Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban tema 9 keas 6 halaman 97, 99, 100, 103, 104

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 tema 9 halaman 97, 99, 100, 103, 104.

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban tema 8 kelas 6 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 6 Tema 9 Menjelajah luar angkasa subtema 2 Benda Angkasa luar dan rahasianya pembelajaran 3 tepatnya berada pada tema 8 halaman 97, 99, 100, 103, 104.

Kunci jawaban tema 9 keas 6 halaman 97, 99, 100, 103, 104



Materi dan Kunci Jawaban Tematik tema 8 halaman 97, 99, 100, 103, 104 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 6 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 97 subtema 2 pembelajaran 3

Ayo Berdiskusi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu akibat dari modernisasi. Perubahan yang terjadi karena modernisasi tampak dari benda-benda berteknologi yang kamu gunakan sehari-hari di rumah. Diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu mengenai alat atau benda apa saja yang merupakan hasil pengembangan teknologi. Misalnya, kamu menggunakan buku dan pensil untuk menulis dan mencatat. Pada zaman dahulu orang menggunakan sebuah papan kecil dan menuliskannya dengan menggunakan kapur atau arang. Namun saat ini kamu juga melihat orang menggunakan alat elektronik untuk mencatat, tidak lagi menggunakan buku dan pena seperti biasanya.

Bersama dengan teman sebangkumu, tentukan kurang lebih lima benda yang ada di sekitarmu. Cari tahu bagaimana alat tersebut telah berkembang hingga saat ini dengan cara membandingkannya dengan alat yang memiliki kegunaan yang sama yang digunakan pada masa lalu

Teknologi sederhana di masa lalu :
Surat

Teknologi modern :
Email (surat elektronik)

Teknologi sederhana di masa lalu :
Telegram

Teknologi modern :
Telepon

Teknologi sederhana di masa lalu :
Pisau, gunting cukur/alat cukur

Teknologi modern :
Alat cukur elektrik

Teknologi sederhana di masa lalu
Alat cuci manual

Teknologi modern :
Mesin cuci

Teknologi sederhana di masa lalu
Gerobak kuda, Gerobak sapi, sepeda

Teknologi modern :
Sepeda motor, Mobil, Pesawat

Apakah yang dapat kamu simpulkan dari hasil diskusimu tersebut?

Jawaban : Perubahan teknologi terjadi salah satunya disebabkan oleh kebutuhan manusia yang semakin beragam dan cepat.

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 99 subtema 2 pembelajaran 3

Ayo Berdiskusi

Lakukan kegiatan berikut ini dengan memperhatikan instruksi yang diberikan. Membuat Ringkasan Dengan menggunakan bacaan di atas dan sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah sebuah ringkasan dalam bentuk yang paling kamu sukai, misalnya berupa peta pikiran, tabel, poster, atau gambar. Ringkasanmu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini:

1. Bagaimana modernisasi memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern.
2. Menjelaskan contoh setiap pengaruh modernisasi yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain bisa didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai.
3. Tulisan dan gambar keseluruhan jelas dan mudah dibaca. Dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik.

Jawaban :

Kunci jawaban tema 9 keas 6 halaman 97, 99, 100, 103, 104



Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 100 subtema 2 pembelajaran 3

Ayo Menulis

Tulislah kesimpulanmu tentang pemahaman yang kamu dapatkan tentang pengaruh modernisasi terhadap budaya masyarakat, terutama masyarakat Indonesia.

Jawaban : Pengaruh modernisasi terhadap perubahan budaya masyarakat Indonesia yaitu perubahan dari cara-cara tradisional ke cara-cara baru yang lebih maju yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu modernisasi juga dapat memberikan dampak negatif, diantaranya yaitu mulai lunturnya budaya dan tradisi asli Indonesia, seperti kesenian daerah, maupun semangat kebersamaan dan gotong royong. Jadi harus ada penyaringan terlebih dahulu terhadap modernisasi yang masuk ke Indonesia.

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 103-104 subtema 2 pembelajaran 3

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 103

Ayo Menulis

Berdasarkan cerita fiksi berkunjung ke Observatorium Bosscha di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri.

A. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian: awal, tengah, dan akhir. Lalu gambarlah peristiwa penting yang menjelaskan isi cerita bagian awal, tengah dan akhir. Berilah keterangan pada setiap gambar yang kamu buat. Gunakan diagram berikut ini.

Jawaban : Silahkan kalian tulis jawaban di bawah ini pada diagram.

1. Judul : Berkunjung Ke Observatorium Boscha

2. Pengarang : Diana Karitas

3. Bagaian Awal : Rombongan siswa kelas VI sekolah Rima mengunjungi Observatorium Boscah di Lembang, Bandung, Jawa Barat.

4. Bagian tengah : Di dalam observatorium mereka mendengan suara seseorang menangis. Ternyata Agatha teman satu sekolah Rima tertinggal dari rombongan.

5. Bagian Akhir : Sambil menunggu Kak Yani menghubungi rombongan. Rima membagi minumannya agar Agatha tenang. Rima bersyukur karena diperingatkan peristiwa ini.

B. Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah yang ingin kamu ubah? Akan seperti apakah cerita di atas jika kamu ubah? Cobalah untuk menuliskannya di tempat yang disediakan berikut ini.

Jawaban : Menurut saya bagian yang akan saya ubah adalah bagian tengah, sehingga jalan ceritanya seperti berikut. Rima yang berada di bagian belakang rombongan mendengar suara anak perempuan menangis. Rima berusaha mencari asal suara tersebut, sehingga tanpa sadar Rima juga ikut terpisah dari rombongannya. Rima memang akhirnya mengetahui suara anak yang menangis tersebut. Ternyata suara tangisan itu adalah suara Agatha yang juga terpisah dari rombongan kelasnya. Rima dan Agatha akhirnya sama-sama terpisah dari rombongan, sehingga kepanikan sempat melanda kedua siswa kelas enam tersebut. Namun Rima tidak larut dalam kepanikan. Segera ia mengajak Agatha untuk mencari petugas observatorium Bosscha dan meminta tolong ke bagian informasi untuk memberitahukan keberadaan mereka kepada rombongan.

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik  halaman 97, 99, 100, 103, 104 kelas 6 tema 9 pembelajaran 3 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban tema 9 keas 6 halaman 97, 99, 100, 103, 104"