 Aktivitas kelompok

Aktivitas kelompok

1. Kegiatan apa yang dilakukan oleh oran gorang pada kedua gambar tersebut?

Jawaban : Kegiatan yang dilakukan yaitu pada gambar pertama adalah nelayan sedang mengumpulkan hasil tangkapan ikan dan gambar kedua adalah seorang nelayan sedang menjemur ikan.

2. Menurut kalian, apakah kegiatan mereka termasuk dalam kegiatan ekonomi maritim? Berilah penjelasan berikut alasannya!

Jawaban : Tidak, karena kegiatan itu dilakukan di pesisir pantai/laut.

3. Setelah kalian menjawab pertanyaan no. 2, kalian diskusikan dengan teman, apa yang dimaksud dengan ekonomi maritim dan identifikasi beberapa contoh aktivitas yang tergolong dengan ekonomi maritim.

Jawaban : Ekonomi maritim (maritime economy) merupakan kegiatan ekonomi yang mencakup transportasi laut, industri galangan kapal dan perawatannya, pembangunan dan pengoperasian pelabuhan beserta industri dan jasa terkait. Contoh : jasa penyebrangan antarpulau, usaha pembuatan kapal dan servis kapal.

Kunci jawaban buku IPS smp kelas 9 halaman 169 Aktivitas Individu

Aktivitas Individu

1. Nelayan mencari ikan di laut (Termasuk ekonomi kelautan )

Alasan : Karena nelayan merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan di wilayah pesisir dan lautan.


2. Usahapengawetan ikan di Pantai (Termasuk ekonomi kelautan )

Alasan : Usaha pengawetan ikan di pantai merupakan ekonomi kelautan, karena para nelayan atau pengusaha perikanan mulanya mengambil sumber daya alam di laut berupa ikan yang ditangkap, dan kemudian dilakukan pemanfaat perikanan lain, yang salah satunya adalah pengawetan ikan di pantai baik itu pengasinan maupun pembuatan terasi dengan membuatnya dari udang rebon.

3. Usaha budidaya rumput laut (Termasuk ekonomi kelautan )

Alasan : Usaha budidaya rumput lain juga merupakan ekonomi kelautan, petani melakukan penangkapan rumput laut, yang kemudian membuat tambak rumput laut di sekitar pantai atau di kolam buatan.

4. Jasa penyebrangan antar pulau (Termasuk ekonomi Maritim )

Alasan : Jasa penyeberangan antar pulau disebut juga dengan ekonomi maritim. Hal ini dikarenakan bahwa adanya kegiatan navigasi laut, pelayaran niaga pada kegiatan ini, baik itu dalam bentuk angkutan transportasi, kegiatan ekspor impor, transaksi ekonomi maritim berskala nasional dan internasional dan lain sebagainya.

5. Usaha pembuatan kapal dan servis kapal (Termasuk ekonomi Maritim )

Alasan : Usaha pembuatan kapal dan servis kapal disebut juga dengan kegiatan ekonomi maritim. Karena di dalam unsur ekonomi maritim terdapat kegiatan industri dan jasa yang terkait dengan kegiatan ekonomi maritim, wahana atau alat kegiatan maritim itu sendiri. Produksi pembuatan kapal merupakan salah satu sektor industri, yang bermanfaat untuk kegiatan ekonomi maritim bahkan ekonomi kelautan.n ekspor impor, transaksi ekonomi maritim berskala nasional dan internasional dan lain sebagainya.

Demikian Pembaca kunci Jawaban IPS SMP kelas VIII halaman 168-169 Aktivitas kelompok  Bab III buku siswa kelas 8 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 168-169"