Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 98, 99, dan 102

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 tema 8 halaman 98, 99 dan 102

Kunci jawaban tema 8 kelas 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan  pembelajaran 1 tepatnya berada pada tema 8 halaman 98, 99, dan 102

Kunci jawaban, materi, soal-soal kelas 5 tema 8 subtema 3



Materi dan Kunci Jawaban Tematik tema 8 halaman 98, 99, dan 102 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 5 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban tema 8 halaman 98 dan 99 kelas 5 subtema 3

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut dengan berdiskusi bersama kelompokmu

1. Apa syarat-syarat air yang layak kita gunakan sebagai air minum dan untuk memasak? 

Jawaban : 
Air yang layak digunakan sebagai air minum dan untuk memasak harus jernih, tidak berasa, dan tidak berbau.

2. Bagaimana kualitas air yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian? 

Jawaban : 
Untuk mencuci pakaian, air yang digunakan harus jernih serta dapat melarutkan kotoran dan sabun. 

3. Bagaimana kualitas air yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman? 

Jawaban : 
Untuk menyiram tanaman, air yang digunakan sebaiknya tidak mengandung zat kimia berbahaya bagi tanaman, misalnya air detergen. Namun, kita dapat menggunakan air bekas mencuci bahan makanan atau air hujan untuk menyiram tanaman.

Materi kelas 5 tema 8 subtema 3 pembelajaran 1

Ayo Membaca

Air untuk  Kebutuhan Sehari-hari

Bagaimana rasa air laut? Ya, air laut  terasa asin. Jika kamu berenang di  pantai dan terpercik air  laut,  kamu akan mengetahui bahwa air  laut terasa  asin. Sebagian besar (97%) air  yang   menutupi planet bumi ini berupa air  laut. Air laut  tidak bagus untuk diminum. Air laut  juga tidak dapat  digunakan  dalam  kebanyakan industri  dan  keperluan rumah tangga. Untunglah 3%  air  di dunia berupa air  segar, yaitu  air  yang  tidak asin dan dapat digunakan untuk minum, memasak, dan mencuci.

Persyaratan  air   bersih  meliputi tiga  komponen, yaitu   persyaratan secara fisik,  secara  kimia, dan  kandungan  mikroba yang   terdapat  di dalamnya.

1. Persyaratan secara fisik 
a. Tidak keruh
b. Tidak berwarna apa pun 
c. Tidak berasa apa pun
d. Tidak berbau apa pun
e. Suhu antara 10o-25o  C (sejuk)
f.  Tidak meninggalkan endapan

2. Syarat kimiawi

a. Tidak mengandung bahan kimiawi yang  mengandung racun 
b. Tidak mengandung zat-zat kimiawi yang  berlebihan
c.  Cukup  yodium

d.   pH (derajat keasaman) air antara 6,5 – 9,2

3. Syarat mikrobiologi

Tidak  mengandung  kuman-kuman  penyakit seperti disentri, tipus, dan kolera

Masyarakat memerlukan  air  dalam jumlah yang   sangat  besar. Air yang  akan digunakan diambil dari  sungai-sungai terdekat atau sumber- sumber air  lain  seperti sumur. Air dari  sungai dan sumber-sumber air dialirkan dan disimpan dalam tangki penampung  yang   sangat besar. Tangki  penampungan berisi air ditambahkan sejumlah kecil gas chlorine untuk membunuh kuman berbahaya. Selanjutnya, air  dipompa melalui pipa bawah tanah menuju ke  rumah-rumah penduduk. Air inilah yang digunakan untuk keperluan sehari-hari masyarakat.

Sumber air lainnya didapat dari  penggalian tanah. Lubang penggalian ini  dinamakan sumur. Masyarakat membuat sumur sebagai sumber air untuk keperluan sehari-hari. Dahulu, orang menggunakan timba untuk mengambil air  dari  sumur. Namun, sekarang kita  dapat menggunakan pompa air  bertenaga listrik.   Dengan pompa itu  air  dialirkan ke  atas melalui pipa menuju ke  bak  penampung air,  kamar mandi, dapur, dan tempat-tempat lain  di rumah.

Kunci jawaban tema 8 halaman 102 kelas 5 subtema 3 pembelajaran 1

Ayo berdiskusi

Informasi penting apa yang dapat kamu temukan pada Teks " Air untuk kebutuhan sehari-hari? " Tulislah dalam bentuk peta pikiran berikut.

Kunci jawaban tema 8 halaman 102 kelas 5


Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik  halaman 98, 99 dan 102 kelas 5 tema 8 pembelajaran 1 buku siswa kurikulum 2013.


Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 98, 99, dan 102"