Rangkuman kelas 5 tema 6 Subtema 3

Rangkuman tematik kelas 5 tema 6 Subtema 3 Pengaruh kalor dalam kehidupan 

Rangkuman-tematik-kelas-5-tema-6-Subtema-3-




Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 3 Pengaruh kalor dalam kehidupan. Rangkuman materi ini kelas 5 tema 6 panas dan perpindahannya kami. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuklebih mudah memahami materi tematik tema 6 kurikulum 2013 dengan judul “Panas dan perpindahannya”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 6 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 1  Suhu dan kalor. Dan selanjutnya kami juga akan memposting rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 2  Perpindahan kalor disekitar kita, Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 3 pengaruh kalor dalam kehidupan. 

Rangkuman materi tematik kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Muatan Pelajaran IPA

Bahan konduktor dan bahan isolator

Bahan yang dapat menghantarkan panas disebut Konduktor . Contoh bahan konduktor yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari biasanya terbut dari bahan logam misalnya wajan, panci, Cerek dll. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut Isolator, beberapa bahan yang termasuk Isolator antara lain Kayu, Kain, dan Plastik. 

Penggunaan Benda isolator dan konduktor dalam kehidupan sehari-hari misalnya Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaat kan sifat ini. Selimut memerangkap udara. Udara adalah Isolator, Sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuh. Dengan demikian badan tetap hangat. Termos merupakan salah satu benda yang memanfaatkan sifat kondutor dan Isolator. 


Rangkuman  materi tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Muatan Pelajaran IPS

Peran masyarakat terhadap lingkungan sosial budaya.

Masyarakat Indonesia, merupakan masyarakat yang selalu menghargai warisan budaya nenek moyangnya. Bentuk pengharagaan tersebut antara lain ditunjukkan dengan kebiasaan melakukan kegiatan tradisi dalam kehidupannya. Mulai dari peristiwa kelahiran hingga kematian. Kesadaran masyarakat untuk kembali menghidupkan tradisi-tradisi nenek moyang kembali meningkat. Tempat-tempat wisata adat, menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi masyarakat pada ssaat liburan. Salah satu diantaranya adalah keberadaan desa adat. Beberap contoh desa adat antara lain Desa adat Bena di Nusa Tenggara Timur, Desa adat sade di Lombok, Desa adat Wae Rebo NTT, desa adat Kamoung Naga di Tasik malaya, Desa adat terunyan di Bali, Desa adat Pariangan, Tanah datar Sumatera barat, Desa adat Osing di Banyuwangi.

Permasalahan Sosial di Sekitar kita antara lain Sampah, Sungai yang kotor, Bangunan liar, Kemacetan lalu lintas.

Rangkuman  materi tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Muatan Pelajaran PPKN

Hak dan Kewajiban disekolah

Kewajiban siswa disekolah antara lain, Datang tepat waktu, Menghormati Guru, Membuat PR, Mengerjakan tugas yang diberikan guru, Piket kelas, Memakai seragam yang telah ditetapkan, Mentaati peraturan sekolah. 

Hak siswa disekolah Mendapatkan pelajaran, Mendapatkan nilai, Mendapatkan perhatian guru, Makan di kantin, membaca buku di Perpustakaan dan lainya.

Rangkuman materi  SBDP

Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan atau orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Menggambar cerita dapat dilakukan denan teknik kering dan teknik basah. 

Alat yang digunakan untuk teknik kering adalah  :

1. Pensil : Biasnya adalah pensil ukuran 2B sampai 6B

2. Krayon : Krayon merupakan campuran antara lilin dan bahan pewarna yang aman untuk anak anak

3. Pulpen atau Spidol, digunakan untuk menggambar cerita dengan karakter yang tegas pada garis-garis.

Alat yang digunakan pada teknik Basah adalah cat air, tinta, cat poster, berbagai jenis kuas, palet cat air atau media lain yang memerlukan air pengencer.

Bentuk-bentuk gambar cerita terdapat pada komik, Cover buku, Majalah, Cerpen, Poster, Buku paket.

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman kelas 5 tema 6 Subtema 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel