Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 6 tema 1 subtema 3

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 1 subtema 3 Ayo selamatkan Hewan dan Tumbuhan sesuai kurikulum 2013 

Rangkuman materi kelas 6 tema 1 subtema 3 Ayo selamatkan hewan dan tumbuhan. Rangkuman materi kelas 6 tema 1  Selamatkan Mahluk hidup. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 1 kurikulum 2013 dengan judul “Selamatkan mahluk hidup”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian ataupun semester. Dan bagi bapak ibu guru Rangkuman materi tema 1 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman materi kelas 6 tma 1



Pada kesempatan lalu  kami telah memposting Rangkuman materi kelas 6 tema 1 subtema 1 Tumbuhan sahabatku, Rangkuman materi kelas 6 tema 1 subtema 2 Hewan sahabatku. Pada Kesempatan ini kami akan Rangkuman materi kelas 6 tema 1 subtema 3 Ayo selamtkan hewan dan tumbuhan

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 1 subtema 3 Ayo selamatkan Hewan dan Tumbuhan Muatan Pelajaran PPKN 

Sikap yang sesuai dengan nilai Pancasila

1. Menghormati teman saat beribadah
2. Membantu teman jatuh dari sepeda
3. Bangga mengenakan batik
4. Tidak memaksakan kehendak saat berdiskusi
5. Menghargai karya orang lain


Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 1 subtema 3 Ayo selamatkan Hewan dan Tumbuhan Muatan Pelajaran Bahasa Indonsia

Kesimpulan yang baik berisikan:

1. pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca,
2. intisari dari tulisan,
3. dimulai dari khusus ke umum,
4. menggunakan kosakata baku,
5. suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata  kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri. 


Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 1 subtema 3 Ayo selamatkan Hewan dan Tumbuhan Muatan Pelajaran IPA

Ayo, Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia

Setiap pulau di Indonesia memiliki hewan yang unik  dan menjadi ciri khas pulau tersebut. Komodo di kepulauan Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu contoh hewan langka yang dilindungi oleh dunia Internasional. Pulau Komodo secara resmi diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Pulau ini menjadi sebuah Taman Nasional yang dikagumi oleh masyarakat dunia.

Taman Nasional banyak terdapat di Indonesia, seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan yang melindungi orangutan. Tujuan dibuatnya Taman Nasional adalah untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang semakin berkurang jumlahnya.

Bertambahnya jumlah penduduk menjadi penyebab utama berkurangnya hutan tempat hidup hewan-hewan tersebut. Pembangunan gedung dan perumahan menjadi penyebab menyingkirnya hewan tersebut dari habitat aslinya. Perburuan liar mengakibatkan hewan tersebut berada di ambang kemusnahan.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 1 subtema 3 Ayo selamatkan Hewan dan Tumbuhan Muatan Pelajaran IPS

Kawasan Asia Tenggara merupakan wilayah yang luas perairannya lebih besar dibandingkan dengan luas daratan. Keputusan-keputusan terkait permasalahan kelautan banyak dibahas oleh sebagian besar negaranegara ASEAN.

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai sistem pemerintahan yang berbeda-berbeda, namun pada dasarnya semua berbentuk Republik, kecuali Thailand, Kamboja, Laos, Malaysia, dan Brunei Darussalam yang  berbentuk Kerajaan.

Thailand memiliki hewan yang bernama Owa Pileated. Hewan ini tersebar di hutan 
Thailand. Pileated hidup di atas pohon. Jumlah kera kerdil ini tinggal 32.000.
Negara-negara ASEAN memiliki flora dan fauna langka. Bacalah teks berikut dalam hati.

Bunga Rafflesia hidup di Taman Nasional Bengkulu. Bunga ini mempunyai ukuran diameter bunga hampir mencapai 1 meter. Bunga Rafflesia disebut juga bunga bangkai karena baunya yang sangat kuat.  

Saat ini Bunga Bangkai terancam punah karena habitat yang terbatas. Pembangunan yang dilakukan oleh  manusia berakibat buruk terhadap habitat tanaman ini.

Tanaman dan hewan langka banyak diburu oleh orang-orang yang tidak  bertanggung jawab. Indonesia dan negara-negara yang tergabung di ASEAN bekerja sama untuk ikut melestarikan flora dan fauna langka.

Negara-negara di Asia Tenggara yang bernaung di bawah ASEAN memiliki kesamaan geografis. Oleh sebab itu, banyak persamaan dari sisi budaya, flora fauna, kegiatan ekonomi, dan politiknya.  Kekayaan alam dan budaya negara-negara ASEAN sangat menarik perhatian negara lain.

Semoga Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 1 subtema 1 Komponen Ekosistem dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 6 tema 1 subtema 3"